ARTIKEL

Angin Segar Untuk Para Pecinta Jejaring Sosial

Aktifitas ‘chatting’ sekarang menjadi trend baru bagi para pengguna jejaring social, setelah Facebook membumingkan dunia dengan fitur chatnya kemudian BlackBerry Messangers menjadi pusat perhatian semua pecinta jejaring social di dunia. Tetapi skype yang lebih awal hadir masih belum terlalu diminati walaupun sebenarnya aplikasi ini termasuk salah satu chat yang terbaik.

Dengan menjamurnya aplikasi berfitur chatting saat ini seperti Whatsapp Mesengger, LINE, KIK Messengers dan terbaru saat ini adalah WeChat.

WeChat adalah sebuah aplikasi berbasis ‘chatting’ yang dibuat oleh Tencent Technology (Shenzhen) Company Limited. Layaknya aplikasi chating yang lain, ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini kita diminta untuk membuat sebuah ID terlebih dahulu.

Pada tampilan defaultnya kita akan menemukan 4 buat tab yang berada dibawah dimana fungsinya masing-masing adalah: Chat, Contacts, Social dan Settings.

135282894157439796813528288986139786061352827635280381279

1.   Chat
  • Pada tab pertama ‘chat’ kita akan disuguhkan dengan tampilan berupa list daftar ID dari ‘We Chat’ yang telah kita gunakan sebelumnya untuk ber-chatting ria.
  • Di pojok kanan atas kita menemukan sebuah panel untuk memulai sebuah Chat Baru, atau Web WeChat dan scan QR Code.
  • Ketika chat baru dibuka maka akan tampil draft nama contact dari ID teman kita.
  • Jika web wechat yang dibuka maka kita disambungkan dengan sebuah computer, jadi aplikasi ini mampu untuk melakukan chatting via computer. Tidak seperti whatsapp atau BBM yang tidak memiliki fitur ini.
  • Dan ketika scan QR Code yang dibuka maka kita bisa melaksanaan aktifitas chatting dengan seseorang hanya dengan me-scan QR Codenya.
  • Fitur chatnya terbilang lengkap. Seperti beberapa aplikasi lain, tampilannya berupa balon-balon yang sebelah kiri merupakan lawan bicara sedangkan sebelah kanan adalah kita.
  • Pada halaman chat, di pojok kanan atas kita akan menemukan opsi cepat yang mampu menambahkan teman untuk masuk ke chat yang sedang kita gunakan serta merubah wallpaper/latar belakang dan menghapus chat history yg pernah digunakan.
  • Di pojok bawah sebelah kiri ada tombol cepat utk membuah audio messages. Sepertinya, WeChat memposisikan diri sebagai aplikasi dengan akses audio messages terbaik dari aplikasi chatting lain yg memiliki fitur serupa.
  • Kemudian ada panel papan tombol keyboard utk menulis pesan dan dikanannya panel smile. Yang mana, pada panel smile ini ada beragam fitur disuguhkan utk membuat aksi chattingan kita semakin seru, mulai dari smile biasa, sampai smile yg kocak. Tetapi ada yang menarik disini, yaitu stiker yg ada diaplikasi ini dibuat lebih variatif dari aplikasi yang lain yaitu mampu bergerak. Jadi stikernya tidak berupa gambar yang kaku tapi sebuah gambar yg bergerak. Ini sangat menarik dan membuat suasana chattingan menjadi rame.
  • Dan terakhir, seperti aplikasi yg lainnya, wechat juga mampu berkirim gambar/foto dan lokasi. Kembali, we chat menimbulkan sensasi dengan memunculkan fitur yg aplikasi lain belum memilikinya yaitu send name card. Sedangkan fitur video call sudah ada langsung tersedia tanpa harus di download lagi. Dan tenang saja, kemungkinan developer aplikasi ini akan terus mengembangkan aplikasi ini agar para pengguna tidak bosan dan tetap update dg fitur2terbaru, karena disini ada panel yg mampu meng-upgrade fitur yg terbaru dan mumpuni.

    Kamu bisa mendownloadnya kapan saja dan kapan dibutuhkan.


2. Contacts

Pada tab contact ini seperti aplikasi chatting pada umumnyak kita akan menemukan daftar list teman kita dan juga ada opsional untuk menambah teman di pojok kanan atas.

Opsi untuk menambah teman lumayan banyak dan bervarias mulai dari ID WeChat sendiri, QR Code, atau mobile contacts. Hal ini tidak terlalu jauh berbeda dari aplikasi berbasis ‘chatting’ yang lainnya.

3.   Social

Pada tab ini sepertinya WeChat membuat sebuah ruangan yang mana para pengguna bisa berinteraksi dengan teman-teman yang lain tanpa menggunakan chatting. Ya seperti layaknya jejaring sosial.

Opsi pertamanya ada ‘Moments’ tapi moments disini hanya mampu menampilkan foto, tidak seperti aplikasi chatting lainnya mampu menampilkan sebuah status.

Kemudian ada ‘add contact’ layaknya pada tab kedua.

Kemudian ‘look around’,  itu seperti aplikasi ‘radar/find iphone’ di iphone. Jadi dengan menggunakan GPS kita mampu mendeteksi keberadaan orang lain yang menggunakan WeChat disekitar kita.

Dan terakhir ada ‘Shake’ yang aplikasi ini mampu mengkonesikan antara pengguna WeChat yang satu dengan yang lainnya hanya dengan menggoyang-goyangkan smartphone yang digunakan.

13528312536200866801352852472188017715213528311191092324078

4.   Settings

Dalam sebuah aplikasi pasti selalu ada opsi ‘settings’ atau ‘pengaturan’ yang mampu merubah tampilan dari aplikasi tersebut sesuai dengan selera kita.

Pengaturan dari aplikasi ini terlihat cukup lengkap, mulai dari pengaturan profile, account, chat background, general, privacy, clear chat history. Dan tentunya opsi untuk Log Out. Aplikasi ini juga mampu disambungkan dengan ‘Facebook’ dan masih ada pilihan ‘pulg-ins’ menarik lainnya yang patut di coba.

Kesimpulan:

Walaupun aplikasi berbasis chatting sudah banyak beredar saat ini terutama untuk para pengguna iOS dan Android, tapi Shenzhen ingin membuktikan kedunia dan para pecinta jejaring social bahwa apliasi ‘WeChat’ yang mereka kembangkan bisa dikategorikan menjadi salah satu aplikasi berbasis chatting yang mutakhir.

Dan hal ini memang benar, kita lihat saja kenyamanaan saat ber-chatting ria menjadi nilai jual utama dari aplikasi ini. Dimana ketika kita bosan mengetik sesuatu dengan cepat kita bisa mengirim pesan via Audio Message, jika masih kurang kita bisa langsung melihat wajah (video) teman chatting kita dengan menggunakan fitur yang telah ada pada aplikasi ini.

Selain itu, cita rasa ber-social masih terasa diaplikasi ini dengan adanya fitur untuk berbagi walaupun hanya sekedar berbagi momen dalam bentuk foto dan dengan tampilan yang seadanya tapi mampu membuat aplikasi ini menjadi lebih berkesan.

Dan saya rasa, aplikasi ini pantas dimasukkan kedalam list aplikasi chatting yang harus diinstal di smartphone yang kita gunakan agar selalu bisa stay contact dan stay connect dengan orang-orang terdekat.

So tunggu apalagi, segera download dan install aplikasi ini. Oh ya, untuk sekedar info, aplikasi ini free (gratis) untuk pengguna iOS dan Android.

(Reva Zulhendri David)

http://hk.qq.com/r/288

14 November 2012 07:33 | 0 notes | SUKA
407
0<
Tulis Tanggapan Anda
Guest User