Back to Kompasiana
Artikel

Internet

Titin Sartini

Universitas Dr.Soetomo,Fakultas Ilmu Komunikasi,Public Reration

Perkembangan Media Komunikasi Di era Digital

OPINI | 08 April 2013 | 20:04 Dibaca: 689   Komentar: 5   1

Media Komunikasi Di era Digital

Salam Sahabat Komunikasi ^_^) Halo Comms bagaimana kabarnya..?pasti sedang sibuk mempersiapkan ujian semester nih ^_^) ..Enjoy aja tapi tetap belajar ya,,, Di postingan kali ini saya akan membahas lebih gamblang tentang media komunikasi diera digital sekarang ini. .Penasaraan…Makanya pastikan kamu baca postingan ini sampai selesai ya. .Here we go ^_^) ….

Shobat Comms beberapa tahun ini perkembangan era digital sangat signifikan peningkatannya, baik dari segi komunikasi , gadget, software dan peningkatan kinerja pada setiap instansi yang memprioritaskan peningkatan era digital itu sendiri. Efek dari hal tersebut bagi saya pribadi sangat terasa kegunaan dan nilai positifnya.. Email, facebook, twitter dan jejaring sosial adalah contoh dari berbagai layanan yang hampir setiap saat saya gunakan. Baik untuk sekedar tegur sapa, berhubungan, bersosialisasi dan pastinya sangat berperan penting bagi kehidupan kita sebagai manusia modern di era yang serba digital ini,bagamana dengan shobat pasti juga menggunakannyakan hehehee J)

Pada era modern ini, kehidupan masyarakat di seluruh dunia semakin dipenuhi oleh hal-hal yang serba digital shobat Comms, termasuk di kota-kota besar Indonesia. Anak remaja sibuk dengan handphone-nya, orang dewasa sibuk dengan internet dan social media, dan masih banyak lagi pengaruh perkembangan digital yang mungkin membuat setiap individu tidak terbiasa berinteraksi dengan sesamanya secara langsung.

Hal tersebut semakin di imbangi dengan munculnya berbagai macam gadget terkini yang didalamnya sudah dibenamkan beberapa aplikasi penunjang paling canggih, mulai dari smartphone, notebook, tablet dan lain-lain. Dari era GPRS , EDGE, 3G, HSDPA untuk layanan internet yang disediakan beberapa provider ternama di tanah air.Waaahh,,,makin canggih ya shobat Comms… J) siipp lahh..heheheee..

Shobat Comms sekarang ini hanya bermodalkan sebuah smartphone kita sudah mendapatkan beberapa layanan seperti email, chatting, facebook, twitter, blogging, dll bener tidak J) . Dari segi harga pun relatif terjangkau, mulai hitungan biaya per-Kb sampai paket internet Unlimited sepuasnya harian maupun bulanan.Kemudahan hal-hal tersebut sangat berperan penting dalam kehidupan kita, hanya dengan sebuah Leptop dan akses internet kita sudah bisa menggunakan layanan-layanan yang tentunya semua layanan tersebut ini didapatkan secara gratis… Asyiik-asyiik,, J)

Shobat Comms,disini saya juga akan membahas macam-macam Jejearing Sosial diera digital ini. Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Shobat Comms Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring social lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum diskusi , chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja.Atau kalau mau lebih jauh, bentuk mailing list sebagai cikal bakal komunitas internet yang sudah lama digunakan.

Disebut jejaring karena kemampuannya untuk saling terhubung dengan cepat antara satu domain komunitas dengan komunitas lainnya. Misalnya, kalau kita gunakan tools status di Plurk.com, maka status kita dapat didistribusikan ke facebook, tumblr, twitter, multiply. Bahkan ada yang seolah-olah menjadi konsolidator semua domain komunitas sehingga fungsinya lebih praktis.Waahh jaman sekarang semuanya makin canggih ya shobat Comms,,beruntung sekali kita berada di jaman serba modern dan digital ini heheheee J) Alhamdulillah…

Contoh Macam-Macam Jejaring Sosial

13654243161276196628

Shobat Comms,dari banyak contoh di atas,disini saya akan mengambil satu contoh jejaring sosial ,yaitu Facebook,..??Siapa siih yang tak kenal dengan situs ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk mana pun. Semua kalangan pun dari semua jenjang setidaknya pernah mendengar jejaring sosial paling terkenal ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas banyak-banyak yaa J)

Bisa dikatakan jarak tidak menjadi masalah bagi manusia sekarang ini,karena begitu banyak sosial network yang menghubungkan individu satu dengan individu yang lain,dan Facebook merupakan jejaring sosial yang mempunyai rating cukup tinggi penggunaannya di seluruh dunia.(uumm..rasanya hanya orang yang tinggal di suku-suku pedalaman yang belum mengenal berbagai macam jejaring sosial ini J) bener tidak….heheheee ^_^)

Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan  900 juta pengunjung di seluruh dunia yang tidak memandang usia, gender maupun kalangan sosial setiap bulannya. Situs ini populerkan oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun (tapi kenyataanya sekarang anak-anak berusia 7-8 tahun sudah bisa mengakses akun ini..hehehehe ^_^).

Antara lain kelebihan komunikasi diera digital ini adalah,mampu mengirimkan informasi dengan cepat informasi digital dapat digunakan secara berulang-ulang tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas,misalnya niih,saling kirim photo dari ponsel ke ponsel lain,disebar lagi dan di sebar lagi,tidak mengurangi kualitas dan kuantitas asalkan saluran komunikasinya tidak ada masalah ^_^,dan sangat mudah di proses,maksudnya dapat menayangkan sesuatu yang bewarna dan animasi gambar.Akan tetapi ada juga kekurangannya niih yaitu signal digital lebih kearah teknis,misalnya kesalahan pengoperasian,dan sebagainya ^_^.

Shobat Comms kita juga sangat perlu memperhatikan bekal kita untuk belajar diera digital ini,antara lain kita harus mempunyai bekal mengenaimoral,maksudnya kalau ingin menggunakan pembelajaran digital dilandasi dengan rasa ingin tau.Jangan hanya cepat puas dan jangan cepat percaya,terus kita juga harus mempunyai sikap kritis,maksudnya adalah kita jangan langsung percaya apakah sumber yang diakui kebenarannya atau tidak.Selain itu ,apakah sumber diperuntukkan kepada semua usia,tetapi apakah usia tersebut sesuai dengan usia dari pengguna,dan yang terakhir adalah sikap jujur,maksudnya adalah harus mencantumkan sumber.Jangan asal copy paste okey  ^_^.


Nah itu tadi Comms sekilas pembahasan tentang komunikasi di era digital sekarang ini yang bisa saya berikan lewat postingan kali ini.Semoga kedepannya semua peningkatan ini bisa lebih kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, terlebih lagi bisa dijadikan sebagai salah satu celah mencari uang dengan cara online hehehheee J).,terimakasih. J).



Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bukti Nyata Power Sosial Media; Jonan, Ahok, …

Prayitno Ramelan | | 23 November 2014 | 10:59

Supermaterial yang Akan Mengubah Wajah Dunia …

Rahmad Agus Koto | | 23 November 2014 | 11:02

Akrobat Partai Politik Soal Kenaikan BBM …

Elde | | 22 November 2014 | 21:45

Awal Musim Dingin di Gunung Manin, Daejeon, …

Ony Jamhari | | 23 November 2014 | 11:49

Nangkring dan Blog Reportase Kispray: …

Kompasiana | | 12 November 2014 | 11:39


TRENDING ARTICLES

Supermaterial yang Akan Mengubah Wajah Dunia …

Rahmad Agus Koto | 2 jam lalu

Selamat ke Pak Tjip, Elde dan Pakde Kartono …

Pakde Kartono | 5 jam lalu

Kesan-kesan Saya Ikuti Kompasianival 2014, …

Djarwopapua | 13 jam lalu

Catatan Kompasianival 2014: Aksi Untuk …

Achmad Suwefi | 15 jam lalu

Duuuuuh, Jawaban Menteri ini… …

Azis Nizar | 21 November 2014 22:51


HIGHLIGHT

Bagaimana Menjadi Penulis Opini, Kuliah …

Hendi Setiawan | 8 jam lalu

Di bawah Alunan Malam …

Arrizqi Titis Anugr... | 8 jam lalu

Cenderamata Kompasianival 2014 …

Mabate Wae | 8 jam lalu

Awal Musim Dingin di Gunung Manin, Daejeon, …

Ony Jamhari | 8 jam lalu

Benarkah Reformasi Birokrasi Harus Dipaksa? …

Efendy Naibaho | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: