Back to Kompasiana
Artikel

Otomotif

Venusgazer™

You'll Never Walk Alone... @venusgazer

Aki MF GS Astra Pilihan Bijak Bagi Mereka dengan Mobilitas Tinggi

REP | 17 November 2012 | 15:38 Dibaca: 1586   Komentar: 16   5

13531392541351924787

Meremehkan perawatan aki ternyata dapat berakibat fatal dalam berkendara. Lupa melakukan pengecekan aki karena kesibukan yang luar biasa bisa secara tidak terduga menghambat perjalanan anda.  Pilihan terhadap aki terbaik akhirnya menjadi sebuah keharusan bagi pemilik kendaraan.

Saya coba berbagi pengalaman sedikit. Beberapa waktu lalu saya bekerja pada suatu proyek di beberapa kota di pulau Jawa. Karena mengejar deadline maka saya dituntut harus selalu mobile dari satu kota ke kota lain. Bisa dikatakan waktu lebih banyak dihabiskan di atas kendaraan, tidak perduli siang ataupun malam. Perjalanan antar kota lebih banyak melewati dataran tinggi seperti harus melewati kota-kota seperti Magelang-Wonosobo-Temanggung-Ungaran-Boyolali serta kecamatan-kecamatan di sekitar kota tersebut.

Sering kali perjalanan dilakukan malam hari dimana saya harus melewati jalanan desa yang gelap tanpa penerangan lampu jalan. Bahkan yang lebih berat ketika kabut sering turun pada daerah tertentu. Untuk mengatasi kabut saya memasang 2 buah lampu kabut tambahan pada kijang kapsul keluaran tahun ‘97. Awalnya semua berjalan baik sampai pada suatu malam saya mengalami hal yang tidak mungkin saya lupakan.

Dalam perjalanan malam dari Boyolali menuju ke Magelang saya mengambil rute melewati lereng kaki gunung Merapi melalui kecamatan Selo. Waktu itu jalanan basah dan licin sehabis hujan, di depan kabut mulai turun hingga memperpendek jarak pandang. Demi keamanan saya nyalakan lampu kabut dan berjalan perlahan karena jalanan berkelok serta naik turun. Kemudian sampai di sebuah warung saya berhenti untuk minum kopi dan melepas ketegangan sembari mendinginkan mesin. Kurang lebih 1 jam beristirahat saya berniat melanjutkan perjalanan kembali. Udara kaki Merapi saat itu sungguh dingin sekali dan berkabut. Betapa terkejutnya saya ketika mobil tidak dapat dinyalakan. Beberapa kali distarter tetap gagal. Dibantu penduduk setempat mobil coba didorong tapi masih tidak ngangkat. Lalu saya coba periksa bagian mesin termasuk radiator dan aki.
Sesungguhnya Saya  awam dengan yang namanya mesin. Masa itu perawatan hanya mengandalkan servis bengkel, itu pun tidak berkala. Namun sejak saya terlibat dalam proyek itu boleh dikatakan perhatian terhadap kondisi kendaraan sangat kurang sekali, yang penting mobil bisa jalan.

Seorang penduduk yang mengerti masalah mesin menjelaskan bahwa masalah utama kemungkinan besar ada pada aki. Sambil disorot dengan lampu senter terlihat bagian kepala kabel jack  aki sudah banyak kerak putih. Ternyata juga air akinya pun berkurang banyak. Penambahan lampu kabut diduga ikut memakan daya aki. Saya sadar karena kesibukan menjadi lalai tidak melihat kondisi aki secara teratur. Padahal belum ada setengah tahun rasanya mengganti aki itu.
Sial bagi saya di desa itu tidak ada tempat penyetruman aki, terpaksa malam itu saya tidur di mobil menunggu fajar tiba.

Pagi sekali dengan menumpang pick-up petani sayur, saya turun kembali ke kota Boyolali sambil membawa aki untuk dicharge. Di bengkel saya disarankan untuk mengganti aki saja karena terlihat sel-sel akinya sudah mati dan rusak. Kemampuan menyimpan listrik tidak akan maksimal. Mempertimbangkan bahwa mobilitas saya begitu tinggi dan tidak ingin kejadian serupa terjadi kembali saya memutuskan membeli aki baru. Saya yang buta mesin ini menjadi bingung dengan banyaknya jenis dan merek aki. Oleh penjual saya disarankan untuk mencoba aki MF dari GS Astra yang baru dipasarkan. Kode MF adalah Maintenance Free alias bebas perawatan. Tidak perlu isi air aki, tidak perlu rutinitas cek level air aki dan yang pasti kondisi aki akan tetap bersih dari kerak. Dijelaskan bahwa aki MF Gs Astra tersebut memang dirancang khusus untuk kondisi cuaca tropis seperti Indonesia. Walaupun dari segi harga lebih mahal daripada aki yang lain saya memutuskan membeli aki MF GS Astra tersebut.

Ternyata satu tahun lebih menggunakan aki MF GS Astra terbukti tidak mengalami gangguan sama sekali. Mobilitas yang tinggi dengan segala medan dan cuaca ekstrim menjadi lancar. Mobil selalu mudah dinyalakan baik ketika mesin keadaan dingin. Ternyata saya tidak salah pilih, aki MF GS Astra adalah aki terbaik khususnya untuk orang yang awam dengan permesinan. Saya tak perlu kawatir lagi dengan penggunaan lampu kabut, tak perlu risau bila sewaktu-waktu kendaraan mogok di jalan hanya gara-gara aki soak. Mobil sehat berkat memilih aki yang hebat sehingga mobilitas lancar.

Bagaimana dengan anda? Semoga pengalaman saya di atas bisa menjadi masukan dalam memilih aki untuk kendaraan anda.
Bagi yang membutuhkan info lebih lanjut mengenai keunggulan aki MF GS Astra silakan kunjungi laman web mereka di http://www.aki.gs-astra.com/

Salam

Tags: akimf

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Sambut Sunrise Dari Puncak Gunung Mahawu …

Tri Lokon | | 28 July 2014 | 13:14

Pengalaman Adventure Taklukkan Ketakutan …

Tjiptadinata Effend... | | 28 July 2014 | 19:20

Membuat Hidangan Lebaran di Moskow (Jika …

Lidia Putri | | 28 July 2014 | 17:08

Kampanye Wisata Thailand’s Best …

Olive Bendon | | 28 July 2014 | 16:49

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Pijat Ala Dubai International Airport …

Ardi Dan Bunda Susy | 8 jam lalu

Jangan Terlalu Berharap Banyak Pada Jokowi …

Bambang Srijanto | 9 jam lalu

Berlebaran Tetap Gaya dengan Kaos Kompasiana …

Topik Irawan | 10 jam lalu

Jangan Nanya Panci ke Polisi Amerika …

Usi Saba Kota | 13 jam lalu

” Dari Tahun Ketahun Tak Pernah …

Rere | 18 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: