Back to Kompasiana
Artikel

Gadget

Tom Artandi

Andai bisa menulis yang bermanfaat itu lebih bernilai.

Optimalkan Windows 7 dan Beberapa Aplikasi yang Sangat Dibutuhkan

HL | 04 October 2012 | 14:35 Dibaca: 31037   Komentar: 16   6

13493305451451845370

Windows 7/Admin (KOMPAS.com)

PERCANTIK TAMPILAN WINDOWS 7 . Anda bosan dengan tampilan Windows 7 yang itu-itu saja ? Ingin mencoba tampilan baru seperti OS X Lion misalnya ? Gunakan Lion 7 Transformer Pack. Tampilan Windows 7 anda akan berubah secara keseluruhan dan sangat indah dengan software ini.

TINGKATAN PERFORMANCE WINDOWS 7. Windows 7 anda terasa lebih lambat dari biasanya ? . Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini,

(1) Karena install program yang terjadi berulang kali mengakibatkan banyaknya resource yang tersedot pada PC anda.

(2) Install yang tidak benar mengakibatkan kerusakan pada registry Windows 7.

(3) Terkena Virus mengakibatkan lambatnya sistem.

(4) Banyak file yang terfragmentasi mengakibatkan system sedikit lebih lama dalam mengakses file.

(5) Memang belum di optimalkannya windows 7 anda. Secara default ketika pertama kali diinstall, windows 7 hanya akan menggunakan setingan standar.

Untuk memecahkan masalah diatas dan menjadikan performance Windows 7 anda meningkat secara drastis, gunakan Yamicsoft Windows Manager. Ini adalah tools yang bagus, satu software mencakup semua hal yang dibutuhkan. Anda akan tercengang dibuatnya. Memang tools ini tidaklah gratis dan anda hanya bisa mencobanya selama 15 hari saja. Tetapi untuk mengoptimalkan performance windows 7, anda cukup menggunakan tools ini hanya sekali saja bukan ?

BEBERAPA APLIKASI YANG SANGAT DI BUTUHKAN . Windows 7 datang dengan tampilan dan fungsi yang sangat menarik. Sayangnya, beberapa hal yang sangat penting yang sangat dibutuhkan tidak tersedia dalam OS ini. Ini adalah beberapa aplikasi yang wajib yang harus tersedia untuk kenyamanan anda .

(1) WinRAR . Program Pengkompress File yang sudah menjadi standar . Bisa membuka berbagai macam format file yang terkompress. Gratis dan sangat berguna.

(2) K-Lite Codec pack. Menyetel DVD atau format video lain yang terbaru ? Lupakan Windows Media Player, program ini tidak bisa memutar format file tersebut. Sebagai gantinya gunakan KLite Codec Pack (Media Player Classic ) yang mencakup puluhan format film dan music. Sangat lengkap, gratis dan sungguh berguna.

(3) File PDF. Mungkin anda menggunakan Adobe Reader . Tetapi Adobe Reader filenya besar dan hanya memiliki satu fungsi saja yaitu hanya bisa membuka file PDF. Untuk membuat file PDF anda memerlukan Adobe Reader Pro, tetapi masalahnya adalah harganya cukup untuk menguras kantong celana. Ada alternatip lain yang menarik, gunakan saja Foxit Reader,filenya kecil, cepat dan tentu saja gratis.

(4) DVD Writer ?. Ya DVD Writer. Mungkin sebagian akan tertawa. Peripheral kuno yang sebentar lagi mungkin akan berakhir, sama seperti floppy disk zaman dulu. Mendiang Steve Jobs sudah lama membuang ini. Intelpun ikut2an, Ultrabook sudah tidak menggunakan peripheral ini. Tetapi kuno atau tidak, sebenarnya orang masih membutuhkan peripheral ini untuk membackup data-data penting. Dan bila anda memang memiliki DVD writer ini mengapa tidak dimanfaatkan ? Gunakan Burn Away Profesional cepat , handal dan tidak memerluhkan ruang banyak di Harddisk.

(5) Melihat Berbagai Format Image. Windows 7 ( Windows Photo Viewer ) memang menyediakan fungsi ini, tetapi kemampuannya sangat terbatas dan sangat sedikit format image yang bisa dilihat. ACDsee adalah pilihan yang tepat, software ini cocok untuk mengorganisai berbagai koleksi image dan bisa membaca berbagai macam format image sekalian mengeditnya. Hanya sayangnya, software ini sekarang tidaklah gratis alias anda harus membayar. Tetapi jangan kuatir ada alternatip lain selain ACDSee, IrfanView misalnya. Sangat banyak format file yang bisa dibuka dengan software ini dan yang terpenting lagi adalah gratis.

(6) Kesulitan Menggunakan Windows Explorer ? Memang Windows Explorer memiliki interface yang rada aneh, bagus dalam penampilan tetapi buruk dalam hal manajemen file. Coba dan gunakan Total Commander. Interfacenya biasa saja dalam arti tampilannya sederhana, tetapi sangat bagus dalam manajemen File. Orang yang sudah dan terbiasa menggunakan software ini pasti tergila-gila dan tidak mau melepaskannya. Terlebih lagi ini adalah gratis. Coba dan pelajarilah sedikit, nanti anda akan tahu perbedaan besar diantara keduanya.

ANDA MASIH MENGGUNAKAN INTERNET EXPLORER ? Mungkin orang akan bertanya dengan heran. Kenapa tidak ? Anda mungkin balik bertanya. Baiklah, jawabannya sederhananya adalah beberapa website tidak bisa terbuka sempurna dengan Internet Explorer terutama yang menggunakan standar HTML 5. Dan diantara semua browser, Internet Explorer adalah browser yang paling lamban dalam membuka website. Ada lagi, Internet Explorer browser paling rentan dari segi keamanan ( security ). Cobalah beberapa browser alternatip dibawah ini, lebih handal, cepat dan keamanannya lebih terjamin.

(1) Opera. Mungkin sedikit yang mengenal browser ini. Di PC, Opera termasuk dalam urutan buncit dalam hal penggunanya tetapi di mobile, bwroser ini termasuk dalam urutan teratas. Baiklah saya akan sedikit dalam memberikan gambaran mengenai Opera. Tampilannya sungguh indah, handal dan cepat. Dan perlu anda ketahui, beberapa feature penting di Opera telah di contek oleh browser lainnya. Ya, bisa dibilang opera adalah inovasi dari segi ini tetapi sayangnya opera tidak dikenal luas di PC.

(2) Mozila FireFox. Siapa yang tidak kenal dengan si Rubah Api ini ? Saya berani bertaruh, disini pasti banyak yang menggunakan browser ini. Semenjak Versi 4, Firefox ini sangat cepat dalam merelease versinya, dan sekarang sudah versi 15. Sangat cepat dan handal, banyak plugins tersedia untuk menambah berbagai macam fungsinya. Hanya sayangnya, Firefox 15 ini tidak compatible dengan Adobe Flash Player 11.xx, selalu crash. Solusinya ? Uninstall Adobe Flash Player 11.xx kemudian install Adobe Flash Player 10.xx.

(3) Google Chrome. Siapa yang tidak kenal google ? Raksasa internet yang terus menggurita dengan Mesin Pencari yang super pintar, Sistem Android yang menguasai smartphone, Pelayanan Peta yang super lengkap , Youtube, Gmail dan semuanya itu bisa didapatkan dengan gratis. Cobalah Chrome, anda akan dibuat heran, cepat, handal dan keamanannya lebih terjamin. Browser ini juga sudah mendukung HTML 5 dan dibeberapa tempat seperti di sebagian Eropa, browser ini mengungguli internet explorer dari segi pemakainya.

(4) Rockmelt. Mungkin anda belum mengenalnya, ya tentu saja karena browser ini baru direlease. Tetapi bagi anda penyuka jejaring sosial seperti Facebook dan sebagainya, anda mungkin sangat menyukai browser ini. Karena browser menawarkan fungsi yang belum ada di browser lainnya, penyatuan fungsi jejaring sosial dengan browser. Dan lagi browser ini menggunakan engine chrome.

PERLUKAH ANDA ANTI VIRUS ? Sebagian besar pasti menjawab perlu. Jawabannya sebenarnya adalah Tidak, bila anda ; (1) Pengguna Notebook atau PC sendiri. (2) Mengetahui sedikit saja Sistem Keamanan Windows .

Baiklah kita lanjutkan. Menurut pengamatan penulis selama 3 tahun terakhir ini, virus yang banyak menyerang adalah virus shorcut. Banyak macamnya dan sebenarnya tidak terlalu berbahaya . Dengan sedikit trik bisa dihilangkan secara manual. Baiklah sekarang bicara tentang pencegahannya saja.

(1) Non Aktipkan Fungsi Auto Play di Windows 7. Caranya, klik control panel, ubah view by Large Icon. Kemudian klik Auto Play dan untuk amannya hilangkan centang use autoplay for all media and device.

(2) Jangan Berbagi Data atau Flashdisk. Ya bila anda tidak yakin bahwa Flashdisk teman anda bersih. Sebagian besar virus ini menular melalui flashdisk.

(3) Hindari Berselancar Internet ke Website Berbahaya. Ya anda tahu kan maksudnya ? Itu website yang bikin mata melotot terus ke monitor dan nafas anda bergerak naik turun tak beraturan. Bila seperti itu ya hati-hati, bukan notebook atau PC, tetapi anda sendiri juga dalam bahaya stadium lanjut. Website seperti ini yang biasanya merupakan sumber virus dan malware.

(4) Anda Tidak Yakin Juga ? Masih takut Terkena Virus ? Ya sudah install Anti Virus. Banyak anti virus gratisan di Internet seperti Avira, Avast, AVG, dan Smadav yang merupakan anti virus lokal. Gunakan saja salah satunya.

GAMES, YA SAYA MAU GAMES. Hanya ada sedikit games di Windows 7, games yang jelek dan tidak nafsu untuk memainkannya. Yang menggunakan Windows 7 pasti iri dengan tablet Android atau iOS. Banyak sekali games gratisan di kedua OS itu yang bagus-bagus.

Tetapi jangan kuatir, dengan sedikit usaha anda juga bisa mendapatkan games gratisan yang bagus. Tidak satu atau dua bahkan ratusan games tersedia. Berselancarlah ke Game House atau Popcap Game, keduanya menyediakan ratusan games yang sangat menarik. Hati-hati, bisa jadi anda lupa waktu dan menjadi kecanduan untuk memainkan games.

Bila anda sudah menggunakan langkah-langkah diatas, berarti komputer anda sudah aman dan nyaman untuk digunakan. Selamat menggunakan dan semoga bermanfaat.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bertemu Dua Pustakawan Berprestasi Terbaik …

Gapey Sandy | | 30 October 2014 | 17:18

Asiknya Berbagi Cerita Wisata di Kompasiana …

Agoeng Widodo | | 30 October 2014 | 15:40

[YOGYAKARTA] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:06

Paling Tidak Inilah Kenapa Orangutan …

Petrus Kanisius | | 30 October 2014 | 14:40

“Nangkring” bareng Tanoto …

Kompasiana | | 27 October 2014 | 10:31


TRENDING ARTICLES

Pramono Anung Menjadi Satu-satunya Anggota …

Sang Pujangga | 6 jam lalu

Mba, Pengungsi Sinabung Tak Butuh …

Rizal Amri | 9 jam lalu

Muhammad Arsyad Tukang Sate Luar Biasa, Maka …

Opa Jappy | 12 jam lalu

DPR Memalukan dan Menjijikan Kabinet Kerja …

Sang Pujangga | 12 jam lalu

Pemerintahan Para Saudagar …

Isk_harun | 13 jam lalu


HIGHLIGHT

Pompadour …

Yulian Muhammad | 7 jam lalu

Mantan Pembantu Mendadak PD, Berkat Sudah …

Seneng | 7 jam lalu

Celotehan Kalbu …

Sidik Irawan | 8 jam lalu

Sudah Puaskah dengan BPJS? …

Ayu Novi Kurnia | 8 jam lalu

Soal Pem-bully Jokowi, Patutkah Dibela? …

Sahroha Lumbanraja | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: