ARTIKEL

WeChat, Paling Lengkap dan Populer!

1351621730728212845

Kompasioner, mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu WeChat. WeChat adalah sebuah aplikasi chat lintas platform/OS untuk menghubungkan beberapa pengguna smartphone. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan di China, dan dari sanalah aplikasi ini berasal, lalu berkembang hingga menjadi cukup populer di seluruh dunia seperti sekarang ini. Tapi apakah yang membedakan WeChat dengan aplikasi chat yang lainnya hingga menjadikannya begitu populer? Saya adalah tipe orang yang selalu ingin tahu jika ada sebuah aplikasi baru yang dikatakan menarik, tetapi belum percaya jika belum mencobanya sendiri. Maka dari itu, kali ini saya akan memberi review mengenai aplikasi WeChat tersebut.

Saya mengenal banyak  aplikasi chat, dari yang sudah booming sejak tahun lalu tetapi hanya memberi masa aktif gratis selama satu tahun, hingga aplikasi chat dari negeri Sakura yang akhir-akhir ini juga banyak digemari, namun belum ada yang sekompleks dan semenarik WeChat. Di WeChat, semua fitur dari aplikasi-aplikasi chat yang pernah ada, disatukan menjadi satu paket yang menarik ditambah dengan fitur-fitur menarik lainnya yang belum pernah saya temui di aplikasi chat manapun. Berikut adalah tampilan dan beberapa fitur menarik yang dimiliki WeChat:

1. Chat

1351535462712835499

Tampilan chat pada WeChat tidak jauh berbeda dengan aplikasi chat lainnya, cukup sederhana dengan kolom text berada dibawah history chat kita. Di sebelah kolom text terdapat dua icon, yaitu icon suara untuk Voice Messaging dan icon + untuk membuka opsi tambahan yang berisi pilihan untuk menambahkan emoticon, mengirim gambar, mengirim video, mengirim informasi lokasi kita, memberi rekomendasi teman kepada lawan chat kita, fitur video call, dan tambahan aplikasi lainnya yang kini masih dalam pengembangan. Untuk background chat pun bisa kita ganti sesuai keinginan kita. Dan tidak lupa, fitur Broadcast Message pun ikut disematkan dalam WeChat. Fitur yang cukup lengkap menurut saya.

2. Group Chat

Fitur Group Chat juga tidak lupa dihadirkan pada WeChat, dimana kita bisa membuat Group bersama teman-teman atau relasi kerja kita. Untuk membuatnya pun tidak sulit, cukup memilih beberapa contact untuk membentuk sebuah group, yang nantinya pun masih bisa kita ubah jumlah anggotanya jika diperlukan. Sangat berguna untuk yang suka ngobrol bersama teman-temannya maupun yang suka berjualan online. Background chat pada Group Chat pun bisa kita atur sesuai keinginan kita, agar lebih menarik.

3. Voice Messaging

13515356431828095939

Penggunaan Voice Messaging pada WeChat termasuk mudah dan simple. Kita cukup menekan tombol “Hold to Talk” untuk merekam suara kita, dan melepasnya untuk mengirimnya. Sedangkan untuk membatalkan rekaman yang kita buat, cukup dengan menggerakan jari kita yang sebelumnya berada pada tombol “Hold to Talk” ke logo X seperti yang tampak pada gambar disamping. Fitur ini juga bisa digunakan dalam Group Chat.

4. Video Call

Fitur Video Call ini merupakan salah satu fitur unggulan di WeChat. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup kita pilih fitur Video Call pada saat kita chat, dan jika lawan chat kita menerimanya maka kita akan bisa langsung bertatap muka dengannya melalui gadget.

5. Emoticon

13515366695262675571351536702588866686

Emoticon pada WeChat ini termasuk unik karena berbeda dari yang lain, dimana di dalamnya terdapat banyak sekali pilihan emoticon, mulai dari emoticon default, emoji, custom emoticon dan emoji art. Emoticon default dan emoji disini sama seperti emoticon pada umumnya, berisi smiley dan icon-icon unik. Sedangkan custom emoticon berupa gambar animasi gif yang bisa bergerak, dimana kita juga bisa menambahkan sendiri custom emoticon gif tersebut. Selain bisa menambahkan sendiri custom emoticon tersebut, kita juga bisa menyimpan custom emoticon yang kita dapat dari orang lain, untuk menambah koleksi custom emoticon kita. Cukup menarik bukan? Dan yang terakhir, emoji art adalah kumpulan emoticon atau emoji yang dibentuk menjadi sebuah gambar. Selain itu kita juga bisa download berbagai special emoticons seru dari WeChat. Dijamin chat menjadi lebih seru dan menyenangkan.

6. Add Friends

Untuk menambahkan teman atau kontak pada WeChat, kita diperkenalkan dengan berbagai macam fitur menarik. Beberapa fitur tersebut adalah Look Around, Shake, dan Drift Bottle.

1351536891483615600

Look Around adalah fitur pencarian teman dengan memanfaatkan informasi lokasi dengan menggunakan GPS, dimana nantinya akan muncul sebuah list berupa orang-orang pengguna WeChat yang ada disekitar kita.

1351537140974862706

Shake adalah fitur untuk menambah teman dengan cara menggoyangkan gadget atau handphone kita, dimana nantinya akan muncul list yang berisi orang-orang yang juga menggoyangkan gadgetnya pada saat yang sama dengan kita.

1351537176451830604

Drift Bottle ini merupakan yang terunik, karena kita bisa menambahkan teman dengan cara mengambil (Pick) botol yang berisi pesan dari orang yang menghanyutkan botol tersebut. Kitapun bisa ikut menghanyutkan (Trow) botol berisi sebuah pesan untuk mendapatkan teman secara acak. Pesan yang terdapat dalam botol bisa berupa sebuah tulisan atau berupa suara (voice note). Tapi belum tentu kita selalu bisa mendapatkan botol lho, karena kalau yang muncul adalah sebuah bintang laut, maka kita harus membuangnya kembali. Untuk background pantai pada Drift Bottle ini pun bisa berubah-ubah siang atau malam, menyesuaikan waktu pada gadget kita.

Selain fitur-fitur unik diatas, masih ada lagi cara menambah kontak yang mudah dan simple, yaitu dengan mencarinya melalui daftar contact di gadget kita, scan QR Code milik orang lain, melalui pencarian ID WeChat, dan dari daftar teman facebook kita lewat fitur Facebook Connect. Serunya lagi, QR Code kita pun bisa kita pilih stylenya sesuai keinginan kita, seperti dibawah ini contohnya:

1351586483876703520

7. Moments

Moments disini merupakan timeline yang bisa kita isi dengan momen-momen menarik disekitar kita berupa foto atau kata-kata. Dan tidak hanya itu, kita juga bisa membagi postingan momen tersebut di akun twitter dan facebook kita. Fitur moments inilah yang membedakan WeChat dengan yang lainnya. Selain mengisinya dengan foto dan kata-kata, kita juga dapat memberi komentar terhadap foto-foto tersebut. Dan kita bisa juga menghias profile timeline kita dengan sebuah Album Cover, mirip dengan cover profile yang ada pada facebook.

13515373121274844806

8. Web Grab

Web Grab ini merupakan fitur baru pada WeChat. Fitur ini digunakan untuk mengirim sebuah halaman website langsung ke ponsel kita dari sebuah browser di PC. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menginstall plug-in web grab pada browser di PC kita yang dapat diunduh di http://www.wechatapp.com/shake terlebih dahulu, kemudian kita aktifkan fitur Web Grab tersebut pada sebuah website dan cukup kita gunakan fitur shake di ponsel kita untuk mendapatkan halaman website tersebut. Kita pun juga bisa membagi website hasil Web Grab tersebut ke teman-teman kita.

13538310451266336421

Fitur ini sangat inovatif, memudahkan pengguna agar tidak perlu melakukan bookmark berkali-kali terhadap sebuah halaman website yang sama di PC dan ponsel kita. Lupakan juga segala keribetan copy paste alamat website untuk dibagikan ke teman kita. Karena cukup dengan satu langkah sederhana, kita bisa mendapatkan sebuah halaman website di PC dan ponsel kita secara bersamaan, dan juga membagikannya ke teman-teman kita.

Dengan segudang fitur menarik seperti diatas, sudah sepantasnya jika WeChat ini kita sebut sebagai aplikasi chat dengan fitur yang paling lengkap. Dan saya rasa tidak hanya sampai disitu saja fitur-fitur menarik yang ada pada WeChat, pasti nantinya pun akan ditambahkan berbagai fitur menarik lainnya. Meski banyak aplikasi lain yang mulai meniru fitur menarik dari WeChat, namun tingkat kepopulerannya masih jauh dibawah WeChat. Berikut kira-kira perbandingan jumlah pengguna WeChat dibanding aplikasi chat lintas platform lainnya di seluruh dunia pada bulan september 2012:

13516570751807587647

sumber

Dengan tingkat kepopuleran dan jumlah pengguna yang begitu tinggi, apa kompasioner masih berpikir dua kali untuk mengunduhnya?

Untuk Saat ini, aplikasi yang berasal dari negeri tirai bambu ini hanya tersedia bagi pengguna iPhone/iPod Touch, Android, Windows Phone dan Symbian saja. Bagi pengguna BlackBerry tidak perlu bersedih hati, berharap saja nantinya akan hadir WeChat untuk BlackBerry.

Bagi yang tertarik, bisa langsung mengunduhnya disini: http://hk.qq.com/r/288

30 October 2012 02:20 | 0 notes | SUKA
7167
0<
Tulis Tanggapan Anda
Guest User