Back to Kompasiana
Artikel

Terapan

Muhamad Rizal Akbar

BEBASLEPAS RANDOMKARNO | Blogger : kepitinggg.blogspot.com

Tips Membuat Power Point yang Baik

OPINI | 06 January 2013 | 14:07 Dibaca: 8715   Komentar: 5   3

· Power of Openning Slide (Kekuatan Slide Pembuka)

Tidak bisa di pungkiri, banyak orang menilai sesuatu dari awal yang mereka lihat, jika awalnya bagus / menarik maka akan banyak orang yang memperhatikan, tetapi jika awalnya kurang menarik maka selanjutnya pun akan susah untuk tertarik.

Buatlah slide pembuka power point kamu semenarik mungkin, se “wow” mungkin, karena dari sana kamu sudah bisa mengambil antusian audiens untuk memperhatikan kamu. Kekuatan Slide pembuka adalah satu hal yang perlu di perhatikan untuk dalam membuat visual power point menjadi menarik. Janganlah takut untuk kreatif, asalkan tidak over.

· Bermain Warna (Colour)

Cobalah bermain-main warna pada slide slide yang kamu buat. Jangan takut untuk bermain warna. Asalkan warna-warna tersebut tetap pantas untuk di padukan. Paduan warna-warna yang bagus akan menambah daya tarik dari slide kamu. Sudah banyak artikel di Google yang membahas tentang warna-warna yang baik untuk di padukan. Tetapi warna-warna tersebut jangan terlalu over, agar tidak murahan.

· Permainan Font

Permainan font yang bisa di lakukan seperti menggunakan jenis font yang berbeda-beda (tetapi tetap harus jelas dan bisa di baca), mainkan ukuran font (misal pada kata-kata yang penting font size nya lebih besar, dsbg), dan pakailah warna font yang menarik.

· Sisipkan gambar

Banyak gambar yang bisa kamu peroleh dari google untuk membuat power point kamu menjadi semakin menarik, atau jika hoby editing foto atau hoby jeprat jepret tentu saja juga bisa di gunakan. Gambar juga bisa menggantikan kalimat-kalimat yang telalu panjang. Gambar yang menarik dan pastinya berkesimanbungan dengan materi kamu akan memudahkan penjelasan, memperjelas, dan pastinya akan semakin menarik.

· Posisi (Posision)

Jika pernah melihat posisi kata atau gambar atau box atau apapun itu yang agak sedikit acak dalam power point, itu merupakan suatu trik yang bisa kamu gunakan dalam membuat semakin menarik visual power point kamu. Permanan posisi ini bisa membuat visual power point kamu semakin terlihat professional. Asal jangan terlalu over dan tetap harus terlihat pas atau enak untuk di lihat.

· Tulisan / Kalimat

Gunakan tulisan atau kalimat yang sederhana dan tidak terlalu panjang. Karena jika terlalu banyak kata dalam slide hingga terlihat penuh dan over bisa membuat terlihat tidak professional. Usahakan dalam satu slide mencakup banyak makna.

· Background (latar)

Mungkin sebaiknya gunakan background yang polos, karena background yang polos memudahkan kamu dalam memainkan warna box atau tulisan kamu, dan juga agar bisa memainkan posisi.

· Video

Adanya Video tentu saja akan membuat power point kamu semakin menarik. Tetapi ini tergantung materi power point yang akan kamu persentasikan.

· Efek (effect)

Banyak pilihan efek yang di sediakan dalam Microsoft Power Point. Efek tulisan, efek gambar, efek box, dan lain sebagainya. Manfaatkan efek-efek tersebut untuk memaksimalkan visual power point kamu. Buatlah semenarik mungkin.

· Tidak perlu menggunakan efek lagu atau efek gerak atau animasi yang berlebihan, agar tidak terlihat kekanak-kanakan.

Hal-hal Lain

· Body Laguage adalah satu dari beberapa hal penting yang perlu di kuasai, jangan malu untuk kursus body language, karena itu sangat bermanfaat. Apalagi untuk publik speaking. Menurut saya orang yang mempunyai body language yang bagus itu keren.

· Gaya bahasa, intonasi, tempo, tinggi rendah suara, penekanan kata. Hal-hal tersebut cukup vital dalam penjelasan materi, karena dapat mempermudah ausiens untuk memahami materi.

· Kuasai materi, tentu saja ini penting dalam hal persentasi. Minimalisirlah penggunaan kata-kata atau kalimat dalam slide kamu, seperti yang tadi saya jelaskan, hal ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan gambar sebagai pengganti kalimat-kalimat panjang kamu. Dan tentu saja jangan sampai ada materi yang tidak tersampaikan dalam meminimalisir kalimat.

· Berpenampilan yang rapi dan menarik, ini bisa membuat audiens memperhatikan kamu.

· Gunakanlah komputer dengan spesifikasi yang memadai jika power point kamu banyak atau berukuran besar, agar tidak terjadi “lemot” dan tidak membuat value kita menjadi menurun.

· Jadilah pembicara yang berkarakter dan tidak merasa pintar.

· Selalu belajar.

Akhir, buatlah persentasi kamu sebaik-baik dari yang kamu bisa lakukan. Karena jika setelah itu kamu mandapat kritikan atau kesalahan, maka selanjutnya kamu akan menjadi lebih baik.

Harus ada kritikan dan harus ada pujian, begitulah sewajarnya.

Semoga bermanfaat.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kampanye Wisata Thailand’s Best …

Olive Bendon | | 28 July 2014 | 16:49

Lebaran di Jerman dengan Salad …

Gitanyali Ratitia | | 29 July 2014 | 16:53

Membuat Hidangan Lebaran di Moskow (Jika …

Lidia Putri | | 28 July 2014 | 17:08

Visa on Arrival Turki Dihapus? …

Sifa Sanjurio | | 29 July 2014 | 06:03

Memilih Tempat yang Patut di Kunjungi, Serta …

Tjiptadinata Effend... | | 29 July 2014 | 19:46


TRENDING ARTICLES

Pijat Ala Dubai International Airport …

Ardi Dan Bunda Susy | 28 July 2014 23:45

Jangan Terlalu Berharap Banyak Pada Jokowi …

Bambang Srijanto | 28 July 2014 22:40

Berlebaran Tetap Gaya dengan Kaos Kompasiana …

Topik Irawan | 28 July 2014 21:13

Jangan Nanya Panci ke Polisi Amerika …

Usi Saba Kota | 28 July 2014 18:24

” Dari Tahun Ketahun Tak Pernah …

Rere | 28 July 2014 13:56

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: