ARTIKEL

Cerita tentang Wechat dan Rainbow Cake

Setiap orang mempunyai pertimbangan sendiri dalam menentukan kriteria perangkat mobile yang mereka inginkan. Ada yang melihat fitur, model , maupun sekedar “asal punya”. Namun dari sekian ragam pertimbangan tersebut keberadaan perangkat mobile tentu tak lepas dari fungsi utamanya sebagai alat komunikasi yang memudahkan.

Salah satu kapabilitas utama yang menjadi daya jual perangkat mobile sejak dulu adalah kemampuannya mengirim pesan antar sesama secara cepat dan efisien. Kala itu SMS ( Short Message Service) menjadi salah satu daya tarik dan alasan  orang membeli perangkat mobile.

Namun seiring mengalirnya perkembangan zaman, penggunaan SMS tidak semeriah dulu lagi. Banyak faktor yang memengaruhi. Tidak hanya kalah bersaing dengan aplikasi pengirim pesan yang lebih canggih, namun perkembangan kebutuhan pengguna yang kini menganggap saling berkirim pesan merupakan sebuah hiburan yang mengasyikkan.

Tentu kita semua masih ingat betapa Blackberry menjadi juara melalui fitur BBM yang memungkinkan penggunanya berkirim pesan secara tak terbatas tanpa penggunaan pulsa yang berulang, atau istilah lainnya mengobrol melalui pesan.

Dan menjejak konsep Instant Messaging tanpa batas atau lazimnya disebut chatting seperti BBM tersebut, kini mulai bermunculan berbagai aplikasi Instant Messaging. Namun dari sekian banyak aplikasi tersebut, mana yang paling menarik untuk digunakan ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Mari kita beralih ke dunia kuliner sebentar.

Kita pasti tahu dengan yang namanya Rainbow Cake. Kue dengan lapisan warna-warni ini belakangan menjadi trend. Popularitasnya melonjak mengalahkan jenis-jenis kue yang lainnya. Alasan orang membelinya pun bermacam-macam, ada yang memang suka rasanya, ada yang suka melihat rasanya, ada juga yang sekedar ingin bergaya untuk difoto. Namun apapun alasannya ada satu hal yang membuat Rainbow Cake digemari. Hal itu karena Rainbow Cake adalah kue yang unik.

Ya unik yang menjadi kata kuncinya. Begitu juga dengan aplikasi Instant Messaging. Tidak hanya mampu mengirimkan pesan tetapi juga harus mempunyai fitur yang unik agar bisa dinilai menarik untuk digunakan.

Mungkin anda bertanya apa hubungan Wechat yang menjadi tema utama review saya ini dengan sebuah Rainbow Cake. Nah disinilah saya akan menjelaskan dimana letak korelasinya.

Aplikasi Wechat dan Rainbow cake memiliki sebuah persamaan, yaitu sama-sama memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik sekaligus membuatnya menonjol dari  para competitor lainnya. Jika Rainbow cake disandingkan dengan jenis-jenis kue, untuk wechat yang menjadi pembanding tentu saj a berbagai macam aplikasi pengolah pesan dan chatting sejenis.

Lantas apa saja yang menjadi keunikan dari Wechat itu sendiri ?

7 Aplikasi Pelangi.

Aplikasi pelangi ? Apa itu ?

Tenang-tenang, tentu saja wechat bukan aplikasi pengendali cuaca yang bisa menerbitkan pelangi. Tapi layaknya Rainbow Cake yang memiliki 7 lapis warna cantik yang menjadi pesona utamanya, Wechat juga memiliki tujuh fitur andalan yang sama cantiknya.

Ketujuh fitur andalan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Wechat layak disebut Rainbow Cake-nya aplikasi pengolah pesan. Fitur-fitur yang inovatif dan berbeda dengan aplikasi lain sejenis membuat Wechat menjadi aplikasi yang kuat sekaligus menyenangkan.

Lalu, Apa saja ketujuh aplikasi tersebut ?

1. Drift Bottle

Saya sering membayangkan bisa beradegan seperti didalam film. Melempar sebuah botol berisi pesan dalam kertas ke laut, lalu berharap ada perempuan cantik Italia yang mengambil botol tersebut dan membaca pesan di dalamnya. Dia membalas surat saya, lantas kami pun berkenalan, sampai akhirnya bertemu, menjalin hubungan, menikah lalu hidup bahagia selamanya. Kira-kira seperti dalam film Message in a bottle.

Tapi sayangnya selain itu hanyalah khayalan seorang pria jomblo setengah depresi, hal tersebut hanya dimungkinkan jika saya berada di pantai atau laut lepas. Tinggal dalam sebuah komplek perumahan dimana satu-satunya tempat air mengalir adalah got kecil di depan rumah, sudah tentu sangat mustahil khayalan saya tersebut menjadi kenyataan. Jikapun saya memaksa melakukan aksi pesan dalam botol, hal paling maksimal yang mungkin terjadi hanyalah botol tersebut hanyut terbawa arus air got, dan tak sengaja dipungut oleh pemulung. Suratnya diambil, dikencingi, dan botolnya dijual. Selesai. Dia bahagia sedangkan saya terlanjur dicap gila.

Nah melalui fitur Drift Bottle dari Wechat saya sedikit bisa merealisasikan khayalan saya tersebut. Fitur yang unik dan keren ini merupakan inovasi pertama yang saya rasa sangat menyenangkan yang saya temui pada Wechat. Kita bisa menulis pesan, lalu seolah-olah melemparkannya ke laut, menunggu pesan kita tersebut diambil oleh seseorang di berbagai belahan dunia.

Tidak hanya menulis , kita juga bisa mengambil pesan yang juga dilempar oleh orang lain dan membaca ataupun mendengar pesan yang mereka kirimkan.

1352909980170071220

Fitur Drift Bottle pada Wechat

Namun perlu diketahui, pada saat pertama kali instalasi Wechat, aplikasi Drift bottle ini tidak aktif secara otomatis sehingga kita perlu mengaktifkannya secara manual.

Namun caranya tentu tidak susah. Hanya perlu ke tab Settings-Plug in - Not Installed- Drift Bottle.

1352910268136044962

Cara mengaktifkan Fitur Drift Bottle

Mungkin mimpi saya bertemu dengan perempuan cantik Italia hampir mustahil untuk menjadi kenyataan, tapi siapa tahu ?? Lagipula fitur ini terasa sangat menyenangkan.

2. Look Around

Sama halnya seperti fitur Drift Bottle, fitur Look Around ini juga memungkinkan kita untuk menemukan orang-orang yang juga menggunakan aplikasi WeChat. Namun perbedaannya adalah jika fitur Drift Bottle cenderung seperti laut yang mempunyai banyak kemungkinan akan seberapa jauh dan acak antara kita dan orang yang kita temukan, fitur Look Around ini menemukan orang dalam radius yang lebih dekat, hanya beberapa kilometer di sekitar kita.

Jarak yang dekat ini memungkinkan kita untuk lebih bisa mengenali orang-orang tersebut, karena kemungkinan besar mereka adalah orang Indonesia juga sehingga selain lebih jelas, obrolan mungkin terasa lebih nyambung.

13535560351241790836

Fitur Look Around

Fitur Look Around ini juga mempunyai beberapa filter yang bisa digunakan untuk menemukan orang sesuai kriteria yang kita inginkan, apakah ingin ” Hanya Perempuan”, ” Hanya Laki-laki’, maupun keduanya. Sayang tidak ada opsi untuk menemukan ” Jodoh”. Hehehehe…

13535663241949669231

Filter yang bisa digunakan pada fitur Look Around

3. Shake

Fitur ketiga ini juga tak kalah uniknya, hingga jika digabung dengan fitur pertama dan kedua diatas layak disebut ” The Three Musketeers”. Kuat, pintar dan tentunya menarik perhatian.

Konsep yang tertanam dalam fitur ” Shake” ini membuat kita cukup menggoyangkan ponsel untuk terkoneksi dengan orang yang juga menggoyangkan ponselnya diwaktu bersamaan. Sekilas fitur ini terlihat hanya menghubungkan kita dengan orang asing. Namun sesungguhnya tidak. Ada beberapa cara dalam menggunakan fitur ” Shake” ini, yaitu :

  • Bump Together    : Mengadu ponsel ( seperti melakukan toss) di waktu bersamaan untuk meng-add pengguna WeChat kedalam buku kontak.
  • Shake Together    : Menggoyangkan ponsel secara bersamaan diantara sesama teman untuk saling bertukar info dan kontak satu sama lain.
  • Remote Shake      : Menemukan siapa saja yang menggoyangkan ponselnya di waktu bersamaan dengan kita.
1353568058395868936

Fitur Shake dan cara-cara penggunaannya

Fitur Shake ini memang unik dan praktis. Namun ada 1 lagi kemampuan disamping menemukan orang dan bertukar kontak yang membuatnya terasa lebih istimewa. Kemampuan tersebut adalah ” Web Grab Plug-In“.

Web Grab Plug In merupakan kemampuan yang terdapat pada fitur Shake, yang mampu mengkoneksikan website dari browser PC/laptop ke ponsel kita melalui WeChat. Ketika telah diaktifkan, dan WeChat pada ponsel kita telah terhubung dengan browser, maka kita bisa mengambil data seperti gambar dan URL dari sebuah website yang dibuka di browser dan memindahkannya ke ponsel, maupun membaginya kepada temanWeChat kita. Secara default, opsi ini tidak diaktifkan secara otomatis, sehingga mesti diaktifkan manual.

1353572303887600158

Web Grab Plug-in Pada Fitur Shake

Langkah-langkah mengaktifkan WebGrab Plugin :

  • Buka website http://wechatapp.com/shake
  • Install Web Grab plugin yang disediakan tergantung browser yang digunakan ( Chrome, Firefox, Safari,dll)
  • Setelah Web Grab pada browser telah terinstall, klik icon di pojok kanan atas browser.
  • Aktifkan Web Grab, lalu akan muncul QR code.
  • Scan QR code pada browser menggunakan WeChat di ponsel kita.
  • Fungsi Webgrab telah terkoneksi antara browser dan ponsel.
13536006071785710911

Cara mengaktifkan WebGrab

Cara menggunakan fungsi WebGrab ini sama dengan fitur Shake itu sendiri. Cukup menggoyangkan ponsel, dan data yang terdapat pada halaman situs yang sedang dibuka di browser seperti gambar atau alamat URL akan langsung ter-copy ke ponsel.  Fungsi WebGrab ini membuat kita tak perlu lagi repot-repot menggunakan kabel data ataupun bluetooth jika ingin mengambil gambar yang ada sebuah website. Cukup goyangkan ponsel, semuanya pun pindah dalam sekejap. Menarik sekali bukan???

4. Emoticon

Dalam sebuah percakapan melalui teks, emoticon mempunyai peranan yang cukup penting. Bisa sebagai penghidup suasana, maupun sebagai perwakilan rasa dari kata yang kita tuliskan. Coba lihat gambar dibawah ini sebagai perbandingan:

13535747782008424465

Pengaruh emoticon pada percakapan teks

Dari gambar diatas jelas terlihat pengaruh emoticon dalam sebuah kalimat. Meskipun dua contoh kalimat diatas bermakna sama, kehadiran emoticon mampu memberikan gambaran suasana yang berbeda.

Pada kalimat pertama, emoticon “Menangis” yang digunakan mampu menggambarkan perasaan sedih dari si pengirim. Sedangkan Emoticon ” Ngiler” pada kalimat kedua seolah menggambarkan perasaan senang kalau si pengirim akan diputusin sama pacarnya. Hal ini tentunya bisa memengaruhi hasil akhir dari jawaban kalimat pertanyaan diatas.

Jika pada contoh nomor 1, orang yang mau putus dengan si penulis pesan bisa saja menjadi terharu dan tidak jadi memutuskan hubungan mereka. Lain halnya dengan contoh nomor 2 , melihat emoticon seperti itu bisa jadi bukan hanya putus, melainkan rumah sang penulis pesan  juga dikirimi granat nanas seberat 2 ton.

Nah, menyadari betapa pentingnya fungsi emoticon dalam percakapan melalui teks, WeChat menyediakan berbagai macam emoticon yang lucu dan menarik selain emoticon yang standar. Emoticon-emoticon ini terang saja mampu menghatkan suasana percakapan yang sedang terjadi.

13535762061718726845

Emoticon lucu pada WeChat

Namun, selain emoticon bawaan yang disediakan, WeChat juga memberi fitur yang membuat kita dapat menambah emoticon kita sendiri, baik melalui katalog online maupun menggunakan foto milik kita sendiri.

Wah, percakapan pasti tambah menarik dengan emoticon-emoticon ini.

5. Group Chat

1353576785558975077

Fitur Group Chat yang tersedia

Jika bosan hanya berinteraksi dengan 1 orang, maka Group Chat lah jawabannya. Fitur ini memfasilitasi kita untuk dapat berinteraksi dan chatting dengan banyak orang sekaligus. Mau gosip, curhat, membahas tugas, atau merancang Undang-undang anti korupsi pun bisa dilakukan secara menyenangkan.

6. FB Connect

Di jaman sekarang ini, siapa yang tidak mempunyai akun Facebook. Mayoritas setiap orang dari berbagai kalangan mempunyainya. Namun terkadang ada teman di Facebook yang tidak kita punyai kontaknya, sehingga ketika ingin berinteraksi diluar facebook kita menjadi sedikit kesulitan.

Disinilah fitur FB Connect memainkan perannya. Fitur ini mempunyai kemampuan mengkoneksikan teman-teman yang ada di Facebook dengan WeChat yang kita miliki. Jadi tidak perlu harus online di Facebook terlebih dahulu untuk chatting dengan mereka. Cukup dengan menghubungkan WeChat di ponsel yang kita miliki dengan akun Facebook kita, dan teman-teman yang ada dalam akun Facebook kitapun langsung masuk ke dalam kontak WeChat di ponsel kita.

1353577901476850415

Fitur FB connect menghubungkan akun Wechat dengan akun Facebook

Namun tidak hanya berfungsi untuk mencari teman, fitur Facebook Connect ini juga membuat kita bisa berbagi aktifitas  menarik yang sedang kita lakukan seperti misalnya, berbagi foto dan gambar.

7. Voice Message

Nah fitur yang terakhir ini sangat berguna bagi yang sedang bokek nggak punya pulsa, namun ingin menyapa pacar atau gebetannya.

13535784011447057116

Fitur Voice Message pada Wechat

Saya rasa dengan fitur Voice Message ini, banyak sekali hal-hal yang bisa dikreasikan, terutama bagi yang sedang jatuh cinta. Sekedar mengucapkan “Selamat Pagi” kepada pacar melalui pesan suara bisa memberi kesan yang sedikit romantis dan perhatian, yah, kecuali kalau pacarnya pacar orang sih ya. Hehehehe….

Fitur tambahan yang ada pada WeChat.

Nah setelah menggunakan WeChat beberapa lama, saya menyadari selain 7 hal yang menjadi fitur unggulan WeChat, ada beberapa fitur lain yang justru tidak kalah hebat. Fitur-fitur tersebut antara lain :

1. Web Chat

Bagi yang sibuk menatap layar komputer namun tetap ingin chatting, fitur ini memberikan kemudahan yang sangat terasa. Fitur ini mampu menghubungkan aplikasi WeChat yang ada di ponsel dengan PC/Laptop sehingga aktifitas chatting anda teralihkan dari ponsel ke layar PC/laptop.

1353594670475855915

Fitur WebChat mengkoneksikan percakapan dari gadget ke PC/laptop

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan fitur WebChat  :

  • Buka alamat web.wechatapp.com pada browser
  • Scan QR code yang tampil di halaman browser tersebut menggunakan QR reader WeChat pada gadget
  • Tekan OK pada pop up konfirmasi yang muncul pada gadget setelah QR code berhasil terbaca.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar yang saya sediakan berikut :

1353595491473816085

Langkah-langkah menggunakan fitur Web WeChat

Dengan fitur ini aktivitas chatting tidak selalu harus menggunakan gadget, tetapi juga bisa menggunakan PC/laptop yang terkoneksi dengan internet. Sungguh merupakan fitur yang brilian !!!

2. Moment

Picture speaks thousand words, begitu kata pepatah. Banyak sekali hal-hal menarik yang mungkin terjadi di sekitar kita dan terasa sayang jika tidak diabadikan. Terkadang bukan hanya agar hal tersebut dapat dikenang tetapi juga agar bisa dibagi dengan siapapun yang kita inginkan. Tapi masalahnya jaman sekarang orang susah untuk percaya tanpa ada bukti yang konkrit. Dan gambar atau foto adalah salah satu bukti yang diperlukan.

“ Eh tadi gue liat sapi terbang”.

“ Ah bohong ! “

“ Gue serius !!!”

“ Mana buktinya ? No picture sama aja ngibul !!”.

See !! Ilustrasi percakapan diatas mungkin sering terjadi di sekitar kita atau justru kita alami sendiri. Tapi mau bagaimana lagi memang begitulah kecenderungan yang ada. Dan rasanya tidak perlu saya beritahu kepada teman semua, jika salah satu hal yang tidak menyenangkan adalah tidak dipercayai orang.

Nah untuk itu fitur Moment yang ada di Wechat ini sangat pas untuk mengatasi hal tersebut.

13535961782012089999

Fitur Moment untuk berbagi foto dan gambar

Melalui fitur moment ini kita bisa berbagi foto atau gambar yang kita anggap menarik kepada siapapun yang kita inginkan. Tidak hanya bisa melihat foto atau gambar yang dikirimkan, tetapi kita juga bisa saling member komentar di foto/gambar tersebut.  Menyenangkan sekali bukan ?

13535964401154100658

Interaksi yang bisa dilakukan melalui fitur Moment seperti melihat timeline dan berkomentar

13535965511875772055

Pengaturan privasi pada fitur moment

Dan hebatnya lagi, seperti pada gambar diatas, fitur ini juga mengutamakan privasi dan keamanan, karena hanya teman-teman yang kita setujui saja yang bisa melihat foto/gambar yang kita share tersebut. Jadi buat yang ngerasa artis dan takut fotonya bakal disalah gunakan, nggak usah  takut lagi karena kebebasan berekspresi kalian juga sudah diimbangi dengan fitur keamanan yang mumpuni dari Wechat.

3.Location

Penggunaan fitur Location bisa membantu kita memberi tahu orang yang sedang chatting dengan kita dimana posisi dan keberadaan kita saat itu. Terlebih lagi, fungsinya yang langsung terintegrasi dengan peta GPS yang tertanam di setiap Smartphone membuat orang yang ingin mencari posisi kita tak perlu keluar dari percakapan dan cukup menyentuh/mengklik tampilan lokasi yang kita kirimkan di jendela percakapan.

135359757923197074

Fitur Location

Selain praktis, lokasi yang ditampilkan pun sangat akurat dengan presisi yang tinggi. Jadi fitur ini sangat berguna untuk mengetahui keberadaan seseorang, terutama bagi pacar-pacar yang posesif. Hehehe Peace….

WeChat menjaga Privasi

Meskipun terkesan bebas dan tanpa batas, WeChat tetap mengutamakan keamanan dan privasi para penggunanya. Kita bisa memutuskan dengan siapa kita akan dan ingin berinteraksi. Kita juga diberi kebebasan mengatur siapa saja yang bisa melihat profil kita ataupun dalam  menerima friend request dari seseorang. Mirip dalam pengaturan privasi di jejaring sosial.

1353601784862229915

Kita hanya bisa berinteraksi jika friend request kita diterima

Saran dan Opini

Setelah beberapa lama menggunakan aplikasi WeChat ini, ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan yang tentunya bertujuan untuk kemajuan WeChat di kemudian hari.

1. Kompatibilitas

Saya menggunakan WeChat pada gadget Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro. Gadget saya ini modelnya slider dengan qwerti keyboard. Biasanya ketika saya katakanlah mengetik SMS, begitu saya men-slide hape untuk menggunakan QWERTY keyboard tersebut, tampilan pada layar gadget akan berubah dari Portrait menjadi Landscape.

Namun begitu saya menggunakan WeChat, hal tersebut tidak terjadi. Tampilan WeChat masih dalam mode Portrait meskipun ponsel tersebut sudah saya slide dengan maksud menggunakan keyboard untuk mengetik.

1353598474673579821

WeChat masih dalam mode Portrait meskipun Slider Ponsel sudah diaktifkan

Pertamanya saya mengira hanya gadget saya yang bermasalah. Namun setelah saya membandingkan dengan ponsel teman saya yaitu Samsung GT I5510 yang mempunyai model yang sama ( Slider dan Qwerty keyboard), masalah tersebut masih terjadi. WeChat tidak mau berubah dari mode Portrait ke mode Landscape.

1353598679928196623

WeChat tetap tak mau berubah ke mode Landscape pada Samsung GT I5510

Nah, besar harapan saya agar WeChat mampu membenahi isu kompatibilitas seperti ini. Mungkin gadget dengan model Slider Keyboard sudah jarang, tetapi saya yakin masih banyak yang menggunakannya.

2. Ukuran Aplikasi

Mungkin memang gadget saya yang termasuk golongan smartphone Low-End, sehingga karena memori yang terbatas membuat aplikasi WeChat ini agak terasa berat. Untuk itu saya menyarankan agar WeChat juga tersedia versi Light-nya agar para pengguna Smartphone Low-End tetap bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar. Saya rasa beberapa fitur bisa dihilangkan agar sesuai dengan spesifikasi smartphone low-end.

3. Mana WeChat untuk BlackBerry ???

Ah, saran yang satu ini sepertinya sudah basi, karena sudah banyak yang menanyakan dimana  WeChat untuk platform Blackberry. Namun untuk semakin menguatkan bahwa WeChat sangat ditunggu kehadirannya pada platform Blackberry saya pun ikut-ikutan untuk menyuarakan harapan ini.

Seperti yang kita ketahui pengguna Blackberry aktif ( dengan paket internet bukan hanya untuk BBM-an) masih sangat banyak. Saya sendiri sedikit terkejut ketika mengetahui WeChat belum tersedia untuk Blackberry. Sebagai aplikasi chatting dan instant messaging lintas platform, kehadiran WeChat memang sangat dibutuhkan pada platform tersebut. Bukan hanya untuk mengukuhkan keberadaannya sebagai aplikasi Instant Messaging nomer satu, namun untuk lebih bisa merangkul pengguna yang jauh lebih banyak lagi.

Jadi kapan WeChat tersedia untuk Blackberry ? Well, saya harap segera… ^_^

Kesimpulan

Kehadiran WeChat sebagai salah satu aplikasi Instant Messaging dan Chatting tak bisa dipungkiri mampu membawa warna baru. Fitur-fitur yang menyenangkan namun tetap menjaga keamanan dan privasi, mampu membuat penggunanya menikmati aktivitas mereka dengan ceria dan bebas namun tetap terlindungi.

Pun begitu dengan kemampuan multifungsinya baik sebagai alat komunikasi maupun sebagai sarana pembunuh rasa bosan. Benar-benar mengena dan bermanfaat bagi para penggunanya.

Akhirnya seperti sebuah Rainbow Cake yang mampu menjadi kegemaran baru di dunia kue, WeChat mampu menjadi primadona ditengah menjamurnya aplikasi Instant Messaging sejenis. Dan secerah warna-warni pelangi, fitur-fitur yang dimiliki WeChat mampu memberi warna tersendiri dalam dunia Instant Messaging.

Jadi tunggu apalagi segera unduh WeChat di alamat http://hk.qq.com/r/288 dan nikmati Rainbow Cake di dunia Instant Messaging.

By: Akida
14 November 2012 23:50 | 0 notes | SUKA
198
0<
Tulis Tanggapan Anda
Guest User