Back to Kompasiana
Artikel

Internet

Reyez Kacaw

humble, friendly, tukang molor, tukang siomay, tukang bakso,.... lho lho lho?? wkwkwkwk.. :P

[Kamus Beberapa Istilah Dunia Informatika]

REP | 12 June 2012 | 03:15 Dibaca: 1475   Komentar: 2   0

13394289421140466457

Berikut ini beberapa istilah dalam dunia informatika yang mungkin perlu diketahui.

Tulisan ini saya copas mentah-mentah dari sebuah blog milik teman saya, hehehe.. #Peace

oke, silahkan disimak

Mailing List. Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

Maximum Transmission Unit Maximum Transmission Unit disingkat MTU adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang merujuk kepada ukuran paket data terbesar yang dapat ditransmisikan melalui sebuah media jaringan.

Ukuran MTU adalah bervariasi, tergantung teknologi jaringan yang digunakan. Contohnya adalah dalam jaringan berbasis teknologi Ethernet, ukuran MTU maksimum adalah 1500 bita. Adalah tugas lapisan data-link yang harus menentukan ukuran MTU. Ketika paket-paket ditransmisikan melalui jaringan, Path MTU (PMTU), merepresentasikan ukuran paket terkecil di antara semua jaringan yang terlibat dalam jaringan yang sama.

MD5

Dalam kriptografi, MD5 (Message-Digest algortihm 5) ialah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. Pada standart Internet (RFC 1321), MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunkan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file.

MD5 di desain oleh Ronald Rivest pada tahun 1991 untuk menggantikan hash function sebelumnya, MD4. Pada tahun 1996, sebuah kecacatan ditemukan dalam desainnya, walau bukan kelemahan fatal, pengguna kriptografi mulai menganjurkan menggunakan algoritma lain, seperti SHA-1 (klaim terbaru menyatakan bahwa SHA-1 juga cacat). Pada tahun 2004, kecacatan-kecacatan yang lebih serius ditemukan menyebabkan penggunaan algoritma tersebut dalam tujuan untuk keamanan jadi makin dipertanyakan.

Meta Tag Tag spesifik dari HTML yang berisi informasi yang tidak ditampilkan kepada pengguna. Meta tag biasanya terdiri dari keyword, description, revisited, dll. Meta tag khususnya digunakan untuk memudahkan Search Engine mangkategorikan suatu halaman web.

MIME - Multi Purpose Internet Mail Exten    MIME - Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.

Mirror Merupakan salinan dari suatu website yang digunakan untuk keperluan kecepatan akses file dari lokasi-lokasi terdekat.

Miva Miva dikenal sebagai script HTML, diproduksi oleh Miva Corporation. Miva memungkinkan pembangunan website dinamis secara cepat dengan mengintegrasikan script, database, dan fitur Commerce.

Modem - MOdulator, DEModulator    Perangkat yang menghubungkan komputer dengan saluran telepon. Modem memungkinkan suatu komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan sistem telepon.

Mosaic Merupakan bowser web pertama yang disediakan untuk Macintosh, Windows,dan UNIX dengan interface yang sama. Mosaic merupakan pendongkrak kepopuleran web. Source-code dari Mosaic dilisensikan oleh beberapa perusahaan untuk membuat browser-browser yang lain. Mosaic dikembangkan di National Center for Supercomputing Applications (NCSA), di Univeristy of Urbana-Champange di Illinois, USA. Versi pertama dirilis pada akhir tahun 1993.

MPLS - Multiprotocol Label Switching    Adalah teknologi untuk mem-forward paket pada jaringan backbone kecepatan tinggi. Sebelumnya, paket-paket diteruskan dengan protokol routing seperti OSPF, BGP, atau EGP. Protokol routing berada pada layer 3 sistem OSI, sedangkan MPLS berada di antara layer 2 dan 3.

Prinsip kerja MPLS ialah menggabungkan kecepatan switching pada layer 2 dengan kemampuan routing dan skalabilitas pada layer 3. Cara kerjanya adalah dengan menyelipkan label di antara header layer 2 dan 3 pada paket yang diteruskan. Label dihasilkan oleh Label-Switching Router dimana bertindak sebagai penghubung jaringan MPLS dengan jaringan luar. Label berisi informasi tujuan node selanjutnya kemana paket harus dikirim. kemudian paket diteruskan ke node berikutnya, di node ini label paket akan dilepas dan diberi label yang baru yang berisi tujuan berikutnya. Paket-paket diteruskan dalam path yang disebut LSP (Label Switching Path)

MTA - Mail Transport Agent    MTA - Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).

MUA

Multicast    Adalah sebuah teknik di mana sebuah data dikirimkan melalui jaringan ke sekumpulan komputer yang tergabung ke dalam sebuah grup tertentu, yang disebut sebagai multicast group.

Multicasting merupakan sebuah cara pentransmisian data secara connectionless (komunikasi dapat terjadi tanpa adanya negosiasi pembuatan koneksi), dan klien dapat menerima transmisi multicast dengan mencari di mana lokasinya, seperti halnya ketika kita membuka sebuah stasiun radio untuk mendengarkan siaran radio. Multicast sebenarnya merupakan mekanisme komunikasi one-to-many, atau point-to-multipoint, dan berbeda dengan cara transmisi unicast.

MySQL Jenis database yang sering digunakan bersama PHP untuk menyediakan cara pengaksesan data melalui halaman web. Merupakan program database open-source yang paling populer saat ini.

Netiquette Etiket dalam menggunakan Internet.

Netizen Istilah gaul untuk pengguna Internet. Asal kata, Net: Internet dan Citizen: Warga.

Network

Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.

NIC - Network Information Center    Secara umum, beberapa kantor yang menangani informasi-informasi suatu jaringan. Contoh yang paling terkenal adalah InteNIC, pusat pendaftaran nama domain. Juga berarti “Network Interface card”, yang menghubungkan card dengan kabel jaringan

NNTP - Network News Transfer Protocol    NNTP - Network News Transfer Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119.

NNTP - Network News Transport Protocol    Protokol yang digunakan oleh software pada client dan server untuk membawa USENET  dikirim, dikembalikan, dst pada sebuah jaringan TCP/IP.

Node Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.

OSI - Open System Interconnection

Open Systems Interconnection (disingkat OSI) adalah suatu upaya standardisasi jaringan komputer yang dimulai pada tahun 1982 oleh International Organization for Standardization (ISO) bersama Internationa Telecommunication Union Telecommunication Standardization Sector (ITU-T).

Sebelum OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

Model OSI adalah salah satu kemajuan konsep yang paling penting dalam jaringan komputer. Model ini membuat suatu ide model standar untuk lapisan protokol (protocol layers), dan mendefinisikan interoperatibilitas antara perangkat jaringan dan perangkat lunak.

OSI Model

Model OSI adalah suatu dekripsi abstrak mengenai desain lapisan-lapisan komunikasi dan protokol jaringan komputer yang dikembangkan sebagai bagian dari inisiatif Open Systems Interconnection (OSI). Model ini disebut juga dengan model “Tujuh lapisan OSI” (OSI seven layer model).

Ketujuh lapisan dalam model ini adalah:

1. Lapisan fisik (physical layer)

2. Lapisan koneksi data (data link layer)

3. Lapisan jaringan (network layer)

4. Lapisan transpor (transport layer)

5. Lapisan sesi (session layer)

6. Lapisan presentasi (presentation layer)

7. Lapisan aplikasi (application layer)

Overclock Overclock adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya peripheral computer yang dioveclock. Overclock biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk “memaksa” periferal komputer bekerja diatas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer.

Packet Switching Packet Switching. Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router.

Password Suatu kode yang digunakan untuk mengakses sistem yang terkunci.

PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras.

Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.

PDF - Portable Document Format    Suatu format file yang didesain agar dokumen dapat dilihat dan dicetak sekaligus formasi dokumennya (bentuk huruf, gambar, layout, dll.) ditampilkan sama sebagaimana sistem operasi yang digunakan menampilkannya, sehingga dokumen PDF memiliki tampilan yang sama pada Windows, Macintosh, Linux, OS/2, dll. Format PDF pada dasarnya merupakan penggunaan luas dari bahasa Postcript document-description. PDF and Postscript dikembangkan oleh Adobe Corporation.

PERL Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh.

Pertamax (internet) Pertamax adalah sebuah istilah internet slang yang beredar di komunitas internet Indonesia, semacam di forum internet atau di sebuah komunitas blog. Istilah ini biasanya digunakan ketika ada seorang pembalas topik yang berhasil menulis sebagai komentator pertama di suatu tulisan tanpa membaca atau memahami tulisan tersebut terlebih dahulu.

PGP adalah singkatan dari Pretty Good Privacy, dan merupakan program komputer yang sering dipakai dalam proses kriptografi dan autentikasi pengiriman data komputer.

PGP pertama diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Philip Zimmermann untuk menyandikan data dalam pengiriman surat elektronik. Dalam proses penyandian data ini, PGP mengikuti standar RFC 4880.

Ping Untuk memeriksa suatu server bekerja, dengan cara mengirimkan beberapa byte data dan menerima pantulannya., jika pantulan diterima berarti komputer tujuan memberi respon, dan menunjukkan bahwa komputer tujuan sedang beroperasi.

Plug-in Suatu bagian kecil software yang menambahkan fitur pada bagian software yang lebih besar.

PNG - Portable Network Graphics    PNG merupakan format grafis yang secara khusus didesain untuk penggunaan di World Wide Web. PNG memungkinkan kompresi gambar tanpa kehilangan kualitas gambar, termasuk gambar-gambar beresolusi tinggi. Fitur penting lainnya dari format PNG adalah bahwa semua orang dapat membuat software yang bekerja dengan gambar PNG tanpa membayar biaya.

Podcasting Podcasting ialah salah satu metode untuk mempublikasikan file-file suara di internet, dan mengijinkan user untuk berlangganan dan memperoleh file audio terbaru secara otomatis.

Podcasting jelas berbeda dibandingkan pelayanan yang serupa dikarenakan podcasting menggunakan protokol RSS. Teknologi ini membuat banyak produser untuk mempublikasikan sendiri hasil karyanya. User berlangganan podcast menggunakan aplikasi “podcatching” (disebut juga aplikasi “aggregator”) yang secara periodik memantau perubahan dan mengambil isi yang baru. Aplikasi tersebut dapat memadukan isi dengan yang dimiliki oleh user. Podcasting tidak memerlukan iPod, bagaimanapun juga sebuah komputer dengan perangkat lunak yang sesuai, dapat menggunakan podcast.

Point of Presence (PoP) adalah semacam stasiun relay atau repeater untuk memperluas jangkauan suatu ISP, dengan menambah titik akses di daerah tertentu. sebagi contoh: di daerah X terdapat satu stasiun titik akses untuk melayani semua pelanggan. karena permintaan pelanggan baru terus bermunculan, kemudian ISP tersebut berencana membangun satu lagi titik akses di lokasi lain. Titik akses ini disebut dengan POP berfungsi untuk meneruskan layanan ISP ke pelanggan yang letaknya lebih jauh, namun masih dengan sistem pencatatan atau administrasi yang terpusat pada titik akses utama ISP tersebut.

Polar Rose adalah sebuah produk teknologi search engine (mesin pencari) di dunia maya untuk mencari informasi dan mengenali seseorang melalui sebuah foto. Polar Rose membuat foto mudah dicari dengan menganalisa isinya dan mengenali siapa saja orang dalam foto tersebut. Polar Rose membangun database orang-orang yang telah teridentifikasi dengan cara mengumpulkan input dari para penggunanya. Jika informasi mengenai foto tersebut tidak terdapat dalam database, maka Polar Rose akan meminta inputatau menanyakan apakah pengguna mengenali foto tersebut.

POP - Post Office Protocol    POP - Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

POP3

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol ini sangat erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke komputer server dari penerima. Kemudian penerima mengambil surat elektronik yang dikirim dari server dengan menggunakan protokol ini. Protokol ini dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

Protokol ini dispesifikasikan pada RFC 1939.

Portal

Biasanya sebuah “Situs Portal” mempunyai katalog situs web, sebuah mesin pencari, atau kedua-duanya. Sebuah situs portal mungkin juga menawarkan layanan email dan layanan lainnya untuk ‘menggoda” orang untuk menggunakan situs mereka sebagai “titik masuk utama” (portal) menuju web.

Portal Web    Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam peran

Posting

Pesan tunggal yang masuk ke sistem jaringan komunikasi.

PPP PPP - Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.

Pranala pautan atau link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Protocol

Protocol. Dalam dunia internet, istilah “protokol” biasanya merujuk pada seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol IMAP mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien.

Proxy Server

Server Proxy berada di antara klien dan server “asli” yang akan digunakan oleh klien. Klien membuat permintaannya di Proxy, yang kemudian akan membuat permintaan di server “asli” dan menyalurkan hasilnya ke klien. Kadang, Proxy akan menyimpan hasilnya dan memberikan hasilnya ke klien daripada membuat permintaan baru ke server “asli” (untuk mengurangi penggunaan jaringan). Server Proxy biasa ada di LAN.

PSTN - Public Switched Telephone Network    PSTN - Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.

PTR Record PTR record atau catatan penunjuk memetakan sebuah nama host ke nama kanonik untuk host tersebut. Pembuatan rekod PTR untuk sebuah nama host di dalam domain in-addr.arpa yang mewakili sebuah alamat IP menerapkan pencarian balik DNS (reverse DNS lookup) untuk alamat tersebut. Contohnya (saat penulisan / penerjemahan artikel ini), www.icann.net memiliki alamat IP 192.0.34.164, tetapi sebuah rekod PTR memetakan ,,164.34.0.192.in-addr.arpa ke nama kanoniknya: referrals.icann.org.

RADIUS - Remote Authentication Dial-In User Service adalah sebuah protokol keamanan komputer yang digunakan untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan pendaftaran akun pengguna secara terpusat untuk mengakses jaringan.

RADIUS didefinisikan di dalam RFC 2865 dan RFC 2866, yang pada awalnya digunakan untuk melakukan autentikasi terhadap akses jaringan secara jarak jauh dengan menggunakan koneksi dial-up. RADIUS, kini telah diimplementasikan untuk melakukan autentikasi terhadap akses jaringan secara jarak jauh dengan menggunakan koneksi selain dial-up, seperti halnya Virtual Private Networking (VPN), access point nirkabel, switch Ethernet, dan perangkat lainnya.

RDF - Resource Definition Framework

Sekumpulan cara (daftar bahasa) untuk membuat deskripsi atas suatu informasi, terutama informasi yang tersedia di World Wide Web. RDF dapat digunakan untuk mendeskripsikan koleksi buku-buku, artis, atau koleksi halaman web dalam format data RSS yang menggunakan RDF untuk membuat ringkasan website.

RDF juga digunakan pada aplikasi-aplikasi XPFE untuk menjelaskan hubungan antara koleksi yang berbeda dari suatu elemen. misalnya:  RDF dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara data dalam sebuah database dan cara data tersebut ditampilkan kepada pengguna.

RFC - Request For Comments    RFC - Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk menciptakan sebuah standar dalam internet. Sebuah standar baru diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, misalnya standar format untuk email adalah RFC 822.

Route aggregation Route aggregation atau juga di kenal dengan sebutan supernetting atau route summarization. Merupakan penggabungan dari beberapa jaringan yang lebih kecil untuk di satukan menjadi satu jaringan yang kemudian di advertise ke internet untuk mengurangi jumlah baris ip network di global routing table. Sebagai contoh, NAP menerima beberapa prefix dari ISP A dan ISP B. Misal isp A ‘[advertise]‘ beberapa prefix 192.168.0.0/23 dan isp B advertise 192.168.2.0/23. Maka NAP bisa mengabungkan kedua [prefix] tersebut menjadi satu 192.168.0.0/22. Sehingga mengurangi jumlah baris network yang di advertise ke luar.

Router Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan.

RSA

Dibidang kriptografi, RSA adalah sebuah algoritma pada enkripsi public key. RSA merupakan algoritma pertama yang cocok untuk digital signature seperti halnya ekripsi, dan salah satu yang paling maju dalam bidang kriptografi public key. RSA masih digunakan secara luas dalam protokol electronic commerce, dan dipercaya dalam mengamnkan dengan menggunakan kunci yang cukup panjang.

RSS

RSS - Rich Site Summary atau RDF Site Summary atau Real Simple Syndication. Protokol yang biasa digunakan untuk sharing isi web, awalnya dikembangkan untuk artikel berita, saat ini banyak digunakan untuk sharing isi blog.

Scalable Vector Graphics Scalable Vector Graphics (SVG) merupakan format gambar yang umumnya digunakan pada gambar vektor. Keunggulan gambar berformat SVG adalah tampilannya yang tetap rapi sekalipun dia diperbesar.

Format gambar SVG mulai diterapkan pada browser web seperti Opera dan Firefox. Gambar vektor diperkirakan akan menjadi format yang cukup banyak digunakan di beberapa tahun mendatang.

SDSL - Symmetric Digital Subscriber Line    SDSL - Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).

Search Engine Search Engine Suatu sistem (biasanya berbasis web) untuk mencari informasi yang tersedia di web. Search Engine meng-index halaman-halaman web dan merekam sebagian/ keseluruhan isi halaman web dalam databasenya, sehingga berbagai jenis informasi dapat dite

Search Engine - Mesin Pencari

Search Engine - Mesin Pencari. Sebuah sistem (biasanya berbasis pada web) yang digunakan untuk mencari informasi yang ada pada web.

Security Certificate

Security Certificate. Sebuah informasi (sering disimpan dalam file teks) yang digunakan oleh protokol SSL untuk menjalankan koneksi yang aman.

Sebenarnya masih buanyaak lagi istilah-istilah yang belu dicantumkan disini. Lain kali aja deh ya. :P

Demikian, semoga bermanfaat

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bergembira Bersama Anak-anak Suku Bajo …

Akhmad Sujadi | | 17 September 2014 | 05:23

Nangkring dan Test Ride Bareng Yamaha R25, …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 06:48

Jokowi Menghapus Kemenag atau Mengubah …

Ilyani Sudardjat | | 17 September 2014 | 13:53

Menempatkan Sagu Tidak Hanya sebagai Makanan …

Evha Uaga | | 16 September 2014 | 19:53

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam …

Hendra Makgawinata | | 17 September 2014 | 19:50



HIGHLIGHT

[Fiksi Fantasi] Pelangi Iris …

Putri Kodok | 8 jam lalu

Kodim 1708/BN Akan Bangun 20 Unit Rumah …

David Solossa | 8 jam lalu

Daftar Nama-nama Pahlawan Indonesia Tahun …

Seneng Utami | 8 jam lalu

Perfilman Indonesia = Media …

Christian Kelvianto | 8 jam lalu

AKRAB Bersama BRI …

Muhamad Adib | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: