Back to Kompasiana
Artikel

Internet

There Je

There JE adalah pemerhati buku yang concern terhadap dunia penerbitan dan teknologi informasi. Tinggal di selengkapnya

Sebelum Langganan Speedy, Baca Ini Dulu…Penting!

REP | 25 April 2011 | 21:26 Dibaca: 9156   Komentar: 4   1

Mengenal Teknologi ADSL

Sangat wajar bila Anda dan para pengguna internet di seluruh Indonesia menginginkan koneksi internet ideal yang cepat, murah, mudah dan minim masalah. Entah akan digunakan untuk menunjang keperluan pribadi maupun bisnis. Pastinya, Anda kemudian bertanya-tanya jenis koneksi internet dan layanan internet apa yang paling bagus di Indonesia saat ini? Jawabannya adalah tidak ada yang benar-benar sempurna atau boleh dibilang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun karena internet sudah menjadi salah satu kebutuhan, mau tidak mau Anda harus memilih koneksi internet yang terbaik. Nah, pertanyaannya mana yang sebaiknya Anda pilih?
Berangkat dari pertanyaan tersebut, penulis pada bab ini akan membahas secara mendalam salah satu jenis koneksi internet terbaik generasi ketiga dalam evolusi jaringan akses pita lebar (broadband), yaitu ADSL. Sebagai ilustrasi untuk memilih layanan Internet Service Provider (ISP) yang tepat, penulis akan membahas TelkomSpeedy, ISP milik PT TELKOM Tbk. TelkomSpeedy adalah salah satu ISP yang cukup banyak digunakan karena memiliki berbagai pilihan paket dan program berlangganan yang mampu menjangkau semua segmen pengguna internet mulai dari kalangan bisnis kecil dan menengah sampai pengguna rumahan.

2.1    Mengenal Teknologi ADSL
Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) merupakan teknologi yang memberikan kecepatan transfer data yang berbeda antara proses pengiriman data (upload) dan penerimaan data (download). Modem ADSL memberikan kecepatan men-download data yang lebih besar daripada meng-upload data. Perbedaan kecepatan transfer data inilah yang membuat varian DSL ini disebut Asymmetric.
Tipe DSL ini sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna level rumahan, di mana traffic menerima data lebih besar daripada melakukan pengiriman. Kondisi seperti ini sangat cocok untuk aplikasi-aplikasi level pengguna akhir sepertiyang banyak melakukan aktivitas download musik dan film, surfing, online games, menerima e-mail, dan sebagainya. ADSL menyediakan koneksi upload yang relatif lambat karena biasanya koneksi ini hanya digunakan untuk melakukan download data ke Internet. Dengan adanya spesifikasi seperti ini, harga servis ADSL bisa ditekan semurah mungkin sehingga terjangkau oleh pengguna rumahan.
ADSL menggunakan modem yang mentransformasikan saluran telepon biasa menjadi saluran digital berkecepatan tinggi untuk melakukan komunikasi suara dan data super cepat. Modem ADSL menggunakan teknik pengodean digital untuk mengompres data hingga mampu melewatkannya sampai dengan 99 persen kapasitas saluran telepon tanpa mengganggu layanan suara yang telah ada. Ini artinya, Anda tetap dapat melakukan pembicaraan di telepon atau mengirimkan faksimile saat sedang menjelajahi (browsing) internet.
Ini merupakan suatu terobosan baru dimana jaringan yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan teknologi ini adalah jaringan telepon yang sudah tersambung ke rumah-rumah dan kantor-kantor sehingga tidak diperlukan penyediaan jaringan komunikasi baru yang memerlukan biaya yang sangat besar. Penggunaan teknologi ADSL memungkinkan setiap orang untuk dapat mengakses internet secara cepat karena sebagian besar jaringan telepon telah tersambung ke rumah-rumah. Media transmisi yang digunakan dalam ADSL adalah kabel tembaga (UTP) yang juga merupakan kabel telepon.
Sinyal yang ditransmisikan melalui kabel ini dipisahkan menjadi sinyal data berupa sinyal digital untuk keperluan komunikasi data, dan sinyal suara berupa sinyal analog untuk komunikasi suara. Prosedur semacam ini dapat terjadi karena pada dasarnya komunikasi suara hanya berlangsung sebentar dan banyak kosongnya. Kekosongan ini dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan komunikasi data untuk akses internet. Komunikasi suara merupakan suatu circuit switch yang artinya berbasis sambungan dimana sambungan dengan lebar bandwidth tertentu harus tetap dipertahankan walaupun tidak ada komunikasi yang dilakukan. Pada komunikasi suara, hal ini tidak menimbulkan masalah karena sambungan/ komunikasi berupa waktu bicara biasanya hanya memerlukan waktu yang sebentar. Jika cara yang sama dilakukan untuk komunikasi data maka ini menimbulkan masalah, karena komunikasi data pada umumnya digunakan dalam waktu lama dan akan membebani jaringan yang digunakan. Oleh karena itu, komunikasi data menggunakan teknik basis data paket yang memungkinkan penggunaan bandwidth yang optimum, karena dapat dimanfaatkan untuk lebih dari satu sambungan secara efisien dan ekonomis.
Teknologi ADSL merupakan generasi ketiga dalam evolusi jaringan akses pita lebar (broadband) setelah modem analog yang berbasis suara (voiceband modem) dan Integrated Service Digital Network (ISDN). Teknologi modem analog berkembang pesat dari hanya berkecepatan 14,4 kbps hingga kini mencapai 56 kbps meski dalam kenyataannya sulit meraih batas kecepatan maksimal ini.
ISDN mampu mencapai 128 kbps, tetapi membutuhkan investasi besar untuk penggelarannya dan tetap masih dianggap lambat dibandingkan dengan kecepatan pengiriman data ADSL yang bisa melesat hingga 8 Mbps untuk uplink dan 1 Mbps untuk downlink tergantung pada kondisi jaringan telepon. Secara teoretis, ADSL berkecepatan 2 Mbps mempunyai jarak jangkau dari sentral telepon ke pelanggan sekitar 5 Kilometer. Semakin bagus kualitas jaringan telepon yang ada dan semakin besar diameter kabel telepon yang digunakan, maka akan semakin jauh jarak jangkauannya.

2.1.1    ADSL Varian DSL
Sesungguhnya ADSL merupakan salah satu varian dari teknologi yang lebih umum yaitu teknologi DSL. Pada ADSL, mode transmisinya asimetris, kecepatan ke sisi sentral telepon (upstream) berbeda dengan kecepatan ke sisi pengguna (downstream). Ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa sasaran dari teknologi ini adalah pelanggan pribadi yang ada di rumah-rumah yang lebih banyak mengambil data (download) dari jaringan utama (backbone) internet dibandingkan dengan mengirim data (upload).
ADSL lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan pengguna Internet dibandingkan dengan varian lainnya. Dibandingkan teknik DSL yang lain, ADSL memiliki kelebihan yaitu kecepatan yang tertinggi dengan jarak yang memadai dan bisa mendukung layanan komunikasi suara. Kedua layanan komunikasi data dan suara diselenggarakan melalui dua kanal yang terpisah tetapi tetap dalam satu kabel yang sama. Sementara pada teknik DSL yang lain menggunakan dua kabel yang terpisah untuk bisa memberikan kedua layanan komunikasi tersebut.
Sinyal telepon yang digabungkan dengan sinyal ADSL dalam satu kabel tetap diberi daya oleh perusahaan telepon. Meskipun jalur ADSL tidak berfungsi atau komputer tidak dihidupkan, jalur telepon tetap dapat berfungsi seperti biasa. Jadi kabel telepon dapat digunakan untuk sambungan telepon sekaligus  untuk saluran akses internet. Tidak diperlukan suatu sambungan/ jaringan baru sebagai saluran internet sehingga sangat menghemat biaya investasi.

2.1.2    Cara Kerja Pengiriman Data
ADSL menggunakan teknologi pengolahan sinyal digital yang begitu canggih serta menggunakan algoritma yang mampu menciptakan penyaluran data pada kecepatan sangat tinggi melalui kabel tembaga biasa.
Pengiriman data melalui ADSL dilakukan dengan beberapa tahap berikut:
1.    Modem memodulasi dan mengkodekan (encode) data digital dari komputer dan kemudian digabungkan dengan sinyal telepon untuk dikirimkan ke kantor telepon.
2.    Di kantor telepon, sinyal telepon dipisahkan dari sinyal digital ADSL untuk kemudian dimodulasikan dan dienkodekan.
3.    Melalui jaringan komunikasi data, sinyal ini dikirimkan ke pihak yang dituju seperti ISP atau kantor yang lain. Jaringan data yang digunakan tergantung dari penyelenggara jasa ADSL, dapat berupa frame relay atau ATM (Asynchronous Transfer Mode).
4.    Sementara sinyal digital dari ISP dimodulasi dan dienkodekan menjadi sinyal ADSL di kantor telepon. Kemudian modem menggabungkannya dengan sinyal telepon sebelum dikirimkan ke pelanggan, perangkat pemisah (splitter) memisahkan sinyal telepon dari sinyal digital. Sinyal digital dimodulasi dan didekodekan, kemudian dikirimkan ke komputer.

2.1.3    Teknik Modulasi ADSL
Terdapat dua teknik modulasi berbeda yang banyak dipakai vendor ADSL, yaitu CAP (Carierless Amplitude and Phase) dan DMT (Discrete Multitone).  Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan dan belum ada standar resmi untuk pengodean ADSL. Dua teknik ini memberi keuntungan dimana sistem lebih tahan terhadap derau/ noise atau interferensi.
1.    Menerapkan teknik modulasi CAP (Carierless Amplitude and Phase)
CAP merupakan salah satu versi pengodean Quadrate Amplitude Modulation (QAM) yang memodulasi data yang masuk dengan sinyal pembawa (carrier) tunggal kemudian ditransmisikan melalui saluran telepon. Sinyal pembawa tersebut telah dikompres sebelum ditransmisikan dan dapat dikembalikan ke asalnya pada sisi penerima sehingga seolah-olah tanpa sinyal pembawa (carrier- less). CAP menggabungkan sinyal data upstream dan downstream, kemudian memisahkannya pada modem penerima dengan teknik Echo Cancellation.
2.    DMT (Discrete Multitone)
Pada teknik pengodean DMT, data yang masuk dikumpulkan terlebih dulu, kemudian didistribusikan melalui sinyal pembawa kecil yang jumlahnya sangat banyak. DMT membuat kanal-kanal ini menggunakan teknik yang dikenal dengan Discrete Fast-Fourier Transform.

DMT memisahkan sinyal upstream dari sinyal downstream dengan pita pembawa (carrier band) yang terpisah. Kedepan, produk-produk ADSL akan menggunakan teknik modulasi DMT. Teknik ini memungkinkan ADSL menjadi Rate Adaptive (kecepatan transmisi dapat berubah relatif mengikuti performansi jaringan kabel tembaga yang digunakan sebagai media transmisi) dan memungkinkan proses inisialisasi jaringan untuk menentukan sampai pada tingkat kecepatan berapa jaringan tembaga dapat mentransmisikan data dengan aman.
Sirkuit ADSL akan saling menghubungkan tiap ujung dari modem ADSL pada saluran telepon biasa (kabel tembaga) dan membuat tiga kanal informasi. Kanal downstream kecepatan tinggi, kanal duplex kecepatan menengah dan kanal POTS. Kanal POTS dipisah oleh modem digital dengan filter, untuk menjamin Uninterrupted POTS. Kanal kecepatan tinggi pada kecepatan 1,544 Mbps-6 Mbps, dan Duplex pada kecepatan 16kbps-640kbps. Tiap kanal dapat di Submultiplex, sehingga dapat dibentuk multiplikasi kanal-kanal dengan bit rate yang lebih rendah.
Kecepatan downstream tergantung oleh beberapa faktor, termasuk panjang kabel tembaga, ukuran kabel, kualitas sambungan fisik dari kabel dan interferensi kopling silang. Redaman saluran akan berbanding lurus sesuai pertambahan panjang saluran dan frekuensi, dan akan mengecil bila diameter kabel bertambah.

1.1.4    Perangkat Yang dibutuhkan
Konfigurasi perangkat ADSL terdiri dari dua komponen utama, yaitu Digital Subsriber Line Access Multiplexer (DSLAM) dan CPE (Customer Premises Equipment).
DSLAM adalah perangkat multiplexer pada sisi operator telekomunikasi/ISP, sedangkan pada sisi pelanggan adalah CPE. Keduanya dihubungkan oleh line telepon, dan di antara keduanya terdapat POTS Splitter (di sisi ISP) dan Microfilter (di sisi pelanggan) yang berfungsi membagi frekuensi. Frekuensi rendah dialirkan ke line analog, sedangkan frekuensi tinggi adalah untuk layanan ADSL.
DSLAM bisa ditempatkan di sentral telepon (disebut juga indoor DSLAM) atau di sisi jauh jaringan telepon (disebut juga outdoor DSLAM). Perangkat DSLAM biasanya berukuran besar dan dilengkapi POTS Splitter yang digunakan untuk memisahkan antara suara dan data.
Jenis protokol yang digunakan ke sisi backbone internet ada dua macam, Asynchronous Transfer Mode (ATM) dan Internet Protocol (IP). IP lebih populer karena memiliki lebih banyak perangkat pendukung sesuai dengan standar. Kapasitas port DSLAM bermacam-macam, mulai dari empat port hingga ribuan port yang disesuaikan dengan potensi pelanggan yang dilayani. Modem ADSL di sisi pelanggan dimensinya lebih kecil, dilengkapi colokan untuk data dan suara. Seperti halnya modem analog, modem ADSL tersedia dalam bentuk internal (terpasang pada motherboard komputer) maupun eksternal (terpisah dari komputer).
Banyak aplikasi akan mendapatkan manfaat dari keunggulan ADSL terutama dalam Digital Compressed Video. Sebagai sinyal real time, sinyal video digital tidak dapat menggunakan prosedur Error Control pada level link atau jaringan yang biasanya dipakai dalam sistem komunikasi data yang umum. Sedangkan modem ADSL mampu memberikan Forward Error Correction yang secara dramatis mampu mengurangi error yang diakibatkan oleh Impulse Noise. Error yang berbasiskan simbol demi simbol juga akan banyak mengurangi kesalahan yang ditimbulkan oleh Continuous Noise yang terjadi pada saluran.

1.1.5    Ciri ADSL
ADSL sendiri memiliki bermacam-macam jenis dengan kecepatan, jenis router, USB dan perangkat lain yang ada di dalamnya. Misalnya ada yang dapat dipakai untuk dua komputer dengan menggunakan sambungan USB, tapi ada juga yang dapat digunakan untuk empat komputer dengan koneksi LAN Ethernet.
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih modem ADSL, yaitu:
1.    Pilih modem yang memiliki tombol On dan Off. Tombol ini sangat berguna untuk mengatur penggunaan koneksi sebanyak yang Anda butuhkan dan menghemat biaya koneksi yang digunakan. Terlebih bila Anda tidak menggunakan koneksi Unlimited atau menggunakan penghitungan waktu atau banyaknya bandwidth yang digunakan.
2.    Modem ADSL yang memiliki lampu indikator untuk mengetahui jalannya proses koneksi yang terjadi. Umumnya lampu yang ada pada modem ADSL adalah lampu PPP, Power, DSL. Ada juga lampu tambahan bila Anda menggunakan koneksi Ethernet dan USB.
3.    Dari tiga lampu indikator yang ada pada modem, yang terpenting adalah lampu PPP dan DSL. Lampu DSL menunjukkan koneksi sudah terhubung dengan baik pada line. Sementara lampu PPP menunjukkan adanya arus data ketika seseorang melakukan browsing.

Setelah melengkapi perangkat yang dibutuhkan, hal terpenting dalam penggunaan ADSL adalah penggunaan IP modem dan password. Hal ini digunakan untuk melindungi penggunaan layanan bagi konsumen yang diberikan oleh provider. IP yang Anda miliki akan menjadi gerbang untuk memasuki jaringan. Jika Anda mengubah password untuk login, maka Anda perlu memasukkan kembali sesuai perubahan yang dilakukan. Bila seluruh proses ini berhasil dilalui, maka selanjutnya Anda sudah dapat berkoneksi internet dengan ADSL.
Penggunaan ADSL di Indonesia saat ini tidak hanya berkisar hanya di pulau Jawa saja, tapi juga sudah meluas sampai ke luar Jawa. Seperti Bali dan Sumatera. Walaupun kualitas yang ditawarkan memang masih banyak mengalami masalah, namun perangkat ADSL jauh lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan sistem Dial-Up.

1.1.6    Jenis Modem ADSL
Modem ADSL mempunyai berbagai jenis, yaitu jenis kecepatan, jenis router yang digabung ke dalam modem, terintegrasi dengan wireless, USB dan Ethernet yang disatukan oleh modem dan sebagainya. Modem ADSL sudah dikembangkan dengan penempatan perangkat tambahan lainnya. Anda bisa menggunakan 1 modem ADSL untuk 4 komputer dan terkoneksi dari LAN Ethernet. Atau anda dapat menggunakan modem ADSL dengan output Ethernet dan USB saja bila hanya memerlukan 2 koneksi untuk komputer.
Begitu banyak jenis modem yang tersedia, akan memudahkan para pengguna. Tetapi bila anda hanya membutuhkan koneksi modem sederhana, Anda cukup memilih jenis modem dengan koneksi Ethernet dan USB Port. Semakin banyak kebutuhan dan keinginan anda untuk menggunakan jenis perangkat pada modem ADSL, maka harga modem akan semakin mahal.
Ada beberapa fitur yang perlu Anda diperhatikan dalam memilih modem yang tepat mengingat cara perhitungan biaya internet di Indonesia sedikit berbeda bila dibandingkan dengan negara lain yang sudah lebih mapan dalam menyelenggarakan koneksi internet dengan modem ADSL. Sebaiknya Anda menggunakan jenis modem dengan fitur koneksi otomatis On dan Off. Fitur ini akan menghemat biaya koneksi Anda dengan menonaktifkan modem sementara tidak digunakan, karena di Indonesia masih digunakan perhitungan waktu atau banyaknya bandwidth yang digunakan. Fitur ini berguna untuk menghindari kasus lupa mematikan Modem, karena pada modem yang tidak memiliki fitur On dan Off, akan terus membuka line ADSL sehingga pada layanan internet Time Based kejadian ini akan membuat tagihan telepon Anda membengkak. Kecuali, bila anda menggunakan layanan tanpa batas, fitur modem ADSL dengan tipe On dan Off memang tidak terlalu diperlukan.
Untuk memilih Modem yang tepat, sebaiknya Anda melakukan survei kecil-kecilan dengan menanyakan kepada rekan lain yang sudah menggunakan koneksi ADSL. Karena sebenarnya kemampuan modem DSL hanya dibedakan dari fitur tambahan yang dimiliki. Yang terpenting dalam hal ini adalah ketahanan dari modem DSL. Seperti bila anda menggunakan koneksi internet Unlimited, ketahanan modem menjadi bagian paling penting. Setidaknya modem DSL anda tidak terlalu sering error karena bekerja terlalu lama atau menjadi panas.
Semakin banyak fitur yang disediakan modem, maka akan membuat modem menjadi panas karena tambahan chip di dalam board modem untuk memenuhi kebutuhan jenis koneksi seperti WIFI, Ethernet HUB dan USB. Namun, menggunakan modem DSL dengan fitur sederhana juga akan membatasi kemampuan modem DSL itu sendiri. Khususnya, bila anda ingin menambah koneksi untuk komputer lain. Untuk itu pilihlah dengan bijak dan sesuaikan kebutuhan dan keinginan yang anda perlukan.

1.1.7    Menggunakan Koneksi Internet ADSL
Untuk menggunakan koneksi internet dengan modem ADSL, Anda perlu melakukan pengaturan sebagai berikut:
1.    Sebelum anda melakukan pengaturan modem ADSL anda harus mendaftar nomor layanan ADSL dan Telkom harus membuka line khusus untuk ADSL untuk nomor telepon rumah anda. Periksa keberadaan nomor telepon rumah Anda di layanan TelkomSpeedy (bila menggunakan Speedy), apakah Anda sudah masuk dan terdaftar untuk layanan ADSL Speedy.
2.    Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah, seberapa jauh jarak antara gardu TELKOM dengan rumah Anda. Karena dalam ADSL, jarak sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Daftar nomor telepon tertentu diartikan bahwa layanan dapat diberikan oleh Speedy, dan koneksi dipastikan dapat berjalan dengan baik atau dengan kata lain koneksi anda tidak akan banyak terjadi drop. Karena semakin jauh jarak rumah Anda dengan gardu induk utama dan semakin banyak lompatan dari gardu Telkom maka akan menurunkan kecepatan koneksi.
3.    Lalu sambungkan antara modem ADSL dengan line telepon dengan menggunakan sebuah alat yang disebut Splitter atau pembagi line.
Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Sehingga nantinya Anda tetap dapat menggunakan internet dan menjawab telepon secara bersamaan. Di sisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.

1.1.8    Kelebihan dan Kekurangan menggunakan ASDL
Kelebihan penggunaan ADSL
1.    Koneksi internet selalu tersambung setiap saat dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima/ menelepon.
2.    Stabilitas kecepatan koneksi tidak dipengaruhi oleh jumlah pemakai yang sedang terkoneksi dengan internet pada waktu yang bersamaan.
3.    Kecepatan transfer data  jauh lebih tinggi daripada modem biasa. Oleh karenanya, ADSL sangat ideal untuk layanan internet/ intranet, Video on Demand dan remote LAN Access.
4.    Menghemat biaya investasi, karena operator tidak perlu melakukan penggantian jaringan kabel telepon eksisting untuk membangun infrastruktur broadband secara cepat sehingga hal ini telah mengurangi biaya investasi.
5.    Beberapa ISP ADSL akan memberikan modem ADSL sebagai bagian dari instalasi.
6.    Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
7.    Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program TelkomSpeedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga Anda dapat berselancar tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.
8.    ADSL juga lebih murah dibandingkan dengan penggelaran serat optik ke rumah-rumah pelanggan (fiber to the home/ FTTH). Keuntungan bagi pelanggan adalah ia dapat melakukan komunikasi data lewat internet dan komunikasi suara sekaligus hanya dengan satu saluran telepon, tak perlu menambah saluran baru.
9.    Kenyamanan pengguna saat berinternet tak akan terganggu panggilan telepon masuk, tidak seperti pada Dial-Up internet yang terkadang membuat koneksi internet terputus. Koneksi ADSL selalu tersambung (always on) sehingga tak perlu repot melakukan login berulang kali.
10.    Teknologi ini juga sesuai untuk kalangan perumahan (residential), pekerja jarak jauh (telecommuter) dan usaha kecil menengah (UKM) karena biaya berlangganannya relatif murah dibandingkan dengan solusi broadband lainnya. Harga perangkat modem ADSL juga tidak terlalu mahal, yaitu berkisar pada harga Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta, tergantung pada merek dan fitur yang dimilikinya.

Beberapa kerugian ADSL
1.    Sambungan ADSL akan bekerja dengan sempurna jika lokasi Anda cukup dekat dengan sentral telepon. Pada jarak bentangan kabel 2-3 km biasanya cukup aman untuk menggunakan ADSL sampai kecepatan sekitar 8Mbps. Teknologi DSL yang baru bahkan dapat mengirimkan data pada kecepatan sangat tinggi sampai dengan 100Mbps, tentunya untuk jarak yang sangat pendek.
2.    Kecepatan pengiriman data sangat dipengaruhi jarak. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon Anda dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses internetnya. Jarak rumah dengan lokasi sentral telepon tidak boleh lebih dari 4.8 Km, karena diluar jarak tersebut koneksi ADSL tidak disediakan.
3.    Sambungan ADSL lebih cepat untuk menerima data daripada mengirim data melalui Internet. Sehingga bagi Anda yang sering melakukan proses pengiriman data atau upload dengan kapasitas besar, tidak cocok menggunakan jenis koneksi ini.
4.    Kabel tembaga yang telah berusia tua dapat menurunkan kualitas sambungan dan menurunkan kecepatan koneksi internet.
5.    Sama seperti koneksi Dial-Up, stabilitas dan kecepatan koneksi sangat tergantung pada kualitas jaringan telepon dan perubahan cuaca. Pada saat musim hujan, air sangat mengganggu kualitas kabel telepon. Apalagi jika terjadi banjir dengan ketinggian air yang mampu menenggelamkan Rumah. Beban air yang meluap ini akan menambah redaman kabel sehingga mengurangi kualitas sambungan ADSL.
6.    Koneksi internet ADSL hanya berlaku pada wilayah yang  memiliki jaringan kabel telepon saja.
7.    Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL. Misalnya Mac. Cara yang dipakai pun akan lebih rumit dan ada kemungkinan memakan waktu lama. Sehingga pengguna Mac harus menggantinya dengan software yang lebih umum seperti Windows XP atau Linux.
8.    Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas. Sayangnya load coils menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasa digunakan DSL. Sehingga mengakibatkan terjadinya interferensi dan ketidakcocokkan jalur untuk ADSL.
9.    Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL.
10.    Penggunaan fiber optic pada saluran telepon digital yang dipakai saat ini. Di mana penggunaan fiber optic ini tidak sesuai dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog yaitu kabel tembaga, sehingga akan menyulitkan pengiriman sinyal melalui fiber optic.
11.    Menggunakan modem khusus yang harganya relatif mahal. Untuk mensiasati hal ini, sebaiknya Anda berlangganan pada ISP yang memberikan fasilitas modem gratis dalam masa promosinya.

2.2    Berlangganan Akses Internet ASDL TelkomSpeedy

Koneksi internet ADSL TelkomSpeedy
Melihat belum begitu banyak provider besar yang mampu yang menyediakan koneksi internet ADSL, maka produk TelkomSpeedy dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TELKOM) masih menjadi solusi utama koneksi internet broadband bagi kalangan bisnis residensial atau bisnis kecil dan menengah sampai ke rumah-rumah. Speedy banyak dipilih karena menyediakan berbagai paket layanan internet berdasarkan kecepatan dan kuota yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Memilih Paket Layanan Koneksi Internet Speedy
1.    Pemakaian Berdasarkan Kecepatan
Cukup sulit untuk membicarakan berapa kecepatan ideal yang dibutuhkan  setiap orang karena hal tersebut sangat tergantung pada tujuan awal Anda memasang internet. Apakah tujuan memasang internet hanya untuk keperluan pribadi seperti mengecek email, browsing, download file, mendengarkan lagu secara online atau menonton video streaming seperti di YouTube atau untuk keperluan bisnis seperti perkantoran atau perusahaan yang seringkali mengirim file-file berukuran besar, digunakan untuk bisnis warnet, untuk hotspot sekolah dan kampus. Kecepatan maksimum koneksi internet baik download maupun upload seperti yang dijanjikan sangat jarang terjadi karena berbagai faktor teknis.
Bila Anda bingung memilih kecepatan internet yang dibutuhkan, Anda dapat mencoba mengambil paket layanan dengan kecepatan terendah. Bila kemudian merasa tidak cukup, tingkatkan kecepatan koneksi internet Anda.  Namun perlu diingat, karena koneksi internet yang semakin cepat berarti semakin mahal.
2.    Pemakaian berdasarkan kuota
Seperti langkah sebelumnya bila Anda masih bingung memilih berapa kuota akses internet yang tepat untuk Anda, mulailah dengan mengambil paket  dengan kuota yang terendah dengan tetap berhati-hati dan melakukan pemantauan terharap kuota yang telah terpakai. Jangan sampai Anda keasyikan dan tidak menyadari telah melampaui batas yang terlalu besar sehingga tagihan Anda membengkak. Pilih salah satu paket dengan berdasarkan prioritas kebutuhan yang disesuaikan dengan Anggaran yang Anda miliki.
2.2.1    Sekilas tentang Koneksi Internet ADSL TelkomSpeedy
TelkomSpeedy adalah produk layanan internet access end-to-end berbasis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL) dari PT TELKOM Tbk. yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan downstream maksimal 1 mbps dan upstream maksimal 64 kbps yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server).
2.2.2    Koneksi
Koneksi ke internet dapat dilakukan setiap saat (on-line) di mana setiap hubungan sifatnya Dedicated Connection. Koneksi memiliki sifat Highly Reliability dan Highly Secure. Tidak seperti modem kabel, ADSL memberikan Dedicated Line ke Internet. Untuk dapat melakukan koneksi ADSL, diperlukan kualitas jaringan telepon yang cukup baik serta alat Digital Multiplexer (DSLAM) di STO TELKOM terdekat yang melayani jaringan telepon yang ingin dikoneksikan dengan Speedy.
Untuk melakukan koneksi internet, modem ADSL melakukan 2 tahap koneksi:
1.    Koneksi ADSL dari modem ke Digital Multiplexer (DSLAM) di STO terdekat.
2.    Koneksi Internet ke BRAS (Broadband Remote Access Server), untuk memverifikasi Username dan Password pelanggan.

Biasanya pada modem ADSL, kedua tahap koneksi tersebut dapat terlihat dari lampu LED yang berlabelkan “ADSL” dan “Internet”.

1.2.4    Perangkat Modem
Anda tidak dapat menggunakan modem analog biasa untuk mengakses Speedy, melainkan harus menggunakan modem ADSL yang kemudian
dihubungkan ke komputer/ laptop melalui fasilitas konektor:
1.    Ethernet LAN (umumnya memiliki 1 port hingga 4 port).
2.    Wireless LAN.
3.    USB.

Paket-paket Modem yang ada memungkinkan menggabungkan dua atau tiga fasilitas di atas, ataupun hanya memiliki satu saja. Modem ADSL pada umumnya sudah menyediakan fasilitas-fasilitas built-in router, pengaturan modem melalui web browser, dan fitur keamanan seperti firewall.

2.2.3    Kecepatan Download dan Upload
Speedy memberikan koneksi ke internet yang lebih cepat dibanding menggunakan layanan dial-up biasa. Koneksi Speedy memiliki kecepatan mengunduh (downstream) hingga maksimal 1024 Kbps dan kecepatan mengunggah (upstream) mencapai maksimal 128 Kbps. Sebagai perbandingan, kecepatan akses dial-up yang digunakan oleh layanan TELKOMnet Instan adalah 56 kbps per line.
Sebagai ilustrasi, untuk mengunduh file sebesar 10MB menggunakan Speedy (ADSL) memerlukan waktu kurang dari 4 menit. Sedangkan dengan koneksi Dial-Up memerlukan waktu sekitar 25 menit (waktu di sini adalah estimasi, dengan asumsi bahwa kecepatan maksimal masing-masing layanan tercapai).

2.2.4    Tarif Berlangganan
Salah satu keunggulan Speedy adalah tersedianya berbagai pilihan paket layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk menunjang aktivitas pribadi maupun bisnis. Paket berlangganan internet Speedy terdiri dari 2 jenis paket, yaitu: Limited maupun Unlimited dengan pilihan kecepatan yang bervariasi.
Produk Speedy Limited dan Unlimited
Paket Speedy Nasional yang berlaku di semua lokasi terkecuali di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan adalah sebagai berikut:

*tidak berlaku untuk beberapa lokasi
1.    Speedy Personal
a.    Paket ini cocok untuk pengguna rumahan dengan kebutuhan koneksi  skala kecil yang biasanya hanya digunakan untuk Browsing, cek dan kirim Email maupun Game Online.
b.    Bila Anda menggunakan paket ini, sebaiknya jangan sering digunakan untuk men-download, upload dan streaming data karena akan memakan kapasitas batas penggunaan yang ditentukan.
c.    Keunggulan:
•    Menggunakan IP Dinamik.
•    Saluran telepon dapat digunakan secara bersamaan dengan fasilitas internet (Speedy) tanpa saling mengganggu dan didukung dengan kecepatan upstream dan downstream sebesar 64 K/ 384 K di sisi akses TELKOM ADSL.
•    Layanan total solusi oleh TELKOM, yang mana saluran akses dan kebutuhan akses internetnya telah disediakan oleh TELKOM.
•    One Bill Collection (penagihan dilakukan oleh TELKOM, karena tagihan akses internet telah digabungkan dengan tagihan telepon).
•    Koneksi internet dapat dilakukan setiap saat.
•    Memiliki fitur Info Usage, Speedy Alert dan SpeedyLand.

2.    Speedy Time Based
a.    Paket ini cocok bagi para pengguna rumahan yang membutuhkan koneksi internet skala menengah yang seringkali men-download dan meng-upload file berukuran besar seperti file Mp3, video dan streaming.
b.    Bagi pengguna Internet, 50 jam surfing di Internet setiap bulan untuk membaca dan men-download mungkin tidak akan cukup. Tarif ini terbilang cukup murah bila dihitung dengan tarif awal Rp. 200.000,- karena pengguna akan mendapatkan 50 jam surfing dengan tarif per jamnya adalah Rp.4.000,-. Tarif ini separuh dari tarif Dial-up dengan biaya ISP yang mencapai total Rp. 10.000/ jam. Selain itu, Speedy hanya membebankan tarif hitungan Rp.1.500/ jam untuk kelebihan setelah 50 jam. Memang semua tarif tersebut diluar biaya PPN, namun tetap masih lebih murah dibandingkan tarif Dial-Up.
c.    Bila menggunakan paket ini, Anda harus menggunakannya dengan cermat karena perhitungan biaya paket ini dimulai sejak modem diaktifkan. Jangan lupa, setelah selesai pemakaian matikan Power modem dan periksalah kembali sampai modem ADSL benar-benar telah mati agar tagihan Anda tidak membengkak.
d.    Keunggulan:
•    Menggunakan IP Dinamik.
•    Saluran telepon dapat digunakan secara bersamaan dengan fasilitas internet (Speedy) tanpa saling mengganggu dengan kecepatan upstream dan downstream 64 K/ 384 K disisi akses TELKOM ADSL.
•    Layanan total solusi oleh TELKOM (saluran akses dan kebutuhan akses internetnya disediakan oleh TELKOM).
•    One Bill Collection (penagihan dilakukan oleh TELKOM melalui rekening tagihan telepon bulanan, tagihan akses internet digabungkan dengan tagihan telepon).
•    Koneksi internet dapat dilakukan setiap saat.
•    Speed downstream lokal akses internet pada jaringan TELKOMNet sampai dengan 384 Kbps.
•    Memiliki fitur-fitur Info Usage, Speedy Alert dan SpeedyLand.

3.    Speedy Profesional Office
a.    Paket ini sangat cocok untuk kebutuhan bisnis, usaha dan perkantoran skala kecil dan menengah yang membutuhkan akses internet aktif untuk browsing, cek dan kirim email, download musik dan video maupun game online.
b.    Bila Anda menggunakan paket ini, gunakan koneksi internet dengan skala prioritas. Jangan terlalu sering digunakan untuk men-download, meng-upload data dan streaming video karena dapat memakan kapasitas batas penggunaan yang telah ditentukan.
c.    Keunggulan:
•    Menggunakan IP Dinamik.
•    Saluran telepon dapat digunakan secara bersamaan dengan fasilitas internet (Speedy) tanpa saling mengganggu dengan kecepatan upstream dan downstream 64 K/ 384 K disisi akses TELKOM ADSL.
•    Layanan total solusi oleh TELKOM, yang mana saluran akses dan kebutuhan akses internetnya telah disediakan oleh TELKOM).
•    One Bill Collection (penagihan dilakukan oleh TELKOM melalui rekening tagihan telepon bulanan, tagihan akses internet digabungkan dengan tagihan telepon).
•    Koneksi internet dapat dilakukan setiap saat.
•    Speed downstream lokal akses internet pada jaringan TELKOMNet sampai dengan 384 Kbps.
•    Memiliki fitur-fitur: Info Usage, Speedy Alert dan SpeedyLand.

d.    Speedy Unlimited Office
a.    Kapasitas pemakaian tanpa batas
b.    Paket ini sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan koneksi internet sangat aktif dan sangat cocok untuk perkantoran, hotel, restoran, café dan warnet serta pengguna yang menginginkan fasilitas Wi-fi seperti hot spot sekolah, kampus dan cafe.
c.    Keunggulan sama seperti paket Speedy Professional Office.

e.    Speedy Warnet
a.    Paket ini sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan koneksi internet sangat aktif dan sangat cocok untuk warnet serta pengguna yang menginginkan fasilitas Wi-fi seperti hot spot di kampus dan cafe.
b.    Kapasitas pemakaian tanpa batas
c.    Keunggulan sama seperti paket Speedy Professional Office.

f.    Speedy Cermat
a.    Paket ini sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan koneksi internet yang tidak begitu besar dan suka men-download, meng-upload file berukuran besar, file Mp3, file Video dan Streaming.
b.    Bila menggunakan paket ini Anda harus menggunakannya dengan hati-hati karena perhitungan biaya billing dimulai sejak modem diaktifkan sampai dimatikan. Oleh karenanya, setelah selesai pemakaian matikan Power modem dan periksa kembali sampai mode ADSL benar-benar telah mati.

Memilih Paket Layanan yang Tepat: Limited Vs Unlimited
Bila anda memang memerlukan koneksi internet Unlimited, tarif Speedy dengan harga Rp.750.000,- termasuk murah. Karena bila dihitung-hitung dengan biaya sebesar Rp. 750.000/ bulan, Anda akan mendapatkan koneksi internet 24 jam penuh selama 30 hari, sehingga bila dihitung biaya per harinya adalah sebesar Rp. 25.000,- dan biaya per jamnya hanya sebesar Rp. 1.041,-, diluar harga PPN dengan asumsi 1 bulan adalah 30 hari. Tarif ini tentunya sangat murah bila dibandingkan tarif Dial-Up dengan maksimum koneksi hanya sebesar 56 KB/ s.
Alternatif kedua adalah menggunakan paket Speed Time Based. Dengan pemakaian 24 jam penuh, Time Based Speedy akan memakan biaya Rp.1.500,- per jam atau Rp.36.000.- per hari. Bila Time Based Speedy digunakan selama 24 jam penuh, maka tagihan anda dalam 30 hari akan mencapai kurang lebih Rp.1.200.000,- atau hampir 2 kali lipat tagihan Unlimited Speed. Tetapi yang menjadi pertanyaan, apakah anda akan menggunakan koneksi 24 jam secara terus menerus. Apakah anda tidak tidur dan tidak pernah habis melakukan download file. Atau anda tidak capek menggunakan koneksi internet di siang hari.
Bila anda membutuhkan koneksi 24 jam nonstop tentu pilihan biaya yang paling murah adalah Unlimited dengan biaya sebesar Rp. 750.000 per bulan dikatakan koneksi internet murah. Bila anda hanya memerlukan koneksi 12 jam saja setiap hari maka pilihan bisa digunakan dengan koneksi Time Based untuk biaya yang sama, bahkan anda bisa sedikit berhemat untuk mematikan koneksi internet bila tidak diperlukan.
Biaya internet Time Base memang hanya memiliki waktu separuh dibandingkan koneksi Unlimited. Artinya bila anda dapat terus menggunakan internet nonstop sampai 16 hari maka biayanya akan sama dengan Unlimited yaitu Rp.750.000,-. Bila anda ingin berhemat menggunakan koneksi internet dengan Time Based, Anda dapat terus berinternet setiap hari maksimal 12 jam dengan biaya yang dikenakan sama seperti koneksi Unlimited.

Paket Speedy Multi Speed
Pada tanggal 1 April 2009 lalu, TELKOM meluncurkan 7 paket Speedy Multi Speed untuk memenuhi tingginya permintaan pengguna internet di Indonesia. Paket baru Speedy ini berusaha menjangkau semua segmen pengguna internet baik rumahan maupun bisnis dengan menyediakan pilihan kecepatan yang bervariasi, sehingga memudahkan pelanggan memilih paket layanan sesuai kebutuhan.

Tabel Tarif Paket Layanan Speedy
Rincian Paket Layanan Speedy Multi Speed:
1.    Paket Mail (Limited 15 Jam 1 Mbps)
Paket ini ditujukan untuk pengenalan internet atau untuk pengguna yang jarang menggunakan internet namun menginginkan koneksi yang cepat. Paket Mail didukung kecepatan hingga 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream dengan harga yang murah.
2.    Paket Chat (Limited 50 Jam 1 Mbps)
Melalui paket ini Anda dapat melakukan koneksi internet kecepatan tinggi hingga 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream dengan durasi yang lebih panjang serta dengan harga yang terjangkau.
3.    Paket Family (Semi Unlimited 384 kbps)
Dengan kecepatan 384 kbps downstream dan 96 kbps upstream tanpa batas waktu Anda dapat berselancar sepuasnya untuk browsing maupun chatting selama masih dalam batas kuota 3 GB per bulan. Ketika penggunaan kuota maksimal tercapai, kecepatan efektif akan diturunkan menjadi 128 kbps hingga akhir bulan dan akan kembali ke kecepatan semula pada awal bulan berikutnya.
4.    Paket Load (Semi Unlimited 512 kbps)
Hampir sama dengan paket family namun dengan kecepatan lebih tinggi yaitu dengan kecepatan 512 kbps downstream dan 128 kbps upstream tanpa batas waktu. Dengan paket ini Anda dapat browsing yang lebih cepat, download, maupun chatting selama masih dalam batas kuota 3 GB per bulan. Ketika penggunaan kuota maksimal tercapai, kecepatan efektif akan diturunkan menjadi 128 kbps hingga akhir bulan dan akan kembali ke kecepatan semula pada awal bulan berikutnya.
5.    Paket Game (Unlimited 1 Mbps)
Paket ini didukung dengan kecepatan downstream hingga 1 Mbps dan upstream 256 kbps, serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar. Paket Game sangat cocok untuk para profesional atau penggunaan internet yang di-share hingga ke sekitar 10 pengguna.
6.    Paket Executive (Unlimited 2 Mbps)
Paket ini memiliki kecepatan tinggi, yaitu 2 Mbps downstream dan 512 kbps upstream, serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar. Paket Executive sangat cocok untuk keperluan bisnis dan perkantoran dengan penggunaan internet yang di-share hingga ke sekitar 20 pengguna.
7.    Paket Biz (Unlimited 3 Mbps)
Dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan paket Executive, paket Biz sangat cocok untuk keperluan bisnis dan perkantoran dengan penggunaan internet yang di-share hingga ke sekitar 30 pengguna. Paket ini memiliki kecepatan 3 Mbps downstream dan 512 kbps upstream serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar.

2.2.5    Keunggulan dan Kelemahan Berlangganan Koneksi Internet ADSL TELKOMSpeedy

Akses Akhir ke Pelanggan (Last Mile) Individual
Berbeda dengan akses broadband wireless di mana akses ke pelanggan di-share dari BTS, akses ADSL bersifat individual dari modem pelanggan hingga ke node DSLAM terdekat, yang mana setiap pelanggan menduduki port sendiri yang tetap (Dedicated Port).

Akses Akhir ke Pelanggan (Last Mile) Individual

Keunggulan Paket Speedy
1.     Koneksi Dapat Dishare
Anda dapat men-share koneksi Anda, baik di rumah maupun di kantor dengan menggunakan switch maupun Wireless Access Point (WiFi hotspot).

2.      Koneksi Bebas Hambatan di Dalam Backbone Domestik
Setiap node DSLAM terhubung langsung dengan koneksi Gigabit ke jaringan Metro Ethernet Regional yang berkapasitas hingga 10 Gbps ke BRAS (Broadband Remote Access Server) yang merupakan service gateway layanan Speedy. Selanjutnya BRAS akan mengarahkan traffic dari pelanggan Speedy ke arah:
•    Gateway internasional.
•    Internet dalam negeri melalui peering dengan OpenIXP, ISP lain, maupun penyedia konten dalam dan luar negeri berskala besar.
•    Konten broadband lokal non internet.

3.      Koneksi Yang Nyaman ke Gateway Internasional
TELKOM menyediakan kapasitas gateway internasional yang sangat besar untuk digunakan secara bersama oleh pengguna Speedy dengan pengaturan tertentu tetapi masih terasa nyaman untuk berselancar menikmati berbagai konten internet di seluruh dunia.

4.      Line Internet Sekaligus Telepon
Teknologi ADSL memungkinkan penyaluran data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa. Selama koneksi internet digunakan, layanan telepon, fax, bahkan internet Dial-Up tetap dapat dilakukan seperti biasa.
5.       Broadband Content Melalui Intranet Speedy
Nikmati akses Full Broadband Full Unlimited untuk layanan konten lokal melalui koneksi intranet Speedy (non internet). Anda dapat mengakses konten web TV, game, berbagai konten multimedia, dan share file melalui koneksi khusus yang hanya bisa diakses oleh pelanggan Speedy.

Kelemahan
Terlepas dari segala kelebihan yang dimiliki Speedy, provider ini memiliki segudang kelemahan yang banyak menimbulkan kekecewaan para penggunanya di seluruh Indonesia. Penulis dalam hal ini akan menampilkan kritik dan masukan dari para pengguna Speedy yang merasa dirugikan dengan buruknya layanan koneksi internet Speedy. Oleh karenanya ada baiknya Anda juga mempunyai Alternatif untuk memilih provider yang lain.
Berikut kelemahan-kelemahan yang ditulis para pelanggan di blog-blog:
1.    Acapkali, kecepatannya tidak seperti yang dijanjikan.
2.    Struktur birokrasi TelkomSpeedy yang berlapis-lapis sehingga memperlama proses penanganan masalah pada pelanggan.
3.    Nomor layanan 147 hanya sekedar menampung keluhan saja dan meneruskannya kepada pihak terkait. Sehingga permasalahan yang sedang terjadi tidak langsung mendapatkan kepastian. Permasalahan yang terjadi lebih dari satu hari harus selalu dilaporkan ke 147 setiap harinya agar segera ditindaklanjuti.

Tulisan di atas diambil dari buku:

Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula

Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula

Judul : Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula

Penulis: Jubilee Enterprise (www.twitter.com/thinkjubilee)

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Perjalanan Malam Hari di Jalur Pantura …

Topik Irawan | | 24 July 2014 | 15:41

Berlibur Sejenak di Malaka …

G T | | 24 July 2014 | 15:51

Indonesia Bikin Kagum Negara Tetangga …

Apriliana Limbong | | 24 July 2014 | 20:51

Taman Bunga Padang Pasir …

Ferdinandus Giovann... | | 24 July 2014 | 19:07

Permohonan Maaf kepada Ahmad Dhani …

Kompasiana | | 24 July 2014 | 20:27


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: