Back to Kompasiana
Artikel

Internet

Kiki Surya Kusuma

lahir di Kab. Semarang, 6 Agustus 1992. Bertempat tinggal di Gg. Manyar Karangjati RT 07/I selengkapnya

Mengenal Web Browser

REP | 04 February 2013 | 02:40 Dibaca: 1316   Komentar: 0   0

Dalam pembahasan kali ini saya akan berbagi mengenai web browser meliputi pengetian, cara kerja serta berbagai macam web browser dan kelebihan kekurangn dari tiap web browser.

Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog. Web browser memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut

Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang informatif. Web browser memformat informasi HTML untuk di tayangkan, oleh karena itu penampakan halaman Web akan agak berbeda dari satu browser ke browser yang lain

Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

Adapun bagian-bagian dari browser adalah sebagai berikut :

1.      Status Bar.

Ini adalah kotak di bagian bawah jendela browser Anda. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang Anda lakukan pada saat itu. Sebagian besar untuk menunjukkan kecepatan beban dan URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.

2.    Address Bar.

Ini adalah kotak di bagian atas jendela browser Anda yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.

3.    Title Bar.

Bar judul ada di bagian paling atas jendela browser Anda. Anda akan melihat judul halaman web di sana, misalnya, Anda akan melihat “Anne Ahira untuk Indonesia” ketika Anda membuka situs anneahira.com.

4.    Toolbar Ikon.

Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser Anda, di bawah Title Bar. Di sinilah Anda akan melihat tombol Back, tombol Home, tombol Refresh, dll.

5.    Display Window.

Jendela Display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser Anda. Ini berupa frame di mana Anda melihat halaman website.

6.    Scroll Bar.

Jika ketika Anda membuka situs web dan Anda harus “scroll ke bawah” untuk membaca sesuatu, maka Anda telah menggunakan scroll bar.

Cara Kerja Web Browser


Misalkan seorang yang bernama A ingin membuka sebuah blog, kemudian dia akan mengetikkan alamat url dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.

MOZILLA

Mozilla firefox merupakan penjelajah web antar platform gratis yang oleh Dibuat oleh mozilla corporation. Mozilla firefox awalnya bernama Phoenix. Mozilla firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine.

Kelebihan Mozilla Firefox

1. Firefox didukung oleh sejumlah Add-ons (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/) yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Firefox memiliki beragam add on yang banyak dan terus dikembangkan oleh pemiliknya dan para pengembang di seluruh dunia (Betatester).

2. Keamanan browser lebih ampuh dari browser yang lain

3. Konfigurasi browser yang lebih lengkap dibandingkan dengan Internet Explorer.

4. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB.

5. Penampilan halaman yang lebih ringkas luas dan area toolbar lebih ringkas.

6. Cocok untuk membuka situs-situs multimedia

7. Mozilla Firefox juga mudah di update

8. Hemat resource memory

9. Interface/tampilan lay out yang simple sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula

Kekurangan Mozilla Firefox

1. Waktu yang lama saat menjalankan program pertama kali. Terlebih jika banyak adds on yang terinstal

2. Adanya kebutuhan terhadap add on agar dapat berfungsi optimal, melihat keganasan para cracker setelah mengetahui tingkat popularitasnya yang tinggi.

3. Update firefox berarti mendownload versi barunya, lain dengan IE yang cukup upgrade saja. Selain itu, update Firefox juga biasanya menyebabkan beberapa adds on yang terinstal tidak berfungsi

4. Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox.

5. Mozilla Firefox tidak terintegrasi dengan Outlook dan Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak berjalan dengan baik. Bahkan beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter.

6. Saat memulai mode Private,  harus menutup terlebih dahulu semua halaman dalam mode regular

Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe ataupun situs game online memang lebih cocok memakai Firefox. Untuk urusan download, browser ini juga oke karena terintegrasi dengan Internet Download Manager (IDM).

MICROSOFT EXPLORER

Microsoft Internet Explorer (IE) merupakan sebuah browser keluaran Microsoft yang sangat terkenal , IE didukung oleh tekno;ogi untuk membuat tampilan web lebih dinamis dan lebih hidup serta kompatibel. Kemudian Microsoft meluncurkan versi IE 8.


Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.

Kelebihan Microsoft Internet Explorer :

1. Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox

2. Khusus Internet Explorer 9 (IE9), tampilannya lebih simpel, elegan dan menarik,

3. Browser ini sangat terintegrasi dengan Sistem Operasi Windows karena menjadi browser standar dari Microsoft

4. Gampang dalam pengoperasiannya, tampilan situs dan loading gambar lebih cepat dan jelas, beberapa situs hanya bisa dibuka khusus untuk IE

Kekurangan Microsoft Internet Explorer :

1. Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)

2. Khusus IE9 tidak mendukung Sistem Operasi Windows XP

3. keamanan yang belum optimal

4. tidak ada fitur tab, berat saat membuka tab baru dan start pertama.

5. kecepatan dalam membuka web kalah cepat dengan yang lainnya apalagi dalam kondisi bandwith kecil,

Sadar Marketshare-nya terus terkikis oleh Firefox dan Chrome, Microsoft membuat perubahan total pada tampilan IE9. Hasilnya cukup memuaskan. Dari segi performa, IE9 juga lebih baik dari versi-versi sebelumnya.

OPERA

Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk intenet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

Kelebihan Opera

1. Opera Browser merupakan aplikasi browser yang cukup ringan, sehingga tidak memakan memori hardisk yang cukup besar pada notebook atau PC

2. Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik

3. Memiliki email client dan rss sendiri sehingga tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook dan sebagainya

4. Memiliki Opera Turbo mampu mengkompres halaman yang bisa diaktifkan ketika koneksi sedang lambat sehingga proses loading page bisa lebih cepat

5. Pemanggilan kembali Cache lebih cepat

6. Memiliki fitur penyimpan halaman dalam bentuk .mht (single file), yang belum dimiliki Chrome & Firefox dalam versi standar

7. Fitur Opera yang paling unik adalah fitur “Voice Interaction“. Dengan fitur ini, Anda dapat memerintahkan Opera untuk mereload halaman, log in, membuka tab baru, mengklik link dan lain-lain dengan suara Anda.

Kekurangan Opera

1. Opera Browser biasanya sedikit lambat dalam membaca scriptpada beberapa halaman situs.

2. Sama seperti Firefox, meng-update Operas Browser artinya harus men-download kembali masternya.

3. Gagal dalam membaca script pada situs-situs tertentu

4. Tampilannya yang kelewat “advance”, membuat pengguna pemula kesulitan saat awal menggunakannya

GOOGLE CHROME

Google Chrome adakah sebuah web browser yang dibuat oleh google, hal yang mendasar yang dilakukan oleh Google adalah menggunakan Javascript sebagai fokus dari pembuatan script kode Chrome. Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah. Chrome saat ini memiliki reputasi yang cukup kuat untuk menyaingi Firefox di dalam dunia web browser

Kelebihan Google Chrome :

1. Browser Chrome ini bisa dikatakan sebagai browser yang ringan, gesit, termasuk saat start awal dan melakukan perpindahan tab

2. Chrome otomatis akan mem-bookmark semua situs yang pernah dibuka atau sering dikunjungi

3. Browser adrress dari Chrome juga bertindak sebagai search engine sehingga lebih praktis

4. Desainnya cukup simpel dengan sistem keamanan yang sangat kuat (paling tahan terhadap serangan hacker)

5. Update Chrome juga mudah

6. Memiliki webstore untuk fitur tambahan

Kekurangan Google Chrome :

1. Google Chrome yang tersedia saat ini masih dalam versi Beta. Chrome juga terkesan kurang dinamis karena fiturnya tidak banyak

2. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa Chrome masih banyak security hole-nya sehingga tidak disarankan untuk transaksi keuangan

3. Makin banyak tab dibuka maka makin banyak pula memori yang dibutuhkan saat browsing.

MAC SAFARI

Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3. Mac Safari adalah sebuah penjelajah web yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OSX dan merupakan penjelajah web bawaan (default) di sistem operasi tersebut srjak Mac OSX v 103

NETSCAPE NAVIGATOR

Netscape Navigator merupakan salah satu web browser yang sering digunakan dan cukup terkenal pada tahun 1900-an,web browser inipun sampai sekarang masih digunakan hanya saja kalah dengan IE ataupun Mozilla Firefox. Netscape navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic web browser dari Mational Center for Supercomputing Aplications (NCSA) karena memang pembuat NCSA (Marc Andersen) adalah pendiri Netscape Corporation

FLOCK

Flock adalah software browser yang memiliki funsi yang lebih menitikberatkan kepada web-web social network dan Web 2.0. Browser ini memiliki fitur-fitur yang membuat kita tidak ketinggalan dalam situs-situs jejaring sosial. web browser yang dibangun dengan code mozilla ini merupakan browser yang penggunanya lebih memudahkan untuk sosial networking. Dengan kelengkapan yang ditawrakan flock memiliki 3 fitur utama yaitu : social networking (facebook, twitter, myspace), easy find photo and video, webmail.

Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

MAXTHON

Maxthon yang sebelumnya dikenal sebagai My IE2 adalah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Maxthon telah mengembangkan basis pengguna yang berkembang sejak rilis awal 2003 khususnya di Cina.

AVANT BROWSER

Avant browser sama seperti web browser lainnya. Teknologi Avant browser hampir serupa dengan browser lainnya, seperti pop-up blocker, skin cuztomise, dll. Pihak avany juga mengklaim browser mereka adalah browser tersepat di dunia.

K-MELEON

K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.

SEAMONKEY

SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.

CAMINO

Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.

Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac

KONQUEROR

Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror.

Sekian info dari saya..

Semoga bermanfaat..

J

Sumber referensi :

http://nana-afrina.blogspot.com/2011/04/pengertian-web-browser-penjelasan-serta.html

http://mawaddawarahmah.blogspot.com/2011/04/web-browser-dan-cara-kerjanya.html

http://earlyberliana.blogspot.com/2011/04/pengertian-web-browser-cara-kerja-web.html

http://www.didno76.com/2012/08/kelebihan-dan-kekurangan-browser.html

http://www.scribd.com/doc/102493399/Sejarah-Web-Web-Browser-Mekanisme-Cara-Kerja-Web

http://tips-komputer.com/kelebihan-dan-kekurangan-mozilla-firefox.html

http://www.scribd.com/doc/38533295/Kelebihan-Dan-Kekurangan-Internet-Explorer

http://fariedkurniadi.multiply.com/journal/item/32/Perbandingan-Browser-Firefox-Internet-Explorer-Google-Chrome-dan-Opera?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Belajar Mencintai Alam Ala Kebun Wisata …

Rahab Ganendra 2 | | 31 October 2014 | 23:42

Tim Jokowi-JK Masih Bersihkan Mesin Berkarat …

Eddy Mesakh | | 01 November 2014 | 06:37

Bahaya… Beri Gaji Tanpa Kecerdasan …

Andreas Hartono | | 01 November 2014 | 06:10

Gedung New Media Tower Kampus UMN, Juara …

Gapey Sandy | | 31 October 2014 | 19:12

Ayo Wujudkan Rencana Kegiatan Sosialmu …

Kompasiana | | 31 October 2014 | 10:19


TRENDING ARTICLES

Pramono Anung Sindir Koalisi Indonesia Hebat …

Kuki Maruki | 4 jam lalu

Keputusan MK Tentang MD3 Membuat DPR Hancur …

Madeteling | 5 jam lalu

Karena Jokowi, Fadli Zon …

Sahroha Lumbanraja | 7 jam lalu

Sengkuni dan Nilai Keikhlasan Berpolitik …

Efendi Rustam | 9 jam lalu

Susi Mania! …

Indria Salim | 13 jam lalu


HIGHLIGHT

Dalam Perjumpaan …

Ahmad Robitul Wafa | 8 jam lalu

Apa Kata Krisna jika Melihat Kisah Cinta …

Tarjum | 8 jam lalu

Jokowi dalam Analisis dan Kalkulasi Politik …

Ferdinand Hutahaean | 8 jam lalu

Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam …

Choirul Ummah | 8 jam lalu

Ada (Dalam Tanya) …

Ahmad Robitul Wafa | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: