ARTIKEL

WeChat dan Pertemanan Maya yang Positif

13534913671184210209

WeChat sarana bincang maya yang lengkap dan unik.

Kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orang lain adalah keniscayaan, baik secara langsung maupun di dunia maya. Pada zaman orang-orang mulai disibukkan dengan pekerjaan dan pertemuan tatap muka semakin sulit dilakukan karena keterbatasan waktu dan jarak, kita membutuhkan sarana yang mudah, cepat dan hemat atau kalau bisa gratis. Telepon dan SMS saat ini sudah hampir jadi masa lalu karena biayanya, walaupun saat ini semakin murah, tetap saja dianggap berat. Oleh karena itu, chat client dan fitur messenger disematkan dalam berbagai media sosial yang kini telah berkembang sangat pesat sebagai sarana bersosialisasi.

Di tengah banyaknya sarana percakapan maya tersebut, fitur dan kelengkapannya menjadi ajang persaingan yang ketat bagi pengembang aplikasi, termasuk ketersediaannya dalam berbagai platform telepon cerdas (smartphone). Saat ini telepon cerdas sudah jadi perangkat komunikasi sehari-hari dengan menjulangnya penjualan iPhone dan telepon genggam berbasis Android di seluruh dunia. Di antara banyaknya chat client dan messenger, WeChat memiliki fitur yang sangat lengkap.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent di China ini berusaha memenuhi keinginan banyak pengguna sarana chatting. Aplikasi ini juga telah mendukung platform-platform utama telepon genggam seperti iPhone, Android, Windows Phone, dan Symbian. Selain fitur standar seperti bertukar pesan dan kirim file atau lokasi, WeChat memiliki fitur lain seperti Video Call, Voice Chat yang dilengkapi dengan Emoticon yang unik. Tidak hanya itu, WeChat juga bisa menjadi media sosial dengan adanya fitur Moments tempat kita berbagi cerita sepanjang kehidupan kita dengan teman-teman, termasuk mengunggah foto-foto yang semakin mempertegas suasana kenangan.

13534915391652194428

Drift Bottle, fitur unik dari WeChat

Uniknya lagi, kita bisa mencari teman dengan berbagai cara sehingga kita tidak bakal “kesepian” mencari teman ngobrol atau memperluas jaringan, bahkan mungkin mencari pasangan idaman. Di WeChat ada fitur Look Around, Shake, dan Drift Bottle yang semuanya bisa kita manfaatkan untuk mencari teman baru. Look Around akan menampilkan pengguna WeChat yang berada dalam wilayah jangkauan kita. Lalu dengan Shake kita bisa menggoyang ponsel kita, misalnya iPhone” untuk bertemu dengan pengguna WeChat lain yang juga melakukan goyangan ponsel. Drift Bottle layaknya kita melempar pesan dalam botol ke lautan yang mungkin akan ditemukan oleh orang lain. Betul-betul cara unik dan menyenangkan untuk mencari teman. WeChat juga telah mendukung penggunaan berbagai bahasa: Inggris, China, Indonesia, Thai, Vitenam, Portugis dan Rusia. Hingga Maret 2012 lalu pengguna WeChat sudah berkembang hingga 100 juta orang, angka yang cukup memukau bagi aplikasi yang baru diluncurkan pada Januari 2011.

Seperti halnya berteman dalam dunia nyata, pertemanan dalam dunia maya pun memiliki berbagai risiko positif dan negatif yang datangnya bisa bersamaan. Oleh karena itu, filter diri harus selalu dipasang agar tidak terjebak dalam hal-hal yang tidak menguntungkan atau menjadi korban penipuan dan semacamnya. Niat baik untuk memanfaatkan teknologi demi peningkatan kualitas hidup dengan jaringan pertemanan yang sehat niscaya akan mengantarkan kita pada tahapan kualitas diri yang lebih baik pula. WeChat sebagai sarana penambah dan perluasan jaringan teman layak menjadi pilihan.

Link untuk mengunduh WeChat: http://hk.qq.com/r/288

21 November 2012 16:58 | 2 notes | SUKA
358
2<
Tulis Tanggapan Anda
Guest User