Back to Kompasiana
Artikel

Gadget

Ridwan

saya adalah seorang tehnisi elektronik

TV Transparan

REP | 22 February 2012 | 23:29 Dibaca: 239   Komentar: 2   0

Kemajuan produk televisi sangatlah pesat dan fantastis mulai dari teknologi hingga bentuk designnya. Dilihat dari pameran CES 2012 di Las Vegas kemarin, muncul beberapa model televisi baru yang akan menjadi televisi masa depan. Jika pada tahun 2010 dan 2011 telah muncul yang namanya TV yang bisa menonton tayangan 3 dimensi atau TV 3D, maka sekarang telah muncul TV dengan layar transparan atau TV transparan. TV transparan ini hadir karena makin ketatnya persaingan teknologi dan design diantara para produsen televisi dunia. Berikut adalah televisi yang memiliki layar transparan :

1.  Haier Transparent TV

TV transparan pertama adalah Haier Transparent TV. TV transparan dari Haier ini disebut-sebut merupakan TV transparan pertama di dunia. Merk Haier yang berasal dari negeri tirai bambu China ini sepertinya memang patut dilirik untuk menggantikan TV Anda dirumah.

Televisi yang menggunakan teknologi layar OLED TV ini disebut bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang melebihi TV jenis Plasma TV, LCD TV, ataupun LED TV. Selain itu, Haier Transparant TV juga dikatakan lebih hemat listrik. Dimana televisi transparan tersebut lebih hemat 15 persen dalam mengkonsumsi listrik dibandingkan dengan daya listrik yang digunakan pada TV LED. Selain itu waktu responnya juga cepat, yaitu sekitar 5 ms.

Namun disamping memiliki kelebihan, TV ini juga memiliki kekurangan dimana TV ini hanya memiliki kedalaman gambar 8 bit. Kedalaman gambar yang cukup rendah untuk sebuah TV. Efek dari rendahnya kedalaman ini membuat TV Haier ini minim dengan konten seperti halnya Smart TV. Namun walau demikian TV ini patut diapresiasikan sebagai contoh kemajuan dalam dunia produk TV


Spesifikasi Haier Transparent TV :

· OLED TV

· Resolusi 1680 x 1050

· Tersedia ukuran 22 inci dan 46 inci

· Kedalaman warna 8 bit

· Waktu respon 5ms

· 15% lebih hemat listrik dibandingkan LED TV

·

2.  Samsung Transparent TV