Back to Kompasiana
Artikel

Internet

Tiya Rachma Maharani

D3 teknik telekomunikasi|Politeknik Negeri Semarang|

Duet Antara Software Antara Software Virtuemart dan Joomla! Dalam Membangun Online Store

OPINI | 02 February 2013 | 19:57 Dibaca: 395   Komentar: 0   0

Sekarang ini internet sudah merajalela dan semakin mudah diakses. Faktor itulah yang mendukung para pebisnis untuk lebih memasarkan bisnisnya di dunia maya. Keuntungan yang didapat online store (via internet) lebih besar dibanding dengan offline store karena market share yang lebih luas. Tidak hanya di satu daerah atau kota saja tetapi juga sampai ke mancanegara. Saat ini banyak software web e-commerce yang dapat digunakan untuk membuat online store. Salah satunya adalah virtuemart yang bergabung dengan aplikasi joomla!. Pada artikel ini akan dijelaskan seputar tentang virtuemart dan joomla untuk membangun online store. Joomla! adalah aplikasi CMS dimana CMS itu adalah software web dimana kita dapat melakukan publikasi, edit maupun menghapus konten web. Dengan bantuan CMS ini kita dapat mengembangkan web dengan cepat karena tidak perlu menggunakan script php atau html. Sifatnya yang free dan open source menjadikan Joomla bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. VirtueMart adalah salah satu solusi e-Commerce yang bisa digunakan bersama dengan Joomla. Tak hanya gratis, Virtuemart juga memiliki berbagai fitur yang sangat menarik, cocok untuk membangun online store dengan cara yang mudah dan cepat. Di samping itu VirtueMart juga mempunyai kemampuan untuk di-extend seperti halnya Joomla. VirtueMart memiliki fitur yang cukup menarik, yaitu antara lain:

1. Secure Sockets Layer

Dengan mengaktifkan fitur ini online store Anda akan mampu menangani transaksi dengan lebih aman karena transfer data antara client dan server memakai format yang telah dienkripsi.

2. Multiple Currencies

Pengunjung dari negara mana pun bisa melakukan transaksi melalui situs Anda karena plugin ini telah mendukung pemakaian berbagai mata uang asing.

3. Multiple Language

Apabila diintegrasikan dengan komponen Joom!Fish, Anda bisa menyediakan fasilitas multi bahasa sehingga memudahkan pengunjung dalam bertransaksi.

4. Katalog Produk

VirtueMart mendukung upload barang yang sangat banyak dan bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Tersedia juga fasilitas untuk pencarian, pemberian rating pada produk, testimonial, pengaturan stok barang.

5. Order History

Fitur ini memungkinkan pembeli untuk melihat seluruh histori pemesanan yang pernah dilakukan sebelumnya sampai detail transaksinya.

6. Payment Modul

VirtueMart menyediakan beragam sistem pembayaran yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Shipping Modul

Tersedia berbagai shipping modul yang cukup populer seperti InterShipper, UPS, USPS, dan FedEx. Anda juga bisa menambah modul lain dengan ShippingModule API.

Instalasi virtuemart di Joomla!

Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan dalam mengubah website joomla kita menjadi website e-commerce yaitu sebagai berikut : (sumber: blog Christian Candra)

Langkah 1:

Setelah berhasil mendownload arsip virtuemart (contoh: VirtueMart_1.1.4-COMPLETE_PACKAGE.j15.zip) extractlah dan perhatikan isinya terdapat 2 buah file dan 2 buah folder masing-masing adalah folder plugins dan folder modules.

Langkah 2:

Setelah mengekstrak arsip virtuemart, selanjutnya kita login ke admin panel website joomla kita sebagai contoh : http://localhost/joomla/administrator lalu kita pilih extensions-install/uninstall

Setelah masuk ke dalam Extensions Manager, kita pilih Upload Package File lalu arahkan ke file hasil ekstrakan arsip virtuemart yang bernama “com_virtuemart_1.1.4.j15.zip

Setelah itu tekan tombol upload file dan install maka instalasi modul virtuemart akan diproses.Setelah proses instalasi modul virtuemart selesai, akan tampak tampilan instalasi sukses seperti ini:

Untuk pemula, silahkan pilih “Install Sample Data“. Dengan menekan tombol ini, maka virtuemart akan menambahkan beberapa contoh product, category contoh terlebih dahulu, sehingga kita tidak perlu mulai dari awal (kosong). Namun apabila anda ingin menginstall virtuemart dari awal (kosong) maka pilihlah “Go directly to the Shop”. Pada tutorial ini saya akan pilih “Install Sample Data“.

Setelah itu maka proses instalasi telah selesai.

Langkah 3:

Setelah proses instalasi selesai, maka anda dapat melihat admin panel kusus untuk virtuemart. Untuk mengaksesnya secara manual adalah dengan masuk ke admin panel joomla ( http://localhost/joomla/administrator ) lalu menu yang harus dipilih adalah Components - VirtueMart. Tampilan admin panel untuk virtuemart akan tampak seperti ini:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah setting tentang toko online anda. Untuk melakukan hal ini, pilihlah menu pada navigasi pada sebelah kiri Store - Edit Store

Pada halaman Store Information, ubahlah informasi seperti yang diinginkan. Seperti Logo, currency information, nama toko, dan lain sebagainya. Setelah semua informasi mengenai toko anda telah diperbaharui, maka tekan “Save” pada pojok kanan atas.

Langkah 4:

Pada langkah ini kita akan mengatur menu pada tampilan website joomla kita, agar toko online kita bisa diakses. Untuk melakukan ini, anda harus masuk ke admin panel, lalu pilih MenusMenu Manager - New

Setelah menu My Shop sudah terbentuk, pilihlah menu Menus - My ShopNew Lalu pilih lah VirtueMart pada saat Select Menu Item Type

Lalu pilihlah judul untuk menu anda. Pada contoh ini akan saya buat judul menu Christian Chandra Mart Perhatikan gambar berikut agar lebih jelas.

Setelah selesai, menu yang telah dibuat (Christian Chandra Mart) masih belum akan tampil pada website, kita harus mengatur modul menu terlebih dahulu. Untuk mengatur modul, maka pilihlah menu Extensions - Module ManagerNew Lalu setelah itu pilihlah Menu lalu tekan tombol Next. Perhatikan gambar berikut agar lebih jelas.

Setelah itu akan muncul tampilan informasi tentang modul menu. Aturlah nama modul sebagai contoh : My Shop

lalu hal yang penting adalah menu name pada parameter pilihlah menu virtuemart kita : shop Perhatikan gambar berikut.

Setelah itu cek lah website joomla dengan mengakses http://localhost/joomla/ Maka akan muncul menu baru My Shop yang berisikan Christian Chandra Mart didalamnya berisikan kategori produk-produk barang yang kita tawarkan.

Untuk saat ini produk dan kategori produk merupakan produk contoh dari sample data. Untuk mengubah atau mengedit produk, akan di jelaskan pada langkah berikutnya.

Langkah 5:

Pada langkah ini, saya akan menjelaskan cara mengubah atau mengedit produk dan kategori produk. Pertama, masuklah ke admin panel joomla http://localhost/joomla/administrator/. Setelah itu pilihlah menu Components - VirtueMart lalu pada bagian sebelah kiri, terdapat panel Product. Disana anda dapat mengatur daftar produk yang anda jual, besar discount, kategori produk , dan lain-lain.

Setelah pengaturan produk dan kategori produk, maka toko online kita telah siap di akses oleh pengunjung website kita.

Langkah 6:

Untuk cara pembayaran yang digunakan? VirtueMart telah dilengkapi dengan fasilitas beberapa payment gateway, untuk mengaktif/non-aktifkannya bisa melalui menu Store - List Payment Method. Anda juga dapat menambahkan payment method anda sendiri.

Selamat! toko online anda telah siap .

Sumber:

http://www.agussuwasono.com/artikel/mengenal-website/joomla-tutorials/375-virtuemart-solusi-tepat-untuk-membangun-online-store.html

http://blog.christianchandra.com/programming/cms/joomla-cms-programming/panduan-membuat-toko-online-dengan-joomla-dan-virtuemart

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Andai Masyarakat Tangerang Selatan Sadar, …

Ngesti Setyo Moerni | | 28 November 2014 | 17:27

Dari (Catatan Harian) Kompasiana ke (Sudut …

Lizz | | 28 November 2014 | 16:22

Kampret Jebul: Rumah …

Kampretos | | 28 November 2014 | 15:50

Saran untuk Ahok Cegah Petaka Akibat 100 …

Tjiptadinata Effend... | | 28 November 2014 | 15:30

Tulis Ceritamu Membangun Percaya Diri Lewat …

Kompasiana | | 24 November 2014 | 14:07


TRENDING ARTICLES

Kongkalikong Dokter dengan Perusahaan Obat …

Wahyu Triasmara | 5 jam lalu

Hampir Saja Saya Termakan Rayuan Banci …

Muslihudin El Hasan... | 7 jam lalu

Lagu Anak Kita yang Merupakan Plagiat …

Gustaaf Kusno | 9 jam lalu

Edisi Khusus: Kompas 100 Halaman dalam …

Tubagus Encep | 10 jam lalu

Ahok Narsis di Puncak Keseruan Acara …

Seneng Utami | 11 jam lalu


HIGHLIGHT

Jembatan Gantung Halte Karet …

Andre Jayaprana | 8 jam lalu

Kompasiana dan Modal 50 Ribu …

Rochmawati Arifin | 8 jam lalu

[Pembukaan STQ Tingkat Kab. Tasikmalaya] …

Asep Rizal | 8 jam lalu

Tunggu apa lagi, Ayo Move On? …

Banyumas Maya | 8 jam lalu

Cinta Sejati …

Adhikara Poesoro | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: