Back to Kompasiana
Artikel

Internet

Valentino

Hanya Seorang Pemimpi

Cara ‘Ngintip’ Status Pacar di FB Setiap Saat melalui SMS

OPINI | 04 January 2013 | 05:49 Dibaca: 9004   Komentar: 0   11

1357252559296577731

Ilustrasi (digitalorganics.com.au)

Nah kan, pada pengen ngintip? Ketahuan hehehe. Bukan saja pacar, bisa juga suami atau istri, atau teman dekat. Pokoknya siapa aja, tidak dikenakan biaya sepeser pun selama menerima sms dari  Facebook , kecuali  anda reply sms yang masuk. Untuk kasus ini, anda cukup memantau saja bukan? Jadi tidak perlu kuatir biayanya.  Mau tau caranya?

Tapi tunggu dulu, mengapa harus lewat SMS, kalau memang udah punya smartphone? Bener juga, notifikasi Facebook melalui smartphone atau email merupakan salah satu cara untuk ‘ngintip’ aktivitas kegiatan ‘close friend‘ atau teman lain yang terhubung. Tapi.., biasanya notifikasi tersebut bercampur dengan notifikasi lain yang mungkin tidak kita inginkan, misalnya ketika seseorang menandai kita (tagging) atau menyebutkan (mentions), kedua notifikasi ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Apalagi kalau bercampur dengan jenis notifikasi yang  lain, pasti frekuensi untuk ‘mengintip’  notifikasi sangat jarang dilakukan. Bagi mereka yang gaul dan nekat mengatur ‘alert‘ notifikasi facebok dengan ring-tone atau vibrations pasti akan terganggu, apalagi ketika smartphone selalu ditaruh dibawah bantal disaat tidur. Bisa dibayangkan bukan?

Nah, jadi mengapa pilihannya lewat SMS, karena biasanya SMS menjadi lebih penting  dan menjadi perhatian anda dibandingkan notifikasi lain yang berasal dari media sosial atau messenger lain yang dipasang di smartphone.

Hanya saja, untuk memulai penganturan ini, orang yang ingin kita ‘ngintip’ statusnya harus terhubung atau menjadi teman kita di Facebook.  Logis bukan?

Kenapa lagi? Mau nanya manfaatnya? Wah, saya kembalikan ke masing-masing orang. Yang pasti, tulisan ini untuk menjawab salah satu pertanyaan orang tua tentang bagaimana caranya memantau status anaknya di Facebook setiap saat. Bagi yang ingin memanfaatkanya untuk tujuan khusus terhadap teman khusus, silahkan saja. Tapi ingat ya, jangan jadi ‘pengutit’ yang membuat orang lain resah atau dengan tujuan yang kurang terpuji. Ngintip diam-diam boleh saja, tanpa harus menganggu atau membuat masalah di kemudian  hari.

O ya, buat yang lagi cemburu buta dan patah hati, hati-hati menggunakan cara ini. So.., resikonya ditanggung sendiri ya.

Ok, kalo udah paham. Mari ikuti cara berikut

13572521421410118744

Screenshot Facebook (sumber : koleksi pribadi)

Syarat

Sebagai syarat, setelah terhubung dengan orang tersebut, anda harus aktivasi dulu nomor hp anda lewat Facebook. ( untuk kartu 3, AXIS, ESIA, Indosat, XL, Telkom Flexi, Smartfren dan Telkomsel)

  1. Ketik   F kirim ke 32665
  2. Tunggu sampai anda menerima SMS konfirmasi
  3. Setelah login di Facebook,  buka menu privacy settings, kemudian pilih mobile di sebelah kiri. Atau buka tautan https://www.facebook.com/settings?tab=mobile
  4. Masukan kode konfirmasi (1), klik confirm
  5. Bila berhasil, tampilan anda seperti gamabr di atas atau muncul tulisan  Text Activated (2). Namun bila belum berhasil atau ingin menambahkan nomor yang lain (selain angka 1), klik Add another mobile phone number (3)
  6. Perhatikan dengan benar, bahwa setelah anda menambahkan nomor hp, maka nomor tersebut dapat muncul atau tampil pada profil anda, sehingga dapat dilihat orang lain dan dapat menganggu anda kelak. Untuk mengatur hal ini buka (a) facebook timeline anda, (b) klik about dibawah foto profil anda, (c) pilih edit Contact Info, (d) tandai “only me” disamping no hp anda,  (e) klik save

Pengaturan Pesan Teks

Masih menggunakan gambar di atas, sebaiknya anda melakukan pengaturan berikut, agar anda tidak terganggu dengan pesan Facebook Messengers.

  1. Text Messaging (4), dipilih bila anda memiliki lebih dari satu nomor HP. Nomor yang ditentukan adalah nomor yang  akan menerima pesan dari Facebook
  2. Facebook Messages (5). Sebaiknya anda pilih never. Apalagi anda bener-benar gaul menggunakan Facebook messenger, anda akan terganggu dengan notifikasi pesan yang masuk.
  3. Daily Text Limit (6), anda dapat menentukan frekuensi penerimaan notifikasi melalui sms, dalam kasus ini pilih saja unlimited

1357252223520938885

Screenshot Facebook (sumber : koleksi pribadi)

Mengatur Siapa Saja yang ‘Diintip’

Setelah semua diatur dengan benar, sekarang gilirannya anda mengatur jenis notifikasi yang akan anda terima melalui sms,  khususnya siapa yang akan anda ‘intip’. (lihat gambar di atas)

  1. Buka menu privacy settings dari menu di pojok kanan atas, kemudian pilih notifications di sebelah kiri. Atau buka tautan https://www.facebook.com/settings?tab=notifications
  2. Pastikan Text notifications are “on” (1)
  3. Send a text message when someone (2) sebaiknya anda tidak memilih satupun karena dalam pembahasan ini anda hanya ingin memantau status saja. Kecuali kalau anda menginginkannya. Bagi yang menggunakan smartphone sebaiknya tidak usah memilih, karena notifikasi yang sama akan muncul pada smartphone anda.
  4. Receive text notifications from friends only (3), beri tanda centang di sini, karena yang diharapkan adalah hanya teman anda saja.
  5. Pengaturan waktu (4) kapan anda ingin menerima sms, dalam kasus ini pilih saja Anytime
  6. Do not send me SMS notifications while I am using Facebook (5). Sebaiknya anda tidak  memilihnya, karena besar kemungkinan notifikasi tidak akan terkirim ke HP anda.
  7. Menambahkan teman yang ingin anda ‘intip’ (6), bagian ini adalah kuncinya. Masukan nama orang yang ingin anda intip sebanyak mungkin yang anda inginkan.
  8. Klik Save untuk mengakhiri

Pesan SMS yang Tidak Diterima (Perkecualian)

Karena hanya bertujuan untuk mengintip update status, maka aktivitas mereka yang tidak akan terkirim melalui sms ke HP anda apabila,

  1. Status menyertakan Link atau tautan dan atau Foto/gambar/video
  2. Anda tidak dimasukan dalam kelompok restricted oleh orang yang anda ‘intip’
  3. Status update orang yang anda intip ditujukan pada kelompok lain dimana anda tidak termasuk di dalamnya.

Merespon SMS yang Diterima

Apabila status yang diupdate tidak memenuhi pengecualian di atas, maka setiap kali orang yang anda intip meng-update statusnya, anda akan menerima SMS.  Selanjutnya anda dapat,

  1. Reply/membalas pesan tersebut dengan komenentar anda, bila terkirim, komentar tersebut akan tampil seperti biasanya bila anda mengomentari status seseorang
  2. Membalas dengan mengetik “like” (tanpa tanda kutip dan tidak ada pengaturan  signature untuk sms anda), sebagai tanda anda menyukai status tersebut
  3. Apabila statusnya panjang, anda dapat membaca status selanjutnya dengan membalas pesan tersebut dengan mengetik “n” (tanpa tanda kutip dan tidak ada pengaturan  signature untuk sms anda)

Fungsi Lain dari SMS Facebook

Apabila anda menginginkan hal lain dengan Facebook SMS, anda dapat mengirimkan beberapa cara berikut ke 32665

  1. Ketik pesan yang anda inginkan dan kirim ke nomor tersebut untuk update status anda di Facebook
  2. Ketik “on” (tanpa tanda kutip), untuk mengatifkan SMS bila ada pesan masuk melalui Facebook Messenger
  3. Ketik “Stop” (tanpa tanda kutip), untuk menonaktifkan SMS bila ada pesan masuk melalui Facebook Messenger
  4. Ketik “help” (tanpa tanda kutip), untuk pertolongan

Udah paham ya? Selamat mencoba deh. Sekali lagi hati-hati menjadi ‘pengintip’ yang baik dan memiliki tujuan yang baik, apalagi bagi orang tua yang ingin memantau status Facebook anaknya. Selama tidak memenuhi perkecualian di atas, anda dapat menerima sms kapan saja tanpa biaya sepeserpun kecuali anda meresponnya.

Selamat mencoba

13572537081565801303

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Rekor pun Ternoda, Filipina Bungkam …

Achmad Suwefi | | 25 November 2014 | 17:56

Pak Ahok Mungutin Lontong, Pak Ganjar …

Yayat | | 25 November 2014 | 21:26

Menunggu Nangkring Bareng PSSI, Untuk Turut …

Djarwopapua | | 25 November 2014 | 21:35

Jangan Sembarangan Mencampur Premium dengan …

Jonatan Sara | | 24 November 2014 | 10:02

Olahraga-olahraga Udara yang Bikin Ketagihan …

Dhika Rizkia | | 11 November 2014 | 13:41



HIGHLIGHT

Festival Foto Kenangan Kompasianival 2014 …

Rahab Ganendra 2 | 8 jam lalu

Lagi-lagi Kenaikan BBM …

Anni Muhammad | 8 jam lalu

Jokowi Dorong Gubernur Blusukan Pantau Stok …

Axtea 99 | 9 jam lalu

Laporkan Diklat Kepelautan yang Melakukan …

Daniel Ferdinand | 9 jam lalu

Bau Apek Hilang dengan Kispray 3 in 1 …

Fadlun Arifin | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: