Back to Kompasiana
Artikel

Terapan

Misteri John Titor Sang Penjelajah Waktu

OPINI | 27 May 2011 | 21:46 Dibaca: 3582   Komentar: 8   0

Sudahkah anda menyaksikan film  seri komedi petualangan fiksi ilmiah Back To The Future buah karya Bob Gale dan Robert Zemeckis  yang rilis selama kurun waktu  15 tahun antara  tahun 1985- tahun 1990 ?  Film yang mengkisahkan tentang petualangan seorang siswa SMA yang bernama Marty McFly  ( diperankan Michael J Fox ) dan  ilmuwan nyentrik bernama Dr Emmett Brown ( diperankan Christopher Lloyd ) yang melakukan eksperimen perjalanan waktu menggunakan mobil DeLorean yang sudah dimodifikasi. Mungkin film ini menginspirasi atau juga adalah pengalaman nyata  dan bualan John Titor , seseorang yang mengaku dari tahun 2036 datang ke tahun 2000 untuk memposting di forum internet. Dia mengaku sebagai  anggota militer Amerika Serikat  di tahun 2036 mengemban misi ke tahun 1975 untuk mengambil komputer portable pertama di dunia yaitu IBM 5100, dan mampir di tahun 2000-2001 untuk melihat keluarganya.  Menurutnya,   PC  itu terdapat bahasa unix yang dapat memecahkan beragam bahasa unix  dan hanya seglintir orang IBM saja yang tahu dan teknologi itu tidak pernah lagi di pasang di PC generasi selanjut nya hingga 2036. Menurut dia selanjutnya,  semua sistem unix akan menghadapi time error di tahun 2036, oleh sebab itu IBM 5100 sangat penting. Hal ini langsung di akui oleh pihak IBM dan terkejut  karena hanya 5 oramg yang mengetahui hal itu, dan itu pun terjadi pada tahun 1975.

Pro dan kontra terhadap orang ini di forum  internet menjadi topik hangat saat itu, karena dia dapat membuktikan hal-hal yang akan terjadi di masa depan.  Dia juga mengupload foto mesin waktu nya, cara kerjanya, dan juga menyebarkan formula ilmiah mesin waktu tersebut di forum.  Beberapa orang di forum mulai penasaran dan mengejar  John Titor dengan beragam pertanyaan. Kesimpulan yang di dapat bahwa John Titor adalah orang yang cerdas dan mempunya ilmu pengetahuan science  mendalam, meski dia  mengaku spesialisasi di History bukan di bidang komputer maupun science. John menjelaskan tentang konsep mesin waktu yang di pakainya  adalah C204 yang dapat memuat sampai 3 org mesin ini dimiliki oleh militer Amerika di tahun 2036, dan mesin waktu bukan barang yang aneh di masanya. Menurut John Titor selanjutnya,  ada lagi yang tipe lebih besar yaitu C206 yang di buat oleh GE (General Electric) dapat sampai 7 orang. Mesin ini hanya mampu membawa mereka maksium 60 tahun ke masa silam dengan kecepatan 10 tahun per jam.

Beberapa prediksi John Titor yang dikemukakan pada waktu itu antara lain :

  1. John menyebutkan initial Tipler dan Kerr ,ilmuwan yang akan berpengaruh dgn mesin waktu. Nama kedua orang ini di lacak kebenerannya dan ternyata mereka eksis dan mereka adalah profesor fisika.
  2. Konsep dasar mesin waktu akan di kemukakan oleh CERN di tahun 2001, kenyataanya di tahun 2000-2001 belim  banyak yang tahu tentang organisasi CERN, dan ternyata pada tahun 2001 CERN menyatakan menemukan konsep black hole, dimana ini akan menjadi dasar mesin waktu.
  3. John Titor memberikan rincian mesin waktu yang dia pakai kpd kita,yg berisi Magnetic housing units for dual microsignularities, Electron injection manifold to alter mass and gravity of microsingularities, Cooling and x-ray venting system, Gravity sensors (VGL system), Main clocks (4 cesium units), Main computer units (3). Para ilmuwan  menyatakan dengan mesin dan cara operasional yg disampaikan John memungkinkan untuk melakukan timetravel.
  4. Perang dunia 3 akan di mulai tahun 2015, dia menyatakan Rusia akan menyerang amerika dgn nuklir di tahun 2015, otomatis perang saudara di amerika berhenti dan mereka bersatu melawan russia dan nantinya amerika hanya akan terbentuk menjadi 5 negara bagian dengan presiden setiap negara bagian masing2 dengan ibukota berpindah ke Nebraska. Menurut dia kota2 besar di amerika akan hancur begitu juga  di eropa,China,  Timur Tengah. Sedangkan negara2 yang tidak terlibat perang dunia ke 3 adalah Amerika Selatan dan Australia, New Zealand. Perang ini akan menghilangkan 3 milyar populasi dunia.
  5. Penyakit sapi gila akan mewabah dan makin parah di tahun 2036, karena penyakit ini dapat berdiam dalam tubuh manusia selama 30tahun lebih dan mulai beraksi saat kita menjelang tua, penyakit AIDS belum ada obatnya, penyakit kanker sudah bisa di atasi dgn menggunakan virus melawan kanker itu sendiri (teori kanker ini sudah terbukti saat ini ).
  6. Makanan dan air bersih sangat sukar di dapatkan akibat radiasi nuklir, di tahun 2036 setiap orang akan sangat berhati2 dengan makanan/minuman yg akan di konsumsinya, John menyatakan dia sangat ketakutan di tahun 2000-2001 dimana melihat orang dpt memesan makanan sesuka hatinya spt di fastfood tanpa mengecek kesehatan makanan tersebut.
  7. Dimasa depan kehidupan bertani akan kembali,religi akan menjadi sangat kuat, banyak orang yang menyesalkan PD3 hanya karena permainan politik.
  8. John pernah menyatakan di NY akan ada gedung pencakar langit yang akan hilang dalam waktu dekat (9/11) dan tidak ditemukan nya Senjata pemusnah massal di Timur tengah (alasan invasi Amerika ke Irak) tetap membuat politik amerika untuk berperang.
  9. Perkembangan IT akan sangat berkembang, dia menyatakan bahwa bakal banyak orang akan membuat video mereka sendiri dan di upload ke internet (youtube) lalu sistem internet nanti akan independen dgn hanya menggunakan alat kecil dgn tenaga matahari dapat memancarkan signal sejauh 60 mil (wi-max)
  10. Di tahun 2036 energi hydrogen dan energi panas matahari berperan sangat penting dan lebih efisien.

John Titor last post tgl 21 maret 2001 mengatakan selamat tinggal, dan dia kembali ke tahun 2036.John Titor pernah meminta ayahnya untuk merekam proses time machine saat dia pakai untuk kembali ke tahun 2036 dan di upload ke internet melalui pengacara keluarganya Larry Harber, tapi entah kenapa rekaman video itu tidak jadi di upload, ada yang mengatakan rekaman itu telah di ambil oleh pihak intelijen Amerika.

Yang menarik dari kisah John Titor terebut adalah prediksi perang dunia ke 3 yang  lebih realistis kemungkinannya menyebabkan dunia kiamat akibat penggunaan senjata nuklir.  Baru2 ini, seorang gadis Rusia berusia 14 tahun, bunuh diri, karena takut akan ramalan hari kiamat yang ternyata meleset.  Beberapa jam sebelum jam yang telah ditentukan ia gantung diri, demikian lapor kantor berita Rusia, Ria Novosti. Polisi melaporkan bahwa tingkah laku gadis remaja itu berubah setelah ramalan pendeta Harold Camping yang menyatakan ada 200 juta orang kristen akan ditarik ke surga sebelum dimulainya hari kiamat. Namun ternyata ramalan itu meleset. Di dalam buku hariannya  gadis itu  menulis bahwa dirinya melihat semua tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat itu. “Ikan paus mendamparkan diri di pantai dan burung-burung mati. Ini adalah sebuah awal,”ujarnya. Sementara itu, pendeta Harold Camping merevisi tanggal kiamat, ia mengatakan lagi hari kiamat akan terjadi pada 21 Oktober tahun ini.

Tags: lohn titor

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pecahnya “Kapal” PPP dan Upaya …

Irham Wp | | 20 April 2014 | 03:26

Bisakah Membangun Usaha Tanpa Uang? …

Maskal Novessro | | 20 April 2014 | 08:52

Ketika Rupiah Tidak Lagi Dianggap sebagai …

Dhita Arinanda | | 20 April 2014 | 05:10

Musafir; Aku Pasti Pulang …

Elkhudry | | 20 April 2014 | 06:29

[Puisi Kartini] Petunjuk Akhir Event Puisi …

Fiksiana Community | | 20 April 2014 | 09:25


TRENDING ARTICLES

Gara-gara Amien Rais Mental Prabowo dan …

Mas Wahyu | 3 jam lalu

PDI-P Sudah Aman, tapi Belum Tentu Menang …

El-shodiq Muhammad | 6 jam lalu

Rapor TimNas U-19 Usai Tur Timur Tengah dan …

Hery | 17 jam lalu

Nasib PDIP Diujung Tanduk …

Ferry Koto | 18 jam lalu

Alumni ITB Berkicau, Demo Mahasiswa ITB …

Hanny Setiawan | 19 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: