Back to Kompasiana
Artikel

Internet

Muhammad Februriyanto

Anak Bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer selengkapnya

Solusi Sementara Untuk Blog yang Tidak Bisa Dibuka

REP | 02 November 2011 | 20:40 Dibaca: 1876   Komentar: 5   0

Our systems have detected unusual traffic from your computer network. Please try your request again later

Akhir akhir ini, teman teman pengguna layanan blogspot berteriak frustasi, mereka menemukan pesan di atas setiap kali mereka ingin mengakses blog mereka. Tidak ketinggalan teman teman saya di Blogger Banua pun turut meributkan hal ini.

Our systems have detected unusual traffic from your computer network Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Kenapa hal ini bisa terjadi ?

Sebelum anda berniat untuk mulai melakukan demo dan membakar ban bekas, kenali dulu koneksi internet yang saat ini anda gunakan. Kebanyakan koneksi internet di Indonesia mengunakan shared Public IP, artinya, hanya ada 1 (satu) IP Publik yang digunakan untuk mengakses internet secara bersama sama, hal ini mirip dengan koneksi warnet yang menggunakan 1 modem dengan 1 IP Publik untuk 25 client yang mereka layani, namun yang kita alami saat ini adalah penggunaan shared public ip dalam skala sebesar suatu negara wow.

Kenapa harus bersama sama alias shared ? Wah kalau bercerita masalah shared public IP, mungkin ujung ujungnya akan berakhir dengan cerita tentang IP v6 yang saat ini mulai digunakan oleh perusahaan perusahaan besar. Intinya IP versi 4 yang saat ini kita gunakan sudah habis terpakai, satu satunya solusi menghemat pemakaian IP yang sudah habis ini adalah dengan memperkosa memanfaatkan 1 IP Publik untuk digunakan secara beramai ramai oleh segenap masyarakat internet.

Apa Buktinya Bahwa saat ini saya sedang menggunakan IP Publik yang di Shared ?

Para penggila download pasti tau cara membuktikan hal ini, ayuk mari kita buka layanan file hosting populer semisal Megaupload. Seperti yang kita ketahui bersama, Megaupload melarang pengguna free alias gratisan untuk melakukan lebih dari 1 download paralel / secara bersamaan dari layanan mereka.

Megaupload Exceed Download Limit Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Dari bukti hasil screenshoot terbaca bahwa saat ini saya sedang melakukan download ? Padahal jelas jelas saat ini saya sedang menulis artikel ini. icon razz Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Lantas Apa Hubungannya Shared Public IP dengan Blog saya yang tidak bisa di buka dan di akses.

Mungkin untuk starting awal, anda harus ketahui bahwa Google Kini Dapat Mendeteksi Virus Komputer Pengunjungnya. Yap benar. Pesan yang muncul pada saat anda ingin mengakses blog anda adalah hasil kerja dari fitur antivirus baru milik google. Yang harus anda ketahui juga adalah, Blogspot, tempat anda ngeblog selama ini, merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh google, maka dari itu, Blogspot pun tak luput dari screening antivirus baru ini.

mari kita cermati pesan yang kita terima dari google.

Our systems have detected unusual traffic from your computer network. Please try your request again later. Why did this happen?

Sistem kami telah mendeteksi adanya lalulintas tidak wajar dari jaringan komputer anda. Silahkan anda mencoba sesaat lagi. Kenapa hal ini bisa terjadi ?
This page appears when Google automatically detects requests coming from your computer network which appear to be in violation of the Terms of Service. The block will expire shortly after those requests stop.
Halaman ini muncul ketika Google secara otomatis mendeteksi adanya permintaan yang datang dari jaringan komputer anda yang dipastikan telah melanggar persyaratan penggunaan layanan google. Blokir ini akan berakhir tidak lama setelah permintaan tersebut dihentikan.
This traffic may have been sent by malicious software, a browser plug-in, or a script that sends automated requests. If you share your network connection, ask your administrator for help — a different computer using the same IP address may be responsible. Learn more
Lalu lintas data ini mungkin saja dikirim oleh software berbahaya, plug-in browser, atau sebuah script yang mengirimkan permintaan secara otomatis. Bila anda berbagi koneksi jaringan (internet), mintalah bantuan kepada administrator jaringan (internet) anda, Mungkin saja komputer yang lain yang menggunakan Alamat IP Publik yang sama yang bertanggung jawab atas kejadian ini.
Sometimes you may see this page if you are using advanced terms that robots are known to use, or sending requests very quickly.
Kadangkala, anda akan melihat halaman ini, saat anda menggunakan perintah rumit (dalam hal ini penggunaan perintah pencarian di mesin google) yang biasanya di gunakan oleh robot, atau saat anda mengirimkan permintaan dengan sangat cepat (dalam jangka waktu tertentu).

Perintah rumit yang dimaksud adalah footprint pencarian di google yang biasanya digunakan oleh software / robot contohnya:

inurl:/register intext:”upcoming” intext:”published” intext:”submit” -inurl:.php intitle:”register”

atau perintah untuk melakukan pengecekan Page Rank sebuah halaman yang biasanya digunakan oleh browser plug-in atau toolbar browser:

http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&hl=en&ch={gchecksum}&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:{url|encode}

Wah lumayan rumit ? Oke saya permudah saja, toolbar ini biasanya digunakan oleh para pecinta SEO agar bisa secara otomatis melakukan pengecekan Page Rank, Backlink, Google Index dll. Permintaan ini dikirimkan oleh Toolbar ke google secara otomatis dalam jangka waktu yang sangat singkat. Semua hal ini bikin capek om Google.

Wah saya gak pernah pasang toolbar/ browser plug-in seperti itu bang !, kata salah seorang teman di Blogger Banua.

Nah bila anda mempunyai argumen yang sama dengan teman saya tersebut, maka bisa jadi hal ini terjadi karena penggunaan IP Publik secara bersamaan. Yap Benar !, bisa jadi komputer tetangga anda lah yang bertanggung jawab atas hal ini. Tetangga anda ini, bisa saja berada nun jauh di ujung negeri yang tercinta ini, yang kebetulan sama sama menggunakan layanan Internet Provider yang sama. Wah repot dong.

Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka / Di Akses

Untung saja ada solusi sementara untuk hal ini.

Seperti yang kita ketahui, google melakukan blokir terhadap IP Publik yang digunakan saat kita menggunakan Internet. Secara teori, ini berarti, kalau kita bisa mengganti IP Publik yang kita gunakan saat di blokir oleh google, maka kemungkinan besar kita akan terbebas dari blokir ini. Hooh mudah toh.

Bagaimana caranya ?

Ada 2 metode yang bisa kita gunakan, yang no. 1 adalah menggunakan VPN alias Virtual Private Network , namun cara ini terlalu canggih dan mahal untuk digunakan, jadi kita beralih ke solusi no.2 yaitu menggunakan proxy.

Proxy yang saya maksud disini adalah Transparant Proxy dan Anonymous Proxy. Bedanya antara transparant dan anonymous adalah, transparant proxy biasanya kita setting melalui pengaturan browser yang kita miliki, sedangkan anonymous proxy penggunaannya mirip dengan penggunaan google translate, yang secara otomatis menterjemahkan isi blog sesuai dengan bahasa yang kita inginkan. Dan untuk anda ketahui, Google Translate pun sebenarnya bertindak sebagai Anonymous Proxy !

Mari kita intip hasil pencarian google untuk kata kunci “Anonymous Proxy”

Anonymous Proxy Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Wih, ada 4,5 juta hasil pencarian “Anonymous Proxy”, mari kita gunakan salah satunya, yaitu zend2.com

URL Anonymous Proxy Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Masukkan URL Blog yang terblokir tadi dan….

Anonymous Proxy Result Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Ta-daaaa, bisa terbuka sodara sodara. huehehehe. walo kebetulan ada tambahan iklan dikit di atas, tapi yang penting bisa terbuka ha ha. Terima kasih anonymous proxy.

Sekarang, mari kita ikuti cara ke 2, yaitu menggunakan transparant proxy.

Transparant proxy bisanya berupa alamat alamat IP diikuti Nomor Port yang harus kita masukkan kedalam pengaturan network di browser yang kita gunakan.

Bila anda memperhatikan hasil pencarian google yang kita lakukan sebelumnya, disitu juga ditemukan hasil pencarian transparant proxy “Fresh Proxy List. Indonesia Proxy”.

Memang agak membingungkan, sebenarnya 2 istilah ini berbeda, namun seringkali orang mencampur aduk, bolak balik dan banting banting, sehingga keduanya becampur menjadi satu adonan yang bernama Proxy. hehe.

Oke gak masalah, mari kita lanjut. Kita buka saja hasil pencarian ini yang berujung ke alamat: http://nntime.com/proxy-country/Indonesia-01.htm

Fresh Proxy List Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Wah ternyata Indonesia punya banyak transparant/anonymous proxy. Kalau ada yang dekat, ngapain musti jauh jauh. hehe.

Yang jelas, semakin dekat lokasi proxy yang kita gunakan, semakin cepat koneksi internet yang bisa kita dapatkan. Sebab, sekencang apapun koneksi internet yang anda gunakan, kalau proxy yang kita gunakan sedang lelet atau terlalu jauh, maka selelet itulah koneksi internet yang akan kita peroleh.

Mari kita lakukan setting transparant proxy. Sebagai catatan, saat ini ip publik yang saya gunakan menurut www.ipgue.com adalah sebagai berikut:

Cek Publik IP Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Saya akan ambil salah satu IP transparant Proxy yaitu: 180.246.26.126 dengan port 8080.

Saat ini saya menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser internet andalan saya, dan cara memasukkan IP transparant proxy di Mozilla Firefox adalah sebagai berikut:

Mozilla -> Tools -> Options -> Advanced -> Network -> Settings – > Manual Proxy Configurations – > HTTP Proxy: 180.246.26.126 dan Port: 8080

Setting Proxy di Mozilla Firefox Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Mari Langsung kita cek hasilnya menggunakan www.ipgue.com:

IP Gue Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected !

Viola, berhasil !!! Kalau belum berhasil gampang koq, tinggal ganti dengan ip transparant proxy yang lain, karena bisa jadi ip transparant proxy yang saya gunakan saat ini akan mati atau di tutup oleh admin pemilik IP di kemudian hari.

Wih. sudah lebih dari 1396 kalimat dan 12 jam dihabiskan untuk menulis artikel ini (8 jam ketiduran hee). Mungkin ada kalimat yang lepas atau kurang jelas dll (males ngedit). Kalau kurang jelas, silahkan berkomentar dan bertanya yaa, kalau seandainya ada kesalahan, mohon di kritik. Terima kasih.

Semoga masalah blog anda yang terblokir dan tidak bisa di akses sebelumnya bisa teratasi dengan solusi yang saya berikan. Kalau seandainya blog anda masih tidak bisa di akses mungkin saja komputer anda yang benar terinfeksi virus. ada baiknya juga anda melengkapi komputer anda dengan antivirus yang sakti mandraguna icon razz Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka   Unusual Traffic Detected ! yang memiliki filter network dan firewall.

Catatan: Ini hanya solusi sementara, sedangkan solusi menyeluruh mungkin harus melibatkan pihak provider dan pelanggan provider untuk mengurangi/menghilangkan penggunaan tools/program/virus yang menyebabkan pelanggaran TOS Google ini terjadi. Demi kenyamanan bersama, apapun harus kita lakukan hehe.

Tulisan saya ambil dari blog pribadi saya, satu hati dua jiwa artikel: Solusi Blog Tidak Bisa Dibuka – Unusual Traffic Detected !

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Di Kabupaten Ini, Seluruh Desanya Wajib …

Khairunnas Djabo | | 01 August 2014 | 15:34

Peran Kita untuk Menghindari Jebakan Negara …

Apung Sumengkar | | 01 August 2014 | 15:26

Empat Cincin Jantungnya Masuk Lewat Pembuluh …

Posma Siahaan | | 01 August 2014 | 13:46

Gua-gua Bekas Penggalian Batu Kapur di Desa …

Mas Ukik | | 01 August 2014 | 15:11

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Info Hoax Umar Abuh Masih Disebarkan …

Gatot Swandito | 5 jam lalu

ANTV Segeralah Ganti Nama Menjadi TV India …

Sahroha Lumbanraja | 9 jam lalu

Kader PKS, Mari Belajar Bersama.. …

Sigit Kamseno | 11 jam lalu

Kalah Tanpo Wirang, Menang Tanpo Ngasorake …

Putra Rifandi | 12 jam lalu

Macet di Jakarta Gubernur Disalahkan, …

Amirsyah | 12 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: