Back to Kompasiana
Artikel

Terapan

Pengaruh Globalisasi Pada Perkembangan Zaman

OPINI | 04 February 2012 | 07:35 Dibaca: 731   Komentar: 0   0

PENGARUH GLOBALISASI

PADA PERKEMBANGAN JAMAN

Pada jaman yang telah maju saat ini perkembangan yang ada di dunia ini sangat pesat, baik dalam pencarian berita melalui akses internet, teknologi yang canggih mau pun dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu dapat kita rasakan sedikit demi sedikit dengan berjalannya waktu.

Ketika perkembangan jaman belum seperti saat ini, untuk mengetahui informasi yang berada di luar negeri pun kita sangat sulit sekali untuk mendapatkanya, bahkan bukan hanya di luar negeri saja, tetapi untuk di dalam negeri saja kita masih sangat sulit sekali untuk mendapatkannya, tetapi dengan adanya handphone saat ini, kita bisa mendapatkan berita dengan sangat mudah, bahkan dengan merekam kejadian yang sedang terjadi seperti kebakaran, kecelakaan, longsor, banjir dan sebagainya yang bisa saja terjadi di daerah kita. Dengan adanya hanphone pula kita dapat mengirim rekaman kejadian tersebut ke awak media untuk di publikasikan, dimana berita kajadian tersebut dapat di informasikan ke halayak banyak melalui televisi(TV), radio, internet, koran maupun media lainya. Bahkan dengan adanya rekaman tersebut baik semua orang yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri dapat mengetahuinya. Maka jangan heran ketika perkembangan teknologi tersebut dapat melesat sangat tinggi di kalangan seluruh umat manusia saat ini. Semua itu tidak dapat disalahkan karena dari hari ke hari manusia di jaman sekarang semakin pintar dan semakin banyak persaingan untuk menciptakan berbagai macam teknologi baru. Bahkan dengan makin majunya perkembangan jaman itu pula, sekarang juga semakin terasa betapa persaingan pasar pun semakin meningkat. Tetapi dengan begitu kita juga harus memikirkan dampak dari semua itu baik sekarang maupun jangkan waktu yang akan datang. Seperti yang saya sebutkan dengan handphone saja kita bisa memberitakan suatu kejadian, padahal dampak dari hanphone pada manusia sangat besar, walaupun manfaatnya juga besar tetapi semua itu tidak dapat di pungkiri betapa bahayanya handphone, seperti radiasi pada handpohne yang bisa menggangu kesehatan kita sebagai pengguna.

Dan dengan perkembangan jaman sekarang yang sangat terasa dari segi pakaian yang sering kita gunakan sehari-hari, semua itu dapat kita rasakan, betapa sudah banyak perubahan tren model pakaian yang mengikuti tren model pakaian saat ini, yang menyebabkan semakin lama kelamaan semakin tersingkirkan pakaian yang terdapat di negeri ini, agar semua itu tidak terjadi sebaiknya kita harus membuat tren pakaian yang tidak terlalu jaman dulu, tetapi kita harus membuat pakaian yang diamana terdapat unsur modern juga, agar supaya orang dapat melihatnya baik dari sisi modern tetapi masih terlihat klasik, dimana klasik tersebut untuk melihatkan unsur pakaian yang tidak menghilangkan seni pakaian dahulu. Sebab dengan begitu kita bisa mengikuti perubahan tren pakaian saat ini, tanpa harus takut untuk kehilangan unsur-unsur pakaian dahulu.

Adapun perkembangan jaman saat ini juga sangat berguna bagi para pelajar, semua itu tidak dapat di pungkiri sebab dengan begitu mereka dapat dengan mudahnya mengakses melalui internet untuk mencari berbagai macam macam berita, seperti yang saya katakan di atas, betapa mudahnya saat ini untuk kita mengetahui kejadian maupun hal apapun itu yang terjadi di dalam maupun di luar negeri. Tetapi semua itu dapat di salah gunakan dengan para penggunanya sendiri, sebab masih banyak sekali yang menggunakan akses internet tersebut untuk mencari situs-situs porno, padahal situs tersebut dapat merusak dirinya sendiri. Maka dari itu semua perkembangan dapat kita rasakan, tetapi tergantung kita menggunakannya.

Dan dengan berjalannya waktu dunia pendidikan pun semakin terasa sangat berkembang dari jaman kejaman, seperti yang tadi saya bilang, pelajar dapat dengan mudah mendapatkan semua berita atau informasi yang ingin mereka ketahui, dengan mencari informasi atau berita tersebut melalui akses internet yang sekarang banyak sekali kita jumpai. Selain itu pula pelajar Indonesia pun sudah banyak yang dapat membuat atau merakit mobil atau motor saat ini, semua itu dikarenakan semakin berkembangnya pendidikan saat ini, tetapi dengan begitu, akan semakin banyaknya pengguna mobil maupun motor, yang dapat memperparah kemacetan di jalan. Maka dari itu pemerintah juga harus mempersiapkan bagaiman solusinya agar kemacetan tersebut tidak semakin parah. Dan dengan beitu seharusnya pemerintah tidak lagi menambah pasokan mobil maupun motor kedalam negeri lagi, karena dengan adanya para pelajar yang dapat membuat atau merakit mobil atau motor tersebut, kita sebagai warga Indonesia seharusnya merasa bangga, karena kita sudah tidak usah menggunakan lagi mobil atau motor buatan negara lain, sebab negara kita sendiri saja sudah dapat menghasilkan mobil atau motor rakitan sendiri yang tak kalah bagusnya dengan produk luar bahkan harganya pun terjangkau. Dan dengan adanya perkembangan tersebut akan menambah lapangan pekerjaan, dan mengurangi angka pengangguran di negeri ini.

Selain itu pula semakin majunya perkembangan jaman saat ini, dapat kita rasakan betapa berkurangannya anak-anak saat ini yang mengenal permainan jaman dahulu, dimana sewaktu jaman orang tua kita lakukan, seperti petak umpet, main lompat tali, congklak, bola bekel dan masih banyak lagi, dan itu hanya beberapanya saja yang sekarang masih di sering kita lihat dan permainkan, tetapi semua itu makin lama akan semakin tergerus oleh jaman, kalau saja kita sebagai penerus bangsa tidak dapat melestarikannya kembali. Tetapi perkembangan jaman semakin maju, semua itu menyebabkan permainan dahulu menjadi punah dan menjadi langka, sebab permainan saat ini sudah banyak yang mengunakan teknologi canggih, seperti mobil-mobilan dengan menggunakan remot control, PSP dan sebagainya. Bahkan bukan hanya permainan saja tetapi makanan cemilan saja juga sudah sangat jarang di temui di toko-toko terdekat,dan semua itu menyebabkan betapa cepatnya permainan ataupun jajanan atau cemilan di jaman dahulu yang sudah tidak mudah lagi untuk kita jumpai, “ ayooo para anak muda semua mari kita lestarikan permainan dan makan yang sekarang sudah jarang kita jumpai, untuk melestarikan kembali semua itu agar nanti anak-anak kita kelak bisa dapata merasakannya kembali dan bernostalgia bersamanya”. Karena cemilan atau jajanan yang ada di jaman dahulu tidak kalah enaknya dengan jajan sekarang, bahkan jajanan yang berada di negara luar sekali pun.

“Mari kita jalani hidup ini dengan melakukan hal yang lebih baik, dan mencoba melaku an perubahan di masa ini, tetapi tidak menghilangkan semua yang ada di masa lalu”.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Petrus Lengkong, Seniman Dayak, Pensiunan …

Emanuel Dapa Loka | | 20 September 2014 | 08:56

Menilik Kasus Eddies Adelia, Istri Memang …

Sahroha Lumbanraja | | 20 September 2014 | 11:51

Puluhan Kompasianer Tanggapi Ulah Florence …

Kompasiana | | 20 September 2014 | 10:24

Wow… Peringkat FIFA Indonesia Melorot Lagi …

Hery | | 20 September 2014 | 09:35

Beli Bahan Bakar Berhadiah Jalan-jalan ke …

Advertorial | | 20 September 2014 | 07:12


TRENDING ARTICLES

Jokowi Pernah Disumbang Tahir, Kenapa TNI …

Aqila Muhammad | 6 jam lalu

Heboh!Foto Bugil Siswi SMP Di Jakarta …

Adi Supriadi | 8 jam lalu

Kisah Perkawinan Malaikat dan Syaiton …

Sri Mulyono | 9 jam lalu

Beda Kondisi Psikologis Pemilih Jokowi …

Rahmad Agus Koto | 9 jam lalu

Hanya di Indonesia: 100 x USD 1 Tidak Sama …

Mas Wahyu | 9 jam lalu


HIGHLIGHT

Ini Keajaiban Air Susu Ibu …

Nugraze | 8 jam lalu

Mengapa Baterai Smartphone Bisa Meledak? …

Mahardika W S | 8 jam lalu

Rania # 5 …

Aldo Manalu | 8 jam lalu

Perasaan Mempengaruhi Sebuah Persepsi …

Mukhodatul Afidah | 8 jam lalu

Berpindah ke Elpiji subsidi? Aku Malu Karena …

Rifki Feriandi | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: