Back to Kompasiana
Artikel

Internet

Dhea Nadya

hidup adalah proses,proses belajar..aku dan kalian terjebak didalamnya..

Penipuan Lewat Email

REP | 22 May 2012 | 17:11 Dibaca: 805   Komentar: 3   1

Semakin meluasnya penggunaan internet untuk berbagai keperluan seperti edukasi, informasi , dan bisnis. Kenyataannya tidak sepenuhnya memberi keuntungan dan berlaku jujur dalam penggunaan akun pribadi. Baik itu berkedok edukasi, informasi dan lain-lain tetap saja lah mengarah pada satu tujuan akhir yang paling disukai yakni “bisnis” dengan out put “royalti”.

Via internet memberi kemudahan bagi pelaku bisnis menyebarluaskan informasi barang atau pun jasa yang diperjual-belikan dan ini juga disambut baik bagi pengguna internet yang dianggap sebagai kemudahan dan sebagai bentuk modernisasi, namun tidak semua proses ini berlaku jujur, masih ada juga pengguna internet yang menggunakan akun untuk penipuan dan parahnya lagi karena ini melakukan penipuan lewat email..

Hari ini saya membuka email saya dan saya menemukan email di spam seperti ini:

From Mr. Abdel Malik,

Bill and Exchange Manager,

Bank of Africa- (B.O.A)

Ouagadougou, Burkina Faso.

VERY CONFIDENTIAL.

Dear Friend,

I must say sorry for interfering into your privacy without seeking for permission. It’s because of urgency of this matter. Firstly, I am the Manager of Bill and Exchange at the Foreign Remittance Department of Bank of Africa (BOA); in my department I discovered an abandoned sum of $15.5m USA Dollars (Fifteen Million Five Hundred Thousand US dollars). In an account that belongs to one of our foreign customer who died along with his entire family in 6th December 2003 in a plane crash.

Since we got the information about his death, we have been expecting his next of kin to come over and claim his money because we cannot release it unless somebody applies for as next of kin or relation to the deceased as indicated in our banking guidelines but unfortunately we learnt that all his supposed next of kin or relation died alongside with him at the plane crash leaving nobody behind for the claim.

It is therefore upon this discovery that I now decided to make this business proposal to you and release the money to you as the next of kin or Business partner to the deceased for safety and subsequent disbursement since nobody is coming for it and I don’t want this money to go into the Bank treasury as unclaimed Bill.

In our Banking law and guideline here stipulates that if such money remained unclaimed after Nine years an above, the money will be transferred into the Bank treasury as unclaimed fund. The request of foreigner as next of kin in this business is occasioned by the fact that the customer was a foreigner and a Real Burkina Person cannot stand as next of kin to a foreigner. I agree that 40 % of this money will be for you as foreign partner, in respect to the provision of a foreign account While 5 % will be set aside for any expenses incurred during the business and 55 % would be for me.

Upon receipt of your reply, I will give you full details on how the business will be executed, and I will not fail to bring to your notice that this transaction is hitch free and that you should no entertain any atom of fear as all required arrangements have been made for the transfer.

You should contact me immediately as soon as you receive this letter.

I am urgently waiting to hear from you.

Yours faithfully,

Mr. Abdel Malik.

Artinya:

Dari Mr Abdel Malik,
Bill dan Manajer Exchange,
Bank of Afrika-(B.O.A)
Ouagadougou, Burkina Faso.

SANGAT RAHASIA.
Dear Friend,

Saya harus mengatakan maaf karena ikut campur ke dalam privasi Anda tanpa mencari izin. Itu karena urgensi dari masalah ini. Pertama, Aku Manajer Bill and Exchange di Departemen Luar Negeri Remittance Bank Afrika (BOA); di departemen saya, saya menemukan sebuah jumlah ditinggalkan $ 15.5m USA Dolar (Lima belas Juta Lima Ratus Ribu dolar AS). Dalam account milik salah satu pelanggan asing kami yang meninggal bersama dengan seluruh keluarganya di 6 Desember, 2003 dalam kecelakaan pesawat.

Sejak kami mendapat informasi tentang kematiannya, telah kita mengharapkan keluarga terdekat untuk datang dan mengklaim uang karena kita tidak bisa melepaskannya kecuali seseorang berlaku untuk sebagai keluarga terdekat atau sehubungan dengan almarhum seperti yang ditunjukkan dalam pedoman perbankan tapi sayangnya kami mengetahui bahwa semua itu seharusnya keluarga terdekat atau hubungan meninggal bersama dengan dia pada kecelakaan pesawat meninggalkan seorang pun di belakang untuk klaim.

Oleh karena itu setelah diketahui ini bahwa saya sekarang memutuskan untuk membuat proposal bisnis untuk Anda dan melepaskan uang untuk Anda sebagai keluarga terdekat atau Bisnis mitra untuk almarhum untuk keamanan dan pencairan berikutnya karena tidak ada orang yang datang untuk itu dan saya tidak ingin uang ini untuk masuk ke kas Bank sebagai Bill tidak diklaim.

Dalam hukum Perbankan dan pedoman di sini menyatakan bahwa jika uang tersebut masih tidak diambil setelah Sembilan tahun yang di atas, uang akan ditransfer ke kas Bank sebagai dana yang tidak diklaim. Permintaan orang asing sebagai keluarga terdekat dalam bisnis ini disebabkan oleh kenyataan bahwa pelanggan adalah orang asing dan Orang Burkina Estat tidak dapat berdiri sebagai keluarga terdekat untuk asing. Saya setuju bahwa 40% dari uang ini akan untuk Anda sebagai mitra asing, dalam hal penyediaan account asing Sementara 5% akan disisihkan untuk biaya-biaya yang timbul selama bisnis dan 55% akan menjadi bagi saya.

Setelah menerima balasan Anda, saya akan memberikan rincian lengkap tentang bagaimana bisnis akan dijalankan, dan aku tidak akan gagal untuk membawa ke pemberitahuan Anda bahwa transaksi ini adalah hitch gratis dan bahwa Anda tidak harus menghibur setiap atom rasa takut karena semua pengaturan yang diperlukan telah dibuat untuk transfer.

Anda harus segera menghubungi saya segera setelah Anda menerima surat ini.

Saya sangat menunggu untuk mendengar dari Anda.

Hormat saya,
Mr Abdel Malik.

(Alamat e-mail : til_Ian043@msn.com)

Respon normal saat pertama membaca email seperti ini pastinyalah terkejut, tetapi setelah saya membaca dan mengartikan saya berkesimpulan bahwa ini adalah penipuan. Kemudian saya membuka Google dan megetik penipuan lewat email, hal serupa juga dialamai oleh beberapa orang dan itu pada tahun 2009.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Indonesia 0 – 4 Filipina : #BekukanPSSI …

Angreni Efendi | | 26 November 2014 | 00:33

Bom Nuklir Ekonomi Indonesia …

Azis Nizar | | 26 November 2014 | 04:44

Nangkring bareng Litbang Kementerian …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 19:25

Festival Foto Kenangan Kompasianival 2014 …

Rahab Ganendra 2 | | 26 November 2014 | 04:01

Ikuti Lomba Resensi Buku “Revolusi …

Kompasiana | | 08 November 2014 | 15:08


TRENDING ARTICLES

Kisruh Golkar, Perjuangan KMP Menjaga …

Palti Hutabarat | 5 jam lalu

Golkar Lengserkan Aburizal Bakrie, Babak …

Imam Kodri | 6 jam lalu

5 Kenampakan Aneh Saat Jokowi Sudah …

Zai Lendra | 10 jam lalu

Timnas Indonesia Bahkan Tidak Lebih Baik …

Kevinalegion | 11 jam lalu

Suami Bergaji Besar, Masih Perlukah Istri …

Cucum Suminar | 13 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: